Fitur Baru yang Bisa Ditemui di Windows Phone 8.1

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 05 Sep 2014 | 10:00

 

Microsoft device telah secara resmi meghadirkan sistem operasi mobile terbarunya, Windows 8.1, yang sudah diperkenalkan secara global. Selain itu, perusahaan ini juga sudah menyediakan perangkat yang sudah mendukung sistem operasi tersebut, diantaranya adalah Lumia 630 dan Lumia 530.

Namun, tidak hanya kedua sesri tersebut saja yang sudah mampu menjalankan sistem operasi baru Microsoft ini. Bagi pengguna yang sudah memiliki seri Lumia di kelas atas seperti Lumia 1520, 1530 dan Lumia 925 serta Lumia 520, juga sudah bisa merasakan Windows 8.1 yang bisa diupgrade dengan sistem OTA (over the air).

Lalu, apa yang membedakan antar sistem operasi Windows Phone 8 dengan versi terbaru Windows Phone (WP) 8.1 ini. Berikut, kami berikan beberapa fitur yang baru yang dapat ditemukan dalam sistem operasi WP 8.1 ini.

User Interface

Sistem operasi mobile Windows Phone memang masih mengadopsi antarmuka jenis Tiles, tampilan ini lebih menonjol dengan bentuk tampilan khas dalam halaman kolam kotak-kotak. Namun, yang membedakan seri WP 8 dengan seri WP 8.1 adalah sistem personalisasi ikon, pada WP 8.1 kali ini memungkinkan pengguna menempatkan foto sebagai background desktop layar.

Action center

Seperti halnya dalam ponsel basis Android, pada OS WP 8.1  pengguna  juga akan menemukan fitur tampilan yang dibuat lebih rinci, dengan fungsi pemberitahuan yang lebih detail. Sehingga pengguna bisa melakukan swipe dari atas layar ke bawah, untuk menemukan pemberitahuan yang masuk, baik itu panggilan, email, SMS maupun pemberitahuan lainnya.

Application

Dalam pembaharuan versi ini juga, pengguna diberikan fitur bookmark pada aplikasi. Sehingga memungkinkan kedepannya, sistem dapat mempelajari preferensi dan merekomendasikan aplikasi yang sesuai dengan profil pengguna. Serta fitur mengenai peningkatan fungsi musik, yang didalamnya dapat dilakukan kontrol langsung untuk memanajemen konten musik dalam perangkat.

Screen log

Kustom yang diberikan pada fitur kunci layar kali ini adalah bentuk tampilan yang lebih menarik, seperti halnya tema. Pengguna juga diberikan akses untuk mendapatkan jenis kunci layar yang dapat dikustom dimana setiap pengguna Windows Phone memiliki start screen yang berbeda.

Camera

Selain hasil foto dapat langsung didedikasikan sebagai latar belakang gambar desktop, Anda juga akan dapat menemukan tampilan galeri foto yang berbeda. Album foto pada WP 8.1 lebih terorganisir dari sebelumnya, sehingga penempatannya disesuaikan dengan satu waktu dalam album yang berbeda. WP 8.1 juga, menyediakan sebuah fitur Story maker untuk membuat video berdasarkan kumpulan foto yang dimasukkan, yang bisa disisipkan dengan musik nantinya.

Smart SIM Card

Untuk dukunngan konektivitas operator, ponsel dengan basis sistem operasi WP 8.1 kini sudah menyediakan dual slot SIM card jenis GSM yang dapat diaktifkan bersamaan. Selain itu, pengguna juga mendapatkan dukungan fitur smart dual SIM, untuk memanajemen pemakaian pulsa maupun kontak untuk ditelepon dengan kartu SIM card yang 1 atau 2.

OneNote

Pada aplikasi OneNote sendiri, pengguna dapat memanfaatkan fitur yang penambahan alat musik tradisional dalam toolbarnya.  Bahkan, untuk kalkulator sendiri akan diberikan fitur penghitungan formula science.

Android Apps

Windows Phone 8.1 memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi Android, seperti halnya Path, BBM dan aplikasi lainnya. Namun yang lebih mengasyikkan adalah aplikasi tersebut tidak perlu lagi harus dicari file mentahnya (apk), pengguna sudah bisa menemukan aplikasi basis Android tersebut melalui market aplikasi Store milik Microsoft. (Noor)

Baca juga artikel:

Evercoss A76, Octa Core Diharga Rp1,6 juta

Xiaomi Mi Note Pro, Naik Kelas dengan Layar 2K

Ini Cara Blokir SMS Penipuan Mama Minta Pulsa

Artikel Lainnya

Komentar