Geliat Ponsel Lipat di Era Smartphone

Oleh Nadia Maharani on Senin, 08 Des 2014 | 13:17

Jika Anda berpikir bahwa ponsel lipat, atau yang juga disebut model clamshell, adalah perangkat yang sudah selayaknya “dimuseumkan”, ada baiknya Anda mengintip tren yang tengah marak di kalangan selebriti Amerika akhir-akhir ini.

Rihanna adalah salah satu selebriti papan atas yang belum lama ini terlihat tengah asyik bermain-main dengan ponsel lipatnya. Tak hanya gadis hitam manis itu, Pimpinan Redaksi majalah Vogue Amerika, Anna Wintour juga tampak sedang menggunakan ponsel lipatnya di US Open pada musim panas lalu. Begitu pula dengan Iggy Pop, rocker ini mengatakan bahwa sebuah ponsel lipat menjadi salah satu perangkat telekomunikasinya.

Memang, cukup mustahil bagi ponsel lipat untuk menggeser popularitas smartphone dengan teknologi layar sentuh. Saat ini, fungsi dirasa memiliki peran lebih penting dibanding ukuran sebuah perangkat. Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang mengganti smartphone mereka dengan sebuah ponsel standar bertubuh mungil lantaran lebih praktis dan pas di saku. Mungkin hal inilah yang mendorong para selebriti di atas untuk menenteng sebuah ponsel lipat sebagai alat komunikasi mereka.

Tak perlu khawatir, meski smartphone tengah merajai pasar gadget, hal itu tak serta-merta berarti ponsel lipat telah “punah.” Saat ini, Anda masih tetap bisa menjumpai sederet ponsel lipat di counter langganan Anda. Bahkan, sejumlah model clamshell juga tengah diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar yang mulai kembali menggeliat.

Berdasarkan daftar ponsel model clamshell terbaik yang dirilis phonerated.com, ada beberapa perangkat yang bisa Anda pilih untuk menemani aktivitas harian Anda. Samsung Gusto masuk di peringkat pertama dimana ponsel ini menawarkan Qualcomm QSC6055 192 Mhz serta baterai 1000 mAh yang memberikan daya untuk mode stand-by hingga 771 jam.

Di peringkat dua ada Alcatel 2010 yang dibekali dengan 260 MHz CPU serta baterai 750 mAh yang bisa menjaga perangkat tetap aktif hingga 450 jam dalam mode stand-by. Adapun LLG Wine III pada peringkat tiga yang merupakan ponsel lipat klasik dengan mode Voice Clarity dan bisa menyesuaikan suara dengan tingkat noise ruangan. Ponsel ini menyediakan baterai dengan talk-time hingga 330 menit.

Peringkat empat ditempati LG Revere 3 yang menyediakan kamera 1,3 MP dengan night mode. Memorinya 256 MB dengan RAM 128 MB menjadi hal lain yang ditawarkan ponsel LG ini. Kapasitas baterai sebesar 950 mAh menyediakan daya untuk menelpon hingga 6 jam. Dari sejumlah model ponsel yang direkomendasikan tersebut, ketahanan baterai membuat mereka lebih unggul dibanding smartphone yang boros daya. Apakah Anda mulai berpikir untuk membongkar isi laci dan mengeluarkan ponsel lipat Anda kembali? (Tedi)

Baca juga artikel: 

Sulit, Bertransaksi dengan Apple Pay di McDonald’s  

Cara Asyik Ajari Anak Belajar Alfabet

2015, iPhone 4 Inci Dimungkinkan Rilis

Hp ini Memungkinkan Anda Gonta-ganti Komponen Layaknya Puzzle

Woow, Lumia 1030 McLaren Kameranya 50 MP

 

Artikel Lainnya

Komentar