Bluetooth 4.2 Siap Meluncur, Lebih Cepat dan Hemat Daya

Oleh Alena Yulitta on Selasa, 09 Des 2014 | 10:05

Bluetooth 4.2 akan segera hadir dan menggantikan koneksi standar Bluetooth 4.1 yang telah banyak dipergunakan diberbagai perangkat kelas premium. Namun, diakui maupun tidak, saat ini lebih banyak perangkat yang masih mempergunakan Bluetooth jadul seperti versi 2.0, versi 3.0 dan versi 4.0.

Terlepas dengan fakta masih banyaknya perangkat dengan Bluetooth jadul, Bluetooth terbaru versi 4.2 memberikan banyak sekali kelebihan dan keamanan yang tidak pernah ada sebelumnya. Secara singkat, yang meningkat dari Bluetooth versi terbaru ini antara lain adalah kecepatan transfer, fitur keamanan yang lebih baik, dan konektivitas internet yang lebih baik.

Memang saat ini Bluetooth semakin banyak dipergunakan, tidak saja untuk transfer file antar perangkat, namun terlebih pada menghubungkan antara perangkat agar bisa saling berkomunikasi.

Hampir semua perangkat saat ini mempunyai Bluetooth, sebut saja smartphone Asus Zenfone yang mempergunakan headset Bluetooth, wearable device, kamera, tongsis, mouse, dan banyak lagi. Begitu banyaknya perangkat yang mempergunakan Bluetooth memaksa perkembangan media nirkabel ini untuk berevolusi lebih cepat.

 

Kini Bluetooth 4.2 adalah jawaban dari semakin intensif-nya kebutuhan Bluetooth. Kemampuan utama yang ditawarkan Bluetooth 4.2 adalah kemampuan untuk terbebas dari gangguan jaringan Bluetooth yang lain, sehingga perangkat Anda hanya akan berkomunikasi dengan perangkat lain yang menjadi tujuan Anda.

Jadi jika Anda perangkat lain, termasuk Bluetooth Smart atau Bluetooth Low Energy (LE) seperti pada perangkat sensor dan tracker, tidak akan mengganggu penangkapan sinyal di perangkat Anda, walau keduanya ditempelkan.

Kemampuan yang lain adalah kecepatan yang mencapai 2,5 kali lebih cepat dari Bluetooth 4.1 dan juga kemampuan untuk berkomunikasi dengan Internet Protocol Support Profile (IPSP) melalui IPv6/6LoWPAN.

Hal ini sangat berguna untuk mengakses Anda mengatur sensor-sensor yang ada di rumah Anda, seperti kulkal cerdas, AC cerdas, hanya dengan mengakses internet. Misalnya Anda lupa mematikan AC, dari kantor Anda bisa mematikan AC tersebut lewat internet. Namun belum pasti kapan Bluetooth 4.2 hadir dan jikapun telah hadir, belum ada perangkat satupun saat ini yang dibuat khusus untuk ini karena kecepatan dan kemampuan IPv6 membutuhkan hardware khusus Bluetooth 4.2. (Tedi)

 Baca juga artikel:

Lenovo K3, Lawan Tangguh Xiaomi Redmi 1S

Segera Rilis, Samsung Galaxy A7 nan Tipis

Ragnarok: Path of Heroes, Nostalgia dengan MMORPG dari Line

Artikel Lainnya

Komentar