Koneksi 4G LTE Hadir di Indonesia, Dimana Saja Spotnya?

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 12 Des 2014 | 14:39

Setelah beberapa waktu menjadi perdebatan yang cukup sengit, kini akhirnya Indonesia telah memiliki koneksi 4G komersial pertamanya. Koneksi super cepat komersial ini digelar oleh Telkomsel sejak beberapa hari yang lalu dan dapat dinikmati di 200an spot yang memilki trafik data paling tinggi, yaitu Jakarta dan Bali.

Kehadiran teknologi trafik data super cepat ini sudah langsung bisa dinikmati dengan perangkat yang sudah mengusung teknologi 4G LTE seperti Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5 Lite, Sony Xperia C3 dan Xperia T2, Samsung Galaxy mega 2, Galaxy Note 4, dan berbagai smartphone keluaran terbaru masing-masing vendor.

Namun sayang jaringan Telkomsel 4G LTE ini tidak merata. Layanan outdoor jaringan 4G LTE Telkomsel hanya meliputi sejumlah area di Jakarta bagian Selatan, Pusat, Bagian Timur seperti Bandara SoeTa, daerah Sepanjang Sudirman dan Semanggi, SCBD, kisaran Tanah Abang, Pondok Indah, daerah Kebayoran Baru dan juga Blok M.

Sementara itu jaringan outdoor 4G LTE Telkomsel di Bali justru malah lebih merata karena mencakup 90% wilayah di pusat ibukota Provinsi Bali yaitu Denpasar seperti area bisnis Teuku Umar, Iman Bonjol dan juga Sanur.

Begitu juga daerah kabupaten Badung yang telah terkover sekitar 80% jaringan 4G LTE Telkomsel yang meliputi kawasan pantai Kuta, Nusa Dua, Jimbaran dan juga GWK, sebagian di Uluwatu.

Sementara, untuk layanan 4G LTE indoor, di Jakarta telah telah tersedia di sejumlah titik dengan trafik tinggi seperti area perkantoran, gedung-gedung pemerintahan, perumahan, GRaPARI Telkomsel, Gandaria City, Pacific Place, Senayan City, Plaza Indonesia dan juga Casablanca.

Telkomsel akan terus mengembangkan layanan 4G LTE miliknya tersebut ke 22 Provinsi  dengan mempergunakan band sebesar 5MHz di frekuensi 900MHz dengan kemampuan menyediakan akses internet dengan kecepatan 36MBps.

Diharapkan layanan 4G LTE Telkomsel ini nantinya akan mendorong pertumbuhkan ekonomi dan pendapatan masyarakat Indonesia. Koneksi 4G LTE ini menyatu dengan layanan data 3G sehingga ketika pelanggan lepas dari area layanan 4G LTE, secara otomatis akan dilayani oleh koneksi 3G. (Tedi)

Baca juga artikel:

Promo Akbar 11.12 Super Sale Bhinneka.com di Akhir Tahun 2014

Alcatel Onetouch Flash Ramaikan HARBOLNAS 2014 Dengan Harga Rp1.899.000

Pricebook Bagi-bagi Voucher Belanja di Lazada Untuk Event HARBOLNAS 2014

 

Artikel Lainnya

Komentar