Empat Sistem Operasi Ini Siap Tumbangkan Android  

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Jumat, 24 Okt 2014 | 10:17

Sistem operasi Android saat ini memang sedang berkuasa. Dukungan pengembang yang banyak dan jumlah aplikasi yang sudah mencapai jutaan membuat sistem operasi mobile ini termasuk sistem operasi mobile tersukses.

Para pengancamnya, iOS, BlackBerry OS, dan Windows Phone pun tidak mampu mengalahkan dominasi Android. Android menjadi populer, bahkan untuk beberapa tahun ke depan. Namun, ternyata beberapa perusahaan sedang mempersiapkan sistem operasi yang bisa mengancam sistem operasi Android. Apa saja sistem operasi yang siap mengancam Android tersebut? Berikut penjelasannya.

Firefox OS

 

Sistem operasi yang dikembangkan oleh Mozilla ini ditujukan khusus untuk segmen entry-level. Dengan membawa tampilan konsep  antarmuka yang mirip dengan Android dan iOS, Firefox OS bukan tidak mungkin akan menjadi sistem operasi yang mengancam Android.

Terlebih sistem operasi ini sudah didukung oleh dua vendor ternama, ZTE dan Alcatel. Kehadiran Firefox Marketplace yang merupakan toko aplikasi Firefox OS membuat ekosismtem sistem operasi ini  akan terus berkembang kedepannya. Tidak sedikit pengembang yang mulai menghadirkan aplikasi di Firefox OS.

Hal ini juga dilandasai karena Firefox OS tidak merepotkan pengembangnya untuk menampilkan aplikasi. Para pengembang hanya cukup memodifikasi HTML5 dan Javascript pada situs mereka.

 Sailfish OS

Sistem operasi ini dikembangkan oleh mantan tim yang pernah bekerja di Nokia. Tim ini membuat perusahaan bernama Jolla sekaligus menciptakan sistem operasi bernama Sailfish OS. Sistem operasi ini mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. Terlebih sistem operasi ini memiliki kompabilitas dengan OS Android sebagai custom ROM. Sayangnya, sistem operasi ini peredarannya masih terbatas. Smartphone yang menggunakan OS ini masih ekslusif karena smartphone Jolla dijual dibeberapa negara tertentu.

Tizen

 

Sistem operasi ini dikembangkan oleh Samsung dan Intel sebagai upaya untuk membendung kepopuleran Android. Ironisnya, smartphone Samsung sendiri banyak yang sukses di pasaran ketika menggunakan sistem operasi Android.

Hal ini juga memicu perkembangan Tizen yang terbilang lambat. Padahal, proyek ini sudah dikembangkan cukup lama, namun baru meluncur pada tahun 2013. Itupun perangkat yang mendukung sistem operasi ini masih sangat terbatas. Terlepas dari itu, Tizen OS berpotensi memiliki masa depan yang cerah. Lewat perangkat bernama Samsung Z, sistem operasi Tizen bisa jadi ancaman yang cukup serius untuk OS Android.

Ubuntu Touch

 

Sistem operasi ini dikembangkan oleh Canonical, pengembang distro Ubuntu yang memang namanya sudah sangat popular. Lewat smartphone bernama Ubuntu Phone, Canocial tampak ingin menggebrak pasaran dengan sistem operasi besutannya ini.

Diperkenalkan pertama kali pada Oktober 2013, sistem operasi ini cukup menarik perhatian. Tak aneh jka smartphone dengan OS Ubuntu Touch banyak ditunggu kehadirannya. Namun, Canonical  ternyata tidak mau buru-buru.

Ubuntu Touch akan dikeluarkan pada saat ekosistem pengembangnya sudah benar-benar banyak dan bagus. Sampai tulisan ini dibuat, aplikasi yang sudah ada di Ubuntu Touch sudah mencapai 10 ribu aplikasi. Dengan kenyataa ini, tentu bukan hal sulit bagi Ubuntu Touch untuk meruntuhkan dominasi Android.

Sebenarnya masih ada sistem operasi mobile lainnya yang siap menyaingin Android, termasuk sistem operasi yang dikembangkan Negara Tiongkok. Lantas, sistem operasi manakah yang akan benar-benar membuat Android tumbang?. Atau justru sistem operasi Android tidak terkalahkan? Mari tunggu. (Tedi)

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 24 Oktober 2014 - 14:06
wah makin sadis persaingan dunia teknologi !
ariawan 27 Oktober 2014 - 10:51
Hohoho.. ubuntu touch.. keren!
shritz 27 Oktober 2014 - 10:56
sip!