Inilah Tipe-Tipe Screen Protector Smartphone

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 11 Des 2014 | 20:32

Screen protector atau pelindung layar menjadi elemen yang sangat penting bagi smartphone saat ini. Pasalnya, layar sentuh smartphone cukup rentan terhadap berbagai gesekan atau goresan. Karena itu, banyak ponsel cerdas yang menggunakan teknologi ini agar layarnya tetap awet dan tidak terkena goresan.

Smartphone yang menggunakan layar pelindung umumnya menggunakan pelindung Corning Gorila Glass. Namun, ternyata ada beberapa pelindung layar lainnya yang juga digunakan di smartphone. Selengkapnya tentang macam-macam pelindung layar bisa disimak berikut ini.

Corning Gorila Glass

Saat ini, banyak smartphone premium dan beberapa smartphone kelas menengah menggunakan pelindung dari Corning ini. Perlu diketahui, Gorilla Glass ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Corning yang berbasis di Amerika dan Jepang. Teknologi pelindung yang dikembangkan oleh perusahaan ini memang menjadi andalan banyak vendor. 

Hal ini karena pelindung dari Corning ini tergolong tipis dan terasa lebih ringan. Corning Gorilla Glass 1 misalnya. Ketebalannya berkisar 0,5 mm sampai  2 mm. Sementrara Corning Gorilla Glass 2 hadir dengan 20% lebih tipis dibandingkan Corning Gorilla Glass 1.

Versi keduanya ini mampu membuat smartphone terlindung dari tekanan seberat 54.43 kg. Namun, yang terbaik saat ini adalah versi ketiganya, yakni Corning Gorilla Glass 3. Pelindung generasi ketiga ini memiliki ketebalan 40% lebih tipis dibanding versi dua. Ketahanan versi ketiga ini pun meningkat dibanding versi sebelumnya. Tak ayal, versi ketiga banyak digunakan oleh smartphone kelas atas sampai menengah, semisal Samsung Galaxy S4 dan seri  Asus Zenfone.

Dragontrail Glass

Pesaing kuat Corning Gorila Glass adalah Dragontrail Glass. Pelindung layar yang satu ini merupakan Screen protector yang dibesut oleh perusahaan bernama Asahi Glass. Perusahaan ini merancang Dragontrail Glass dengan teknologi tinggi sehingga menghasilkan sebuah produk yang sangat baik. .

Hal ini dapat dilihat dari desainnya yang hanya memiliki ketebalan 1 mm. Dengan ketebalan yang sangat tipis tersebut, Dragontrail Glass mampu menahan beban sampai 60 kg. Pelindung ini juga mampu membuat layar smartphone tidak mengalami retakan atau pecah. Kepopuleran pelindung ini semakin meningkat seiring banyaknya vendor yang menggunakan Dragontrail Glass, seperti beberapa seri Sony Xperia dan juga smartphone produksi Xiaomi.

Oleophobic Coating

Oleophobic Coating merupakan lapisan yang melindungi layar smartphone dari berbagai kotran.. Lapisan ini juga mampu melindungi layar dari minyak atau berbagai kotoran seperti debu yang menempel pada jari. Smartphone Google Nexus S, Galaxy Nexus I9250, Huawei U8800, serta Sony Xperia Tablet S merupakan beberapa contoh gadget yang menggunakan Oleophobic Coating.

Scratch-Resistant Glass

Tipe pelindung ini merupakan tipe screen protector yang dihadirkan untuk “menangkis” berbagai goresan ringan pada layar. Bisa dibilang Scratch-Resistant Glass adalah pelindung layar yang dapat menekan efek goresan sehingga layar tetap bening dan tampak tak ada bekas jika layarnya terkena atau tergores sesuatu. Ponsel-ponsel pintar yang memakai pelindung ini diantaranya adalah beberapa tipe smartphone Sony Ericsson  Xperia serta Samsung I9103 Galaxy.(Tedi)

Baca juga artikel:

Promo Akbar 11.12 Super Sale Bhinneka.com di Akhir Tahun 2014

Alcatel Onetouch Flash Ramaikan HARBOLNAS 2014 Dengan Harga Rp1.899.000

Pricebook Bagi-bagi Voucher Belanja di Lazada Untuk Event HARBOLNAS 2014

Artikel Lainnya

Komentar