Bocoran Spesifikasi Gahar Lumid 1M Penantang Xiaomi Mi4

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 17 Sep 2014 | 17:57

  

Sebagai pesaing Meizu MX 4, Xiaomi Mi4, One Plus one tentu saja Lumid 1M harus memiliki kinerja lebih spartan dibandingkan para rivalnya. Rumor yang disebar, smartphone lokal asal Bandung ini memiliki jeroan di atas rata-rata ketiga smartphone di atas. Apa saja, ini dia bocorannya!

Desain

Rancang bangun frame dibuat presesi dari bahan metal. Gosipnya mirip dengan HTC One M8. Agar lebih cantik sang produsen memberikan polesan titanium secara keseluruhan.

Ramping dan tipis. Tebalnya cuma 6,8mm, dan antara samping layar dan frame cuma 1,6mm. Dengan teknologi 28 nano, diklaim tidak ada jeroan yang dikorbankan untuk menjaga penampilannya.

Cover belakang berbahan metal, dapat dibuka untuk memudahkan pengguna kala ingin mengganti baterai. Tebal covernya hanya 0,4mm. Akan ada dua warna pada Lumid 1M ketika diluncurkan, yakni putih dan hitam.

Layar

Pada layar ditanamkan teknologi SHARP LTPS (Low Tempered Poly-Sylicon), Retina Screen 5,5 inch OGS (One Glass Solution) dengan resolusi FullHD 1080x1920 pixels.

Anti goresnya menggunakan lapisan Gorilla Glass generasi ke tiga. Semua itu dihadirkan untuk menunjang kenyamanan dalam bermain game, menonton film dan keamanan layar dari tekanan dan goresan benda tumpul.

Kinerja layar diklaim responsif, meskipun pengguna sedang menggunakan sarung tangan atau ada percikan air di atas layar. Namun demikian, ditegaskan oleh sang produsen, Lumia 1M bukanlah ponsel tahan air seperti seri Xperia Z3 milik Sony.

Kamera

Untuk kamera menggunakan Sony IMX 220 dengan resolusi 20,7MP dan Aperture f/1.8 serta 6 lensa Safir Anti Reflection dan Anti Glare. Dari segi software, kamera Lumid 1M dibekali dengan settingan manual professional DSLR Camera.

Kamera depannya 8 MP untuk mengakomodir kebutuhan selfie dan untuk video, dibekali sensor Sony IMX220 dan SoC MT6595. Memungkinkan pengguna untuk merekam video 4K dengan kecepatan 30 frame per second.

Software dan Hardware

Berjalan menggunakan Android v4.4.4. KitKat, smartphone ini dilengkapi dengan chipset besutan MediaTek MT6595 ber-arsitektur big.LITTLE dengan 4X high-performance Cortex®-A17 dan 4X energy efficient Cortex-A7. Diklaim kinerjanya spartan dibandingkan rivalnya.

Bermain hardcore gaming, komputasi berat dan irit daya akan menjadi keunggulan lain yang dipamerkan. Pasalnya Lumid 1M dibekali dengan GPU garapan Imagination Technologies PowerVR™ G6200 @600MHz.

Memori

Bekal memori internal ialah 16 GB, pilihan lain dengan menyematkan kartu microSD dengan pembesaran kapasitas hingga 128 GB. RAM yang akan ditanamkan nantinya sebesar 3 GB.

Konektivitas

Dua slot sudah tertanam dalam tubuh Lumid 1M. Menariknya pada slot satu tidak hanya dapat mengakses jaringan 3G, LTE pun dilibas dan slot keduanya hanya sebatas EDGE (2G). Dibekali NFC untuk transfer file secara nirkabel. Untuk GPS sudah mendukung teknologi Glonnas untuk ketepatan navigasi Anda.

Baterai

Kapasitas baterainya ialah 3000mAh yang diklaim tahan selama sehari penuh. Sudah mendukung wireless charging tetapi harus menggunakan leather case yang dijual terpisah.  

Harga

Untuk memenangi persaingan, bukan hanya perangkat yang canggih, gaya Xiaomi dan brand luar lainnya juga diaopsi, yakni memangkas harga seminim mungkin. Harganya diperkirakan Rp 3 jutaan ketika nanti benar-benar diluncurkan pada Desember mendatang.

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar

26 September 2014 - 22:04
WOW.... Welcome Lumid 1M.....
09 Oktober 2014 - 10:27
I Like "LUMID" 1M :D
16 Oktober 2014 - 17:10
di tunggu rakyat indonesia :D
Risky Wijaya Praba Saputra 16 Oktober 2014 - 20:07
tunggu peluncurannya di bulan desember nanti gan
23 Oktober 2014 - 15:22
uwoow.. i am so curious ..