Jolla Tablet, Tablet Salfish OS Saingi iPad Mini dan Nexus 9

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 20 Nov 2014 | 17:04

Jolla, vendor Finlandia  yang memiliki sistem operasi sendiri mengeluarkan sebuah tablet. Tablet tersebut dinamakan Jolla Tablet. Tampaknya nama tersebut hanyalah nama sementara sebelum Jolla benar-benar merilisnya ke pasar. Yang menarik dari kehadiran tablet ini adalah spesifikasinya yang secara tidak langsung akan bersaing dengan tablet iPad Mini, Nexus 9 dan tablet Nokia N1.

Jolla Tablet berprosesor quad core dengan kecepatan 1,8GHz. Belum dijelaskan jenis prosesor apa yang digunakan pada Jolla Tablet ini. Namun yang pasti, prosesornya ini didukung dengan RAM 2 GB dengan memori internal sebesar 32 GB.

Untuk layarnya, tablet ini mengusung layar 7,9 inch dan beresolusi 2048 x 1563 piksel.  Jolla Tablet dibekali kamera 5 MP tanpa adanya flash pendukung.


Dari spesifikasi tersebut,  sudah terlihat bahwa Jolla Tablet ini bukanlah tablet sembarangan. Spesifikasi Jolla Tablet  tentu saja tidak berbeda jauh dengan tablet Nokia N1 yang baru-baru ini diumumkan. Selain itu, menilik prosesor dan layar yang diusungnya, tablet ini dapat disejajarkan dengan tablet kelas atas semacam Google Nexus 9 dan iPad Mini 3. Memang Nexus 9 lebih lebar karena mengusung dimensi 8.9 inch tetapi resolusi Nexus 9 serupa dengan iPad Mini 3, Nokia N1, dan juga iPad Mini.

Hal menarik dari Jolla Tablet ini adalah harganya. Jolla Tablet ini akan dibanderol dengan harga $189  dan $199. Sayangnya, harga tersebut hanya berlaku bagi dua ribu pendukung Jolla Tablet. Dilansir dari Cnet (20/11), Jolla Tablet adalah proyek corwfounding atau proyek urunan melalui situs IndieGoGo. Nah, bagi seribu pendukung pertama terhadap proyek ini akan mendapatkan harga $189 atau sekitar Rp 2,3 juta untuk satu unit. Untuk seribu pendukung selanjutnya,  tablet ini bisa didapatkan dengan harga $199 atau sekitar Rp 2,4 jutaan.

Jolla menargetkan dana $380 ribu atau sekitar Rp 4,5 milyar agar Jolla Tablet ini bisa terealisasi. Sampai tulisan ini dibuat, Jolla Tablet justru mengumpulkan dana lebih dari target mereka, yakni sebesar $902,254 atau hampir Rp 11 milyar. Karena berhasil melampaui target, Jolla Tablet siap dipasarkan di pasar Internasional. Rencannya tablet yang berjalan dengan Sailfish OS ini akan hadir pada Juli 2015 dengan ekspektasi harga $249 atau sekitar Rp 3 juta. (Tedi)

Baca juga artikel:

Kapasitas Baterai Marathon M2 Kalahkan Motorola Droid Turbo

Infografis Android Dari Masa ke Masa

Nexus 4 Mulai Kebagian Update Android 5.0 Lollipop

 

Artikel Lainnya

Komentar