Android One, Senjata Google Untuk Ponsel Murah

Oleh Tedi Yuni A on Selasa, 16 Sep 2014 | 14:25

Masa depan Andoid tidak terletak pada harganya yang mahal,atau pada smartphone yang dilengkapi fitur canggih dan pintar. Namun menurut Google, Android akan terus berkembang jika semua orang di dunia dapat merasakannya.  

Untuk itulah Google mengambil inisiatif menciptakan Android One. Sebuah ponsel yang dibanderol murah dengan spesifikasi yang telah ditetapkan oleh Google. Android One dapat dikembangkan selain oleh Google, asalkan pabrikan ponsel yang ingin bergabung mengikuti standar spesifikasi yang telah ditentukan oleh Google.

Sama seperti perangkat Nexus, smartphone Android One akan mendapatkan update langsung dari Google. Update terdekat yang dijanjikan ialah Android L.

Menurut Google, seperti dikutip dari venturebeat.com (16/9) Android One sangat cocok di pasarkan untuk negara-negara berkembang. India menjadi negara pertama yang sudah merasakan unit Android One.

Satu unit yang sudah di pasarkan dengan harga Rs. 6.999 (Rp. 1,36 juta) ialah Android One besutan Micromax, salah satu merek ternama di India. Dua mitra lainnya Spice dan Karbonn akan segera menyusul dengan Android One-nya masing-masing.

Google juga mengungkapkan mitra baru untuk Android One, termasuk di dalamnya Acer, Asus, HTC, Lenovo, dan Qualcomm.

Android One yang diluncurkan di India datang dengan tujuh dukungan bahasa, termasuk di dalamnya Bahasa Inggris dan Bahasa Hindi (Dengan dukungan multibahasa untuk aplikasi). Dilengkapi dengan kontrol berbasis suara, dual SIM, radio FM.

Rencananya program Android One ini akan dilanjutkan ke negara berkembang lainnya seperti Indonesia, Filipina, dan wilayah Asia Tenggara sebelum tahun ini berakhir.

Spesifikasi Android One

layar      : IPS FWVGA 4,5 inch (480 x 854 pixels)

OS         : Android KitKat

Prosesor   : Chipset MediaTek Quad core 1,3 GHz

Memori     : Internal 4 GB, RAM 1 GB, kartu microSD

Kamera     : Utama 5 MP, lampu LED Flash, kamera depan 2 MP

Koneksi    : Wifi,Bluetooth,GPS,3G,dan baterai Li-ion 1.700 mAh.

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar