Diperbaharui pada Senin, 20 Oktober 2014 | 10:12

Apa Beda Nexus 5 dan Nexus 6?

Nexus 6 sudah diumumkan oleh Google pada pertengah Oktober 2014 ini. Kehadiran perangkat ini tentunya cukup dinantikan oleh banyak orang. Apalagi smartphone yang satu ini hadir dengan sistem operasi yang lebih baru, Android 4.4 Lollipop. 

Tentu banyak yang sudah membahas terkait spesifikasi yang diusung oleh perangkat Nexus 6 ini. Namun, bagaimana jika perangkat ini dibandingkan dengan seri sebelumnya, yakni Nexus 5?, Apa perbedaan keduanya?, Simak pembahasannya berikut ini.

Layar

Dimulai dari layar, Nexus 5 hadir dengan bentangan layar yang mendekati layar 5 inch, yakni 4,95 inch. Layar yang digunakan ini merupakan layar IPS yang mengusung resolusi HD 1920 x 1080 piksel.

Layar yang dilindungi dengan Gorilla Glass 3 ini memiliki kerapatan layar sebesar 445 ppi. Sementara Nexus 6 memiliki spesifikasi layar yang lebih lebar dan resolusi yang lebih baik. Layarnya mengusung resolusi QHD 2560 x 1440 piksel yang terbentangi layar jenis AMOLED 5,9 inci. Layarnya ini memiliki kerapatan yang lebih baik dibandingkan Nexus 5, yaitu 496 ppi.

Kinerja

Nexus 5 dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 800 yang memiliki spesifikasi prosesor quad core Krait 400 2,3 GHz dan GPU Adreno 330. Sementara Nexus 6 hadir dengan chipset terbaru, yaitu Qualcomm Snapdragon 805 yang memiliki spesifikasi prosesor empat inti Krait 450 2,65 GHz dengan GPU Adreno 420.

Di atas kertas, tentunya Nexus 6 memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan Nexus 5. Terlebih Nexus 6 hadir dengan RAM 3 GB yang tentunya menghadirkan kemampuan multitasking yang lebih baik jika dibandingkan dengan Nexus 5 yang dibekali RAM 2 GB.

Kamera

Nexus 5 hadir dengan kamera depan 1,3 MP dan kamera utama 8 MP. Kamera utamanya ini dilengkapi dengan fitur LED dan aperture f/2.4. Dan sensor yang digunakan adalah sensor 1/3.2″.

Sementara itu, Nexus 6 hadir dengan kamera depan 2.1 MP dan kamera belakang atau kamera utama 13MP yang akan memberikan hasil gambar yang lebih bagus. Apalagi kamera utama pada Nexus 6 ini dilengkapi dengan sensor Sony Exmor IMX 214 yang cukup terkenal mampu membantu kinerja kamera menghasilkan gambar dengan kualitas jernih.

Konektivitas

Jika sektor kamera, prosesor, dan layar memiliki perbedaan, maka pada sektor konektivitas Nexus 6 dan Nexus 5 memiliki konektivitas yang sama. Keduanya sama-sama didukung dengan WiFi, Bluetooth, 3G HSDPA, 4G LTE, dan NFC.

Kedua smartphone ini juga sama-sama tidak memiliki slot microSD untuk menambah memori. Sebagai gantinya, kedua smartphone seri Nexus memberikan pilihan penggunaan memori internal yang besar, yakni memori internal versi 32GB maupun versi 64 GB. 

Kesimpulan

Dari perbandingan tersebut, dapat disimpulkan bahwa Nexus 6 memiliki berbagai peningkatan dihampir segala sektor. Hal ini tentu saja membuat Nexus 6 lebih memikat dibandingkan Nexus 5 yang masih menggunakan OS Android Kitkat.

Sayangnya, Nexus 6 dbanderol dengan harga yang sangat tinggi, yakni Rp 7.9 juta. Cukup wajar sebenarnya mengingat perangkat ini memang hadir dengan spesifikasi yang tinggi.(Tedi)

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Like us!
Hilman Mulya Nugraha
162 Posts