Lupakan Windows 9, Microsoft "Move On" ke Windows 10

Oleh Hilman Mulya Nugraha on Kamis, 02 Okt 2014 | 10:25

Microsoft membuat sebuah kejutan ketika memperkenalkan sistem operasi terbarunya. Kejutan tersebut adalah kehadiran sistem operasi dengan nama Windows 10. Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates ini ternyata tidak memakai nama Windows 9 untuk OS penerus Windows 8.1. Mengapa Windows 10?

Dikutip dari Techradar, pemberian nama Windows 10 adalah karena Microsoft ingin menghadirkan sesuatu yang besar terhadap Windows. Selain itu, Microsoft juga ingin menghadirkan sistem operasi yang lebih bersahabat dan lebih mudah. Diakui oleh Microsoft, jika Windows  9 cukup menarik perhatian ketika rilis versi betanya. Setelah diskusi lebih lanjut, Microosft akhirnya memutuskan untuk meninggalkan nama Windows 9 dan langsung “melaju” ke Windows 10.

Langkah Microsoft memberikan nama Windows 10 juga didasari karena sistem operasi Windows 10 hadir dengan performa yang lebih baik, seperti  kemampuan yang lebih cepat, intuitif, dan juga bebas dari berbagai bug. Sistem operasi ini sendiri akan hadir dengan tampilan  Windows 8 alias Metro UI. Namun, tampilan antarmuka Metro UI akan dilengkapi dengan tombol start menu seperti yang diharapkan oleh banyak pengguna Windows.

Lewat Windows 10, Microsoft berharap semua pengguna bisa lebih mudah dan familiar dalam penggunaan dan navigasinya. Dan hal itu bukanlah sesuatu yang tidak bisa diwujudkan. Windows 10 didesain dengan sumber yang diadaptasi dari berbagai platform OS Windows seperti Windows 7, Windows 8, dan Windows Phone.

Dengan begitu, nantinya Windows 10 akan terintegrasi lebih mudah dengan berbagai platform dan perangkat. Microsoft pun tidak akan menghadirkan update besar nantinya layaknya Windows 8 ke Windows 8.1. Microsoft akan mengadopsis sistem update dengan ukuran yang kecil sehingga akan lebih memudahkan pengguna Windows 10 nantinya.

Dari uraian tersebut, tampak bahwa  Microsoft menginginkan sebuah sistem operasi yang bisa terhubung dan terintegrasi dengan lebih mudah. Selain itu, Microsoft tampaknya juga menginginkan sistem operasi terbarunya nanti lebih mudah beradaptasi di berbagai perangkat, baik mobile, PC, laptop, maupun jam tangan pintar.

Sayangnya, Microsoft tidak menjelaskan secara detail tentang sistem operasi Windows 10. Microsoft hanya memperlihatkan demo saja dan mengumumkan bahwa Windows 10 akan hadir pada April 2015.(Tedi)

Baca juga artikel:

Mengenal Lebih Jauh Jaringan Seluler di Tanah Air

Mengenal Jenis-jenis SIM Card Handphone

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Artikel Lainnya

Komentar