Hp ini Memungkinkan Anda Gonta-ganti Komponen Layaknya Puzzle

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 05 Des 2014 | 11:33

Tahun 2015 nanti, akan hadir sebuah smartphone dengan konsep menarik yang disebut Puzzlephone. Puzzlephone ini adalah sebuah smartphone dengan konsep modular. Artinya, smartphone ini didesain agar pengguna nantinya bisa menggonta-ganti hardware atau komponen dengan mudah.

Pergantian pun menggunakan sekrup yang cukup stabil menahan smartphone agar tetap menempel namun cukup mudah dibuka oleh pengguna. Konsep Puzzlephone  ini sama halnya dengan merakit sebuah PC. Jika pengguna tidak puas dengan komponen atau hardware tertentu, maka pengguna tidak perlu membeli baru tetapi cukup melakukan upgrade.

Misalnya, sebuah smartphone modular dengan prosesor dual core. Pengguna merasa kurang puas dengan kinerja prosesornya, maka pengguna cukup mengganti bagian prosesornya dan tidak membeli secara keseluruhan. Hal itulah yang ditawarkan oleh konsep smartphone modular dari Puzzlephone ini.

Puzzlephone sendiri menawarkan tiga konsep modular. Modul pertama adalah modul untuk pergantian LCD dan speaker. Modul ini disebut Spine. Modul kedua adalah baterai dan segala aspek pendukungnya. Modul ini disebut Heart. Sementara modul ketiga, disebut sebagai Brain, yakni modul untuk mengganti dapur pacu alias prosesor dan kamera.

Konsep yang ditawarkan oleh Puzzlephone ini tergolong menarik. Terutama, untuk modul Brain. Tidak sedikit pengguna yang kadang ingin performa hardware smartphone mereka lebih cepat.

Tentu modul ini menjadi solusi yang tepat. Selain itu banyak juga pengguna yang tidak puas dengan kamera smartphone sehingga pergantian kamera pun tampaknya menjadi pilihan menarik. Namun, bukan berarti modul Heart dan Spine tidak akan menarik. Keduanya tetap menarik tetapi tentu tampaknya jika nanti Puzzlephone sudah hadir di pasaran, konsep Modul Brain lebih menjanjikan.

Sebenarnya, konsep seperti ini bukan hal baru. Google sebelumnya mengumumkan tentang proyek smartphone modular yang disebut dengan Project Ara. Projek ini tentu menjadi salah satu produk andalan Google di masa depan karena konsep ini tampak menjanjikan. Pengembang Puzzlephone melihat peluang yang sama akan hal ini. Akankah smartphone modular menjadi tren terbaru smartphone di masa mendatang? Mari tunggu saja. (Tedi)

Baca juga artikel:

Perbandingan Galaxy Note 4 dan LG G3

Lima Fitur Tersembunyi Android Lollipop yang Perlu Anda Tahu

Perlukah Task Killer Dan RAM Booster di Zenfone Anda?

Upload Moment Penting Langsung Ke YouTube dari Smartphone Anda

 

Artikel Lainnya

Komentar

Dimasdanz 05 Desember 2014 - 16:53
Waah, sama kaya Project Ara-nya Google berarti ya?