Samsung Flow, Jawaban Atas Fitur Continuity Dari Apple

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 17 Nov 2014 | 12:05

Apakah Anda tahu bahwa Samsung juga punya konferensi pengembang layaknya Google?. Perhelatan bertajuk Samsung Developer Conference yang digelar untuk kedua kalinya ini makin menunjukkan niat Samsung untuk tak hanya menjadi produsen perangkat keras, tetapi juga ingin mengontrol perangkat lunak seperti Apple, Google, dan Microsoft.

Dari beberapa hal yang diumumkan Samsung pada konferensi ini, salah satu yang menarik perhatian para peserta ialah fitur bernama Samsung Flow, yang kurang lebih mirip dengan fitur Continuity dan Handoff milik Apple.

Bagi Anda yang belum familiar dengan istilah-istilah barusan, fitur di atas berfungsi mensinkronisasi data pada perangkat-perangkat yang berdekatan dan menggunakan sistem operasi yang sama agar dapat digunakan secara terus menerus.

Hal ini sangat berarti bagi pengguna yang memiliki beberapa jenis perangkat dan sering berpindah-pindah gadget.     

Fitur flow sendiri terbagi tiga, yaitu Transfer, Defer and Notify. Transfer berguna untuk memindahkan konten dari satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Defer merupakan fitur dimana pengguna dapat menghentikan sebuah aktifitas di satu perangkat dan melanjutkannya di perangkat yang lain.

Sehingga apabila Anda sedang mengerjakan sebuah naskah di komputer Anda misalnya, Anda dapat ‘menyimpan’ ketikan tersebut dan melanjutkannya pada tablet dengan mengakses menu Flow.

Fitur terakhir yaitu Notify, memungkinkan Anda untuk menerima panggilan ataupun SMS dari ponsel Anda di perangkat yang lain.

Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan infrastruktur Share yang telah tertanam pada sistem operasi Android, sehingga berbeda dengan Continuity atau Handoff dari iOS/OSX yang mengotomatiskan segalanya. Dengan Flow Anda harus ‘mengirim’ aktifitas Anda ke Flow terlebih dulu sebelum mengaksesnya di perangkat yang lain.

Jika Anda adalah pengembang aplikasi Android dan tertarik untuk mengintegrasikan Flow ke dalam aplikasi, file SDK (Software Development Kit) Flow telah tersedia untuk diunduh.

Integrasi yang dapat dilakukan dengan SDK ini dapat lebih dalam lagi, misalnya menyimpan posisi film yang sedang Anda tonton atau posisi scroll laman web yang sedang dilihat.

Untuk dapat menggunakan fitur ini, Anda harus sedikit bersabar karena hingga saat ini belum jelas kapan fitur ini akan diluncurkan atau perangkat apa saja yang kompatibel. (Fajar)

Baca juga artikel:

Amazon Fire HD 7, Tablet Quad Core 7 Inci

Sharp Aquos Crystal, Ponsel Cantik Dengan Koneksi LTE

Lumia 535,Lumia Non-Nokia Dari Microsoft

Dell Venue 11 Pro,Lebih Tipis Lebih Bertenaga


Artikel Lainnya

Komentar