Dapatkan Perlindungan Ekstra Dropbox dengan Touch ID

Oleh Nadia Maharani on Rabu, 10 Des 2014 | 18:20

Penggunaan fitur Touch ID yang diaplikasikan pada Dropbox akan memberikan perlindungan lebih optimal bagi para pengguna yang menyimpan data bersifat sensitif atau rahasia pada fasilitas penyimpanan tersebut.

Para pengguna iPhone dan iPad kini dapat bernafas lega karena penyimpanan data penting dalam Dropbox kian minim resiko. Sensor fingerprint Touch ID yang dimiliki Apple dijamin akan memberikan pengamanan ekstra. Fitur tersebut kompatibel dengan iOS 8 yang merupakan sistem operasi terbaru Apple.

Cara ini dianggap dapat memberikan perlindungan ekstra untuk segala data bersifat rahasia yang disimpan di Dropbox. Beberapa waktu lalu, sekelompok hacker mengklaim memiliki informasi log-in dari pengguna Dropbox yang berjumlah nyaris 7 juta orang. Kelompok tersebut mengancam akan mempublikasikan detil pasword jika permintaan mereka tak dituruti.

Menanggapi hal itu, Dropbox menegaskan bahwa password tidak diretas, melainkan dicuri dari server pihak ketiga. Dengan penambahan fitur Touch ID tersebut, diharapkan ada lapisan ekstra terhadap pengamanan data di Dropbox.

Seperti yang dilansir dari Cnet, Fitur Touch ID untuk Dropbox tersebut dapat dinikmati oleh pengguna iPhone 5S, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Smartphone tersebut berjalan dengan sistem operasi iOS 8. Merekapun bisa melindungi dokumen Dropbox dari resiko akses yang tak diinginkan. Sama halnya dengan para pengguna iPad Air 2 dan iPad Mini 3 yang bisa menikmati fitur terbaru itu.

Untuk bisa menggunakan fitur itu, pengguna diminta untuk set up Touch ID pada perangkat. Update Dropbox untuk iOS ke versi 3.5 diperlukan untuk bisa menggunakan fitur tersebut. Lalu, buka aplikasi itu dan tap ikon Setting pada bagian bawah layar. Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah tap setting untuk Passcode Lock.

Pada layar Passcode, pengguna bisa tap link ke Turn Passcode On dan masukkan passcode 4 digit. Ketik ulang passcode tersebut. Di layar Passcode, tap opsi Turn On Touch ID. Setelah selesai, keluar dan luncurkan ulang Dropbox. Aplikasi itu akan menanyakan pengguna untuk memasukkan passcode atau menggunakan sidik jari untuk unlock Touch ID. (Tedi)

Baca juga artikel:

Ini Dia Daftar Smartphone Terbaik di Dunia
Lenovo K3, Lawan Tangguh Xiaomi Redmi 1S
Langkah Ini Selamatkan Smartphone Anda Dari Virus

Artikel Lainnya

Komentar