Apa Menariknya BlackBerry Passport?

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 25 Sep 2014 | 18:08

BlackBerry Passport sebagai amunisi baru BlackBerry akhirnya meluncur serentak di tiga kota, Toronto (Kanada), Dubai (UAE), dan London (Inggris), Rabu (24/9) waktu setempat.

Dalam siaran pers yang diterima PriceBook, smartphone ini sudah tersedia melalui operator di seluruh dunia dan dapat di pesan melalui online melalui ShopBlackBerry.com dan Amazon.com.

Kabarnya BlackBerry Passport akan singgah juga di Indonesia. Harganya saat ini masih beragam, ada dikisaran Rp9 jutaan dan ada juga yang membanderolnya lebih murah yakni, Rp7 jutaan.

Lantas apa saja fitur yang dimilikinya?.

Desain

Wujud BlackBerry Passport terinspirasi dari bentuk dan ukuran passport sebenarnya. Materialnya mengkombinasikan bahan stainless steel dan corning Gorilla Glass untuk ketahanan tubuhnya.

BlackBerry Passport dilengkapi dengan layar persegi berukuran 4,5 inch dengan perbandingan satu banding satu, layar HD dengan resolusi 1440x1440 pixel (453 dpi).

Terdapat papan ketik di smartphone ini. Keyboard-nya dilengkapi dengan fitur sentuh dengan gerakan yang berguna pada saaat mengetik atau mengedit. Fitur ini membuat keyboard di handset layaknya sebuah trackpad di komputer.

Diklaim oleh BlackBerry keyboard-nya empat kali lebih akurat dari keyboard virtual BlackBerry 10 dengan tingkat kesalahan rata-rata di bawah 74 persen.

Sistem operasi

BlackBerry Passport dan Porsche Design P9983, merupakan dua smartphone yang dilengkapi dengan sistem operasi terbaru, BlackBerry 10.3.

Dengan software terbaru, BlackBerry Passport dilengkapi dengan ikon terbaru pula dan instant action bar, sehingga fitur fitur yang biasa digunakan oleh pengguna akan ditampilkan di tengah-tengah layar.

Sistem operasi ini membawa fitur-fitur baru seperti BlackBerry Blend dan BlackBerry Assistant, serta BlackBerry World dan Amazon Appstore.  

Apps Store

BlackBerry World akan menampilkan aplikasi-aplikasi penting untuk para profesional yang ingin berkomunikasi dan berkolaborasi dengan efisien.Sedangkan Amazon Appstore sudah tersedia di dalam BlackBerry Passport, pengguna akan mendapatkan akses ke aplikasi-aplikasi terkenal di Amazon Appstore, termasuk game dan aplikasi Android terbaru seperti Minecraft - Pocket Edition, Candy Crush Saga, Pinterest, Temple Run 2 dan Cut the Rope 2.

Perangkat keras

Kinerja BlackBerry Passport ditunjang oleh kelengkapan yang tak bisa pandang sebelah mata, sebut saja prosesor Quad Core 2.2 GHZ, 3 GB RAM, kamera belakang 13 MP OIS dan memori sebesar 32 GB.

BlackBerry Blend

Semua hal yang tadinya hanya dapat dilakukan di ponsel Anda kini dapat dilihat melalui komputer dan tablet. Anda akan melihat notifikasi pesan secara langsung, membaca, dan menjawab email, mengirim pesan BBM, dan mendapatkan akses ke dokumen, kalender secara real time.

Aplikasi ini dapat digunakan di sistem operasi komputer desktop,termasuk Mac OS X 10.7 ke atas, Windows 7 ke atas dan tablet Android yang menggunakan Android 4.4 ke atas melalui jaringan selular, USB atau koneksi Wi-Fi.

Versi BlackBerry Blend untuk Mac dan PC sudah dapat diunduh melalui  www.BlackBerry.com/Blend, di Apple App StoreSM untuk tablet iPad atau melalui Google Play Store pada tablet Android.

BlackBerry Assistant

Jika Windows Phone punya Cortana, Android Google Now, dan Siri di iOS, BlacKBerry kini memiliki Assistant. Fungsi kerja dasarnya tidak jauh berbeda, membantu Anda dalam berbagai hal aktivitas seperti membantu pencarian di web, rimender, mengirim email dan sebagainya

jika Anda mengetik, aplikasi ini akan menjawab dengan tanpa suara, jika Anda memberikan perintah suara, aplikasi akan menjawab dengan suara dan jika terhubung dengan Bluetooth, aplikasi ini akan menjawab dengan konteks tambahan karena aplikasi ini berasumsi para pengguna tidak melihat layar.

Baterai

Baterai BlackBerry Passport memiliki kapasitas 3450 mAh. Diklaim bertahan sampai 30 jam untuk pengguna yang aktif.

Multimedia

BlackBerry Natural Sound  diklaim mampu menyajikan suara yang jernih dan berkualitas bagus. Teknologi ini juga dibuat untuk menyesuaikan Wi-Fi dan secara automatis akan mengatur suara pada panggilan telepon sesuai dengan posisi telepon dan suara latar belakang.

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar

Reza 28 September 2014 - 08:03
Awal kebangkitan Blackberry kah? Hmm...
Shu Lei Chan 11 Juli 2015 - 21:52
kalo dibandrol harga lebih tinggi dari versi android kebanyakan dengan bentuk yang agak nyeleneh... mungkin orang awam masih pikir2 dulh :v
Risky Wijaya Praba Saputra 12 Juli 2015 - 20:03
blackberry pasti msh menekankan design qwerty keyboard nya jd ya gak nyeleneh2 bgt untuk harga ane pikir sih wajar untuk smartphone premium kyk gini hehe