Harga Huawei Ascend Y520,  Smartphone Android KitKat Kuat di Baterai

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Rabu, 19 Nov 2014 | 11:44

Salah satu produk dari Huawei yang telah masuk pasar Indonesia adalah Huawei Ascend Y520. Smartphone ini dihadirkan Huawei untuk bersaing di kelas terjangkau. Hal tersebut dapat dilihat dari banderol smartphone ini yang bernilai Rp 1.2 juta.

Di harga tersebut, sebenarnya sudah cukup banyak pilihan smartphone lainnya, baik dari vendor lokal maupun vendor luar. Hal ini berarti bahwa persaingan smartphone di kelas Rp1jutaan akan semakin ketat. 

Huawei Ascend Y520 sendiri sebenarnya tidaklah terlalu istimewa baik dari sisi spesifikasi maupun desain. Smartphone dengan dimensi 134.2  x 67 x 10.2 mm dan  bobot 150g ini hadir dengan  desain yang memang mirip dengan seri Huawei Ascend lainnya.

Desainnya berwarna hitam dengan balutan casing plastik di seluruh bodinya. Sebenarnya smartphone ini memiliki pilihan warna lain, yakni putih, biru, dan pink. Tampaknya pilihan warna tersebut belum masuk ke Indonesia.

Soal layar, smartphone ini hadir dengan layar 4,5 inch. Dimensi layar ini menang cukup pas karena tidak terlalu besar. Untuk resolusinya sendiri, ponsel cerdas dari Huawei ini hanya mengusung resolusi FWVGA 854 x 480 piksel dengan kerapatan layar 218 ppi. Layarnya adalah jenis layar LCD yang mendukung 256 ribu warna dan fitur G-sensor.

Hardware smartphone ini dibekali dengan chipset MediaTek MT6572. Di dalam chipset ini terdapat prosesor dua inti ARM Cortex-A7 yang hanya berlari 1,3 GHz. Prosesornya dikombinasikan dengan GPU Mali-400.

Kombinasi ini cukup lumayan dari segi performa. Tetapi tampaknya cukup berat untuk menjalankan games grafis tinggi. Terlebih, ponsel pintar ini hanya dibekali RAM 512MB.

Memori internalnya hanya 4 GB dengan dukungan slot microSD hingga 32 GB. Resolusi kamera pun tidak terlalu tinggi, Huawei Ascend Y520 hanya dibekali kamera VGA untuk bagian depan dan kamera 5 MP yang tidak mendukung fitur LED flash.

Untungnya, baterai pada smartphone dengan OS Android KitKat ini masih cukup bisa diandalkan. Baterainya yang memiliki kapasitas 1730 mAh tergolong cukup besar untuk sebuah smartphone dengan prosesor dual core.

Secara keseluruhan, smartphone yang yang dilengkapi dengan Bluetooth 4.0 dan GPS ini tidaklah menarik dari sisi spesifikasi. Namun hal ini cukup wajar mengingat Huawei Ascend Y520 dijual pada harga yang murah.

Sebenarnya direntang harga tersebut, ada smartphone lain yang memiliki spesisifkasi yang lebih baik. Tetapi, hal ini tidak membuat Huawei Ascend Y520 adalah smartphone yang kurang baik. Bagaimanapun, pilihan smartphone yang tepat tergantung pada pilihan penggunanya.(Tedi)

Baca juga artikel:

Amazon Fire HD 7, Tablet Quad Core 7 Inci

Sharp Aquos Crystal, Ponsel Cantik Dengan Koneksi LTE

Lumia 535,Lumia Non-Nokia Dari Microsoft

Dell Venue 11 Pro,Lebih Tipis Lebih Bertenaga 

Artikel Lainnya

Komentar