Ini Bagian Mini dari Oppo N1 Mini

Oleh Tedi Yuni A on Senin, 15 Sep 2014 | 18:39

Oppo N1 Mini harus menerima nasibnya sebagai produk yang disulap jadi mungil luar dalam oleh sang produsen. Hal itu pun bukan sesuatu yang memalukan, apalagi dosa atau kutukan. Oppo hanya mengekor pabrikan lain semisal Samsung dan LG.

Spek dipangkas, begitu pun dengan harga. Terkadang justru dua item ini bisa jadi indikator suksesnya sebuah produk yang dibuat mini. Pasalnya bisa jadi saudaranya tidak laku di pasar lantaran harganya selangit, walau software dan hardware-nya gahar.

Lantas apa saja yang dipangkas pada Oppo N1 dan apa gantinya di Oppo N1 Mini?. Berikut ulasannya.

Dimensi

Bagian ini yang pertama menyusut dan dapat dilihat kasat mata. Dimensinya mengecil menjadi 148.4 x 72.2 x 9.2 mm dari sebelumnya 170.7 x 82.6 x 9 mm. Cuma lebarnya saja yang bertambah 2 mm. Imbasnya bobot pun jadi ringan, terpangkas 63 gram dari milik Oppo N1 yang 213 gram.

Kamera putarnya masih bercokol dibagian atas. Sesuatu yang memang sejak dulu jadi andalan oppo N1. Inovasi ditengah maraknya kompetisi resolusi kamera depan, yang ternyata membawa kesuksesan tak terduga bagi Oppo sebagai produsen pendatang baru di Tanah Air kala itu.

Dengan kamera yang dapat diputar 207 derajat pengguna tak perlu lagi kamera depan untuk foto selfie. Tinggal putar, lensa dan flash langsung meghadap ke wajah Anda.

Layar

Pengaruh menyusutnya dimensi juga tampak pada layar yang tak lagi menggunakan diagonal kaca berukuran 5.7 inch. Beralih ke ukuran 5.0 inch. Bagian yang dipertahankan ialah penggunaan teknologi IPS LCD yang tetap terpasang pada layar. Namun resolusinya kini menjadi 720 x 1280 pixels dengan kerapatan pixel 294 ppi (Oppo N1 373 ppi).

Memori

Pada Oppo N1 terdapat dua versi smartphone yang dibedakan berdasarkan memori, yakni 16 GB dan 32 GB. Namun pada Oppo N1 Oppo hanya menawarkan versi yang 16 GB saja tetapi tetap dengan tidak adanya dukungan memori eksternal.

Software dan hardware

Sesuatu yang diupgrade akhirnya terlihat pada bagian ini. Oppo menggunakan sistem operasi versi terbaru ColorOS 4.1 yang berjalan pada Android v4.3 Jelly Bean. Antarmuka ini menonjolkan pengelompokan aplikasi dalam satu folder sehingga mudah diorganisir.

Perangkat kerasnya di downgrade,tetapi masih mengandalkan chipset milik Qualcomm, yakni Snapdragon 400 dengan empat inti prosesor dengan clock speed 1,6 GHz dan grafik Adreno 305 (Oppo N1 menggunakan Snapdragon 600, quad core 1,7 GHz, Adreno 320).

Konektivitas

Biar mungil, tetapi Oppo N1 Mini luas dijaringan, sudah mendukung LTE atau 4G. Namun sayang, kini tidak lagi tertanam fitur NFC seperti saudara tuanya. Meskipun demikian Bluetooth tetap pada versi 4.0 yang terbilang cepat untuk transfer file.

Baterai

Menurut Anda sudah cukupkah kapasitas 2140 mAh pada baterai Oppo N1 Mini?. Pasalnya turun cukup jauh dari kapasitas yang dimiliki oleh Oppo N1 yakni 3610 mAh. Namun daya tahan baterai lebih banyak terpengaruh pada cara pakai sipengguna. Jadi tiap orang akan punya asumsi berbeda mengenai hal itu.

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar

Dimasdanz 16 September 2014 - 15:56
yaah NFCnya juga diilangin