Gandeng Google Indosat Beri Peringatan Bencana Melalui SMS  

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 24 Okt 2014 | 11:22

Demi memudahkan masyarakat di seluruh Tanah Air mengakses informasi peringatan dini bencana alam, kini hal tersebut dapat dilakukan melalui layanan pesan singkat. Dengan menggandeng Google, Indosat secara resmi menghadirkan layanan Google Public Alerts untuk pelanggan di tanah air.

"Kerjasama ini memungkinkan layanan Google Public Alert dapat dijangkau masyarakat yang lebih luas di Indonesia. Untuk pertama kalinya kami bekerjasama dengan operator telekomunikasi agar layanan Public Alert ini dapat dinikmati melalui perangkat ponsel fitur dan ponsel pintar hingga bisa menyediakan informasi peringatan dini dan life-saving lebih luas kepada masyarakat," ungkap Meryl Stone, pejabat layanan Google Crisi Response. 

Layanan Google Public Alerts didesain agar dapat menyediakan informasi peringatan dini yang relevan dan akurat saat terjadi bencana tsunami dan gempa bumi.  Saat ini peringatan dini tersebut sudah tersedia melalui halaman Google Public Alerts dan layanan Google lainnya seperti Google Search, Google Maps, dan Google Now.

"Kami bangga menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang dapat bekerjasama dengan Google dalam mempersembahkan layanan informasi bencama melalui akses SMS. Semoga layanan ini dapat membantu masayrakat yang tinggal di daerah rawan bencana untuk mendapatkan informasi dini dan kangkah antisipasi," ucap Prashant Gokarn, Chief Strategy & Planning Officer Indosat.

Informasi bencana yang disediakan perusahaan teknologi raksasa ini bersumber dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika )BMKG) Indonesia. Untuk mendapatkan update informasi, pelanggan hanya perlu mengakses *123*77# dan mengikuti petunjuk berikutnya melalui ponsel fitur dan ponsel pintar mereka.

Jika terjadi bencana, peringatan akan dikirimkan langsung ke perangkat selular pelanggan. Layanan ini telah tersedia dan dapat diakses mulai hari 22 Oktober 2014 oleh semua pelanggan Indosat.(Ervi)

Baca juga artikel:

WhatsApp Kini Bisa Diakses dengan PC Desktop, Begini Caranya!

Mengenal Revolusi Android dari Waktu ke Waktu

Solusi Sederhana Atasi Baterai Boros Redmi 1S

Artikel Lainnya

Komentar