Oppo F7 Resmi Dirilis, Harga Oppo F5 Makin Turun

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 19 Apr 2018 | 06:41

Oppo F7
Oppo memang telah resmi merilis Oppo F7 ke pasar Indonesia. Oppo F7 sendiri hadir dengan beberapa perubahan dibanding pendahulunya seperti Oppo F3 dan Oppo F5. Perubahan tersebut mencakup desain dengan layar poni mirip iPhone X dan peningkatan pada A.I Beauty Recognition Technology.

Tidak hanya itu, Oppo F7 juga sudah menggunakan layar lebih besar, prosesor terbaru dan opsi RAM lebih besar, serta penggunaan kamera depan dengan peningkatan resolusi. Layarnya memiliki bentang 6,23 inch beresolusi 2.280 x 1.080 pixel dengan aspek rasio 19:9 serta screen-to-body yang mencapai 88%. Oppo F7 juga mengusung fitur full display dengan menyisakan notch (sedikit ruang) di bagian tengah atas layar.  

Peningkatan juga ditemukan pada peningkatan kemampuan pemindaian hingga 296 titik wajah. Menariknya, kamera depan Oppo F7 telah mengalami peningkatan dengan terbenamnya sensor 25MP HDR yang hadir dengan aperture F/2.0.

Sedangkan fungsi HDR terintegrasi secara  hardware, menyajikan hasil foto selfie dengan dynamic range yang tinggi namun tidak terkesan berlebihan. Kamera belakang Oppo F7 tidak jauh berbeda dengan Oppo F5 yaitu memiliki resolusi 16MP dengan aperture f/1.8. 

Oppo F3 Menghilang, Harga Oppo F5 Turun

Oppo F3
Masuknya Oppo F7 ternyata memberi pengaruh yang cukup signifikan pada perangkat di lini yang sama, seperti Oppo F3 dan Oppo F5. Dalam pantauan kami di sentra hp ITC Roxy Mas, Oppo F3 justru sudah menghilang alias discontinue. Beda halnya dengan Oppo F5 yang masih beredar di etalase-etalase toko.

“Untuk Oppo F3 sudah tidak ada yang mencari dan barangnya juga discontinue. Sedangkan Oppo F5 masih lumayan banyak yang mencari, baik yang seken maupun baru,” ujar Willy dari Queens Cell.

Meski demikian, ketersediaan Oppo F5 juga sudah mulai menurun dan tidak semua toko hp di ITC Roxy Mas memiliki stoknya. Seperti yang diungkapkan Santoso dari Jaya Sentosa Cell, untuk Oppo F3 dan Oppo F5 di tokonya sudah tidak ada stok.

“Oppo F3 sudah ga ada stoknya, sedangkan Oppo F5 tinggal stok sisa yang belum terjual. Disini yang paling laku justru Oppo yang harga murah seperti Oppo A83, Oppo A71, dan Oppo A37,” tambahnya.

Untuk harga Oppo F5 terbaru sendiri mengalami sedikit penurunan, dimana banyak toko yang menjual di kisaran Rp3,8 juta. Padahal saat pertama kali rilis harganya adalah Rp3.999.000.

Harga Oppo F3 dan Oppo F5

Oppo F5
Meski sudah langka, namun konsumen masih bisa mencari hp seken Oppo F3. Untuk ketersediaannya juga masih mudah untuk didapatkan. Bahkan kini harga Oppo F3 seken tergolong cukup terjangkau.

Ada dua versi harga Oppo F3 seken yang dijual yaitu batangan (hanya hp dan charger) serta lengkap dengan dus. Untuk harga Oppo F3 batangan mulai dari Rp1,8 juta, sedangkan lengkap dengan dus harganya mulai Rp2,2 juta. Meskipun seken, namun hp ini masih cukup layak dimiliki.

Karena Oppo F3 hadir dengan fitur yang cukup mumpuni, terutama untuk kamu yang gemar foto selfie. Karena Oppo F3 menggunakan dual kamera 16MP + 8MP di area kamera depan.

Sedangkan untuk kamera belakang mengusung kamera utama sebesar 16MP. Kamera ini akan disokong teknologi Phase detection Autofocus hingga OIS dan LED Flash. Kamera utama ini mampu merekam video 4K dengan lebih stabil.

Lalu bagaimana dengan harga Oppo F5? Untuk harga Oppo F5 seken versi batangan dijual mulai Rp2,8 juta dan Oppo F5 seken lengkap dus dijual mulai Rp3,2 juta. Tapi harga tersebut tidak tetap, tergantung dari kondisi barang dan kelengkapannya.

Oppo F5 sendiri telah menanam A.I Beauty Recognition Technology serta hadir dengan layar Full Screen FHD+ dengan rasio 18:9. A.I. Beauty Recognition Technology sendiri merupakan teknologi kecerdasan buatan yang dapat mendeteksi secara detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin, dan usia dari subjek foto. Proses pendeteksian dilakukan pada 254 spot positioning, sehingga bisa menghasilkan foto selfie yang memikat.

Artikel Lainnya

Komentar