Mengenal Nokia Z Launcher dan Keunggulannya

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Senin, 24 Nov 2014 | 10:42

Jika Anda membutuhkan launcher Android yang bagus, maka Anda patut mencoba Nokia Z Launcher. Dari namanya, sudah jelas jika launcher ini merupakan besutan dari perusahaan Finlandia, Nokia.

Launcher ini diumumkan berbarengan dengan keluarnya tablet Android Nokia pada tengah November 2014. Launcher ini serbenarnya sudah hadir sejak awal tahun 2014. Hanya saja waktu itu, launcher tersebut masih versi alpha dan belum tersedia di Google PlayStore. Kini, launcher ini sudah ada di toko aplikasi terbesar tersebut dan dapat diunduh dengan gratis.

Lantas, apa yang membuat Nokia Z Launcher spesial?. Sebenarnya, Nokia Z Launcher mempunyai fungsi yang sama dengan launcher pada umumnya. Launcher ini bertugas memudahkan pengguna menemukan aplikasi yang sering pakai. Hanya saja, launcher ini sedikit lebih pintar.

Salah satu kecerdasannya ialah kemudahan untuk menemukan aplikasi dengan hanya menulis huruf di bagian Homescreen. Misalnya, Anda ingin menggunakan aplikasi Facebook, maka Anda cukup menuliskan huruf “F” dan launcher akan memberikan rekomendasi aplikasi Facebook kepada Anda.

Jika perangkat Anda menginstal aplikasi lain dengan awalan huruf F (misalnya Foursquare) atau games Farm, maka fitur ini akan menampilkan deretan aplikasi dan games dengan huruf F lainnya . Fungsinya mirip dengan fitur pencarian di Google (Google Suggestions).

Tidak hanya itu, launcher ini juga memiliki kecerdasan dalam membaca aktivitas pengguna sesuai waktu. Misalnya, ketika siang hari Anda sering membuka Instagram dan games LINES Get Rich, maka launcher akan menampilkan aplikasi Instagram  dan games LINES Get Rich.

Sementara malam hari, Anda terbiasa membuka Path dan Pinterest, maka launcher akan menampilkan kedua aplikasi tersebut saat malam hari tiba. Cukup pintar bukan?

Jika Anda tertarik dengan launcher ini, pastikan terlebih dahulu  bahwa perangkat Android Anda menggunakan sistem operasi Android 4.1 sampai 4.4.  Pasalnya, Nokia Z Launcher belum mendukung Android 4.0 ke bawah dan juga Android terbaru 5.0 Lolipop.

Khusus untuk tablet Nokia N1, launcher ini tidak perlu diunduh terlebih dahulu karena sudah menjadi launcher default di Nokia N1. Untuk perangkat Android lain yang ingin menggunakan launcher ini bisa download di Google PlayStore. (Tedi)

Baca juga artikel:

Corning Rilis Gorilla Glass 4, Ini Uji Tes-nya!

Jolla Tablet, Tablet Salfish OS yang Siap Menyaingi iPad Mini dan Nexus 9

Fujitsu Stylistic Q555, Laptop Multifungsi Dengan Spek Tinggi 

 

Artikel Lainnya

Komentar