2015, iPhone 4 Inci Dimungkinkan Rilis

Oleh Nadia Maharani on Senin, 08 Des 2014 | 09:35

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, terutama wanita, yang mengoperasikan smartphone dengan satu tangan, ada kemungkinan Apple akan merilis iPhone dengan ukuran 4 inchi.

Dilansir dari Business Insider, rumor tersebut muncul setelah Electronic Times of Taiwan menyebutkan jika rantai supply untuk kegiatan produksi produsen raksasa asal Amerika Serikat tersebut mencakup berbagai komponen untuk perangkat dengan ukuran lebih kecil dari smartphone teranyarnya, yakni iPhone 6, yang hadir dalam layar ekstra lebar dibanding generasi sebelumnya.

Ada kemungkinan iPhone bertubuh “mini” itu dirakit untuk menggantikan iPhone 5c. Sejak peluncurannya pada September 2013 lalu, iPhone 5c merupakan budget phone Apple. Mengingat model 5c merupakan budget phone, sudah tentu model itu tak memiliki fitur sebanyak 5s.

Dari segi spesifikasi fisiknya, iPhone 5c menggunakan chip A6, tak seperti iPhone 5s yang mempunyai chip A7. Smartphone itu juga tak memiliki Touch ID. Selain itu, sebagai budget phone, iPhone 5c dirasa terlalu mahal. Kegiatan produksi model tersebut akhirnya dihentikan oleh Apple pada September 2014, tepat saat iPhone 6 diluncurkan.

Pada 2015, iPhone 4 inci dimungkinkan akan menjadi pengganti 5c meski belum dipastikan apakah perangkat tersebut akan menjadi budget phone atau tidak.

Berdasarkan laporan, pembuatan iPhone berukuran 4 inci itu adalah demi kenyamanan pengguna wanita. Selain itu, banyak pengguna iPhone yang lebih memilih perangkat berukuran kecil dari iPhone 6. Mereka cenderung mengoperasikan perangkat mobile-nya dengan satu tangan dan layar iPhone teranyar Apple dinilai terlalu besar. Seperti yang diketahui, semakin besar layar sebuah smartphone, pengoperasiannya dengan satu tangan menjadi lebih tak memungkinkan.

Rumor mengenai iPhone 4 inci tersebut kian santer terdengar. Seperti yang dilansir dari Pocketnow, pengadaan iPhone 4 inci tersebut merupakan upaya Apple dalam melakukan standarisasi dimana akan tersedia iPhone berukuran kecil (4 inci), sedang (4,7 inci) serta phablet (5,5 inci).

Sebelumnya, model iPhone yang telah dirilis hingga 5 generasi hadir dengan ukuran layar 3,5 inci. Kompetitor Apple yang berlomba-lomba meluncurkan smartphone berukuran besar tak serta-merta mempengaruhi konsistensi Apple kala itu. Pada 2010 silam, mendiang Steve Jobs selaku founder Apple mengatakan jika ukuran kecil tersebut adalah untuk memudahkan tangan pengguna dalam mengenggamnya.(Tedi)

Baca juga artikel:

Android OPPO R8207 Masih Misteri di Chipset

Upload Moment Penting Langsung Ke YouTube dari Smartphone Anda

Perlukah Task Killer Dan RAM Booster di Zenfone Anda?

Cara Asyik Ajari Anak Belajar Alfabet

Artikel Lainnya

Komentar