Steve Wozniak: Pendirian Apple di Garasi Cuma Mitos

Oleh Nadia Maharani on Senin, 08 Des 2014 | 13:00

Kisah yang beredar bahwa Apple didirikan dan dioperasikan di sebuah garasi hanyalah sebuah mitos. Hal itu dikemukakan Steve Wozniak, co-founder Apple, saat menanggapi kisah tersebut. “Garasi itu adalah sekedar mitos,” ujar rekan Steve Jobs itu pada BusinessWeek beberapa waktu lalu.

“Kami tidak melakukan perancangan di sana, tak ada breadboarding, tak ada pembuatan prototype, tak ada perencanaan pembuatan produk. Kami tak melakukan proses produksi di sana,” imbuh Wozniak.

“Kami memang membawa produk-produk yang sudah jadi ke garasi tersebut dan membuat mereka bekerja. Setelah itu, kami akan mengantarkan produk-produk tersebut ke toko yang membayar kami secara tunia,” katanya.

Sebelumnya, kisah unik tentang pendirian Apple di sebuah garasi amat santer terdengar. Garasi tersebut bukanlah satu-satunya tempat spesial bagi para legenda di dunia komputer. Di kota tetangga, Palo Alto, terdapat pula sebuah garasi “bersejarah” dimana perusahaan Hewlett-Packard didirikan pada tahun 1930-an. Alhasil, kisah Apple itu ikut meramaikan daftar garasi yang menjadi cikal-bakal perusahaan raksasa lainnya, seperti Dell dan Xerox.

Ia menjelaskan bahwa garasi yang terletak di 2066 Crist Drive in Los Altos, California, dan merupakan milik keluarga Jobs itu tak memainkan banyak peran terhadap pengoperasian perusahaan Apple. Baginya, garasi tersebut merupakan tempat dimana mereka merasa seperti berada di rumah. “Saat itu kami tak punya uang. Kau harus bekerja keluar rumah saat kau tak punya uang,” ujar Wozniak.

Pada tahun 1976 silam, Wozniak merancang dan membuat Apple I Kits pertama. Perangkat tersebut dijual dengan harga $666,66. Pada tahun berikutnya, ia kembali membuat perangkat komputer Apple II. Menyusul beberapa produk perdana tersebut, Apple yang telah memiliki staf dan line produksi meluncurkan Apple III pada 1980. Namun semuanya tak terjadi di sebuah garasi.

Meski garasi tempat Steve Wozniak dan Steve Jobs berkumpul itu tak memiliki fungsi penting terhadap pendirian dan pengoperasian perusahaan yang kini menjelma menjadi raksasa di industri komputer tersebut, mitos itu menjadikannya sebagai salah satu situs bersejarah di tahun 2013. (Tedi)

Baca juga artikel:

G3 Beri Keuntungan LG Electronics Hampir 2 Triliun

Ragnarok: Path of Heroes, Nostalgia dengan MMORPG dari Line

Sulit, Bertransaksi dengan Apple Pay di McDonald’s  

Cara Asyik Ajari Anak Belajar Alfabet

2015, iPhone 4 Inci Dimungkinkan Rilis

Artikel Lainnya

Komentar