Diperbaharui pada Sabtu, 10 Maret 2018 | 12:02

5 Teknologi ini Cuma Ada di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Setelah masa pre-order selesai 5 Maret 2018 lalu, Samsung resmi memperkenalkan flagship generasi terbaru dalam varian Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9 Plus untuk pasar Indonesia. Menariknya, kedua perangkat ini dibawa ke Indonesia tidak lama setelah event Samsung Galaxy Unpacked 2018 selama perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2018 pada tanggal 25 Februari 2018 lalu. 

Kedua perangkat ini hadir dengan mengusung sejumlah inovasi canggih yang lebih meningkat dari generasi sebelumnya. Di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Anda akan menemukan pengalaman baru dalam berinteraksi sosial dan berkomunikasi. Melalui kedua perangkat ini, Samsung ingin memperkenalkan konsep baru kamera pada sebuah smartphone.

Salah satunya adalah penggunaan teknologi dual aperture (f/1.5 dan f/2.4) yang memungkinkan Anda mengambil foto low light dengan lebih baik. Kameranya juga sudah mampu untuk merekam video super slow motion hingga 960 fps. Serta dengan kamera ini pula bisa membuat emoji diri Anda yang jauh lebih personal.   

Lalu bicara spesifikasi, Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus sudah diperkuat chipset Exynos terbaru yang akan disokong RAM 4GB dan RAM 6GB dengan tiga pilihan memori internal yakni 64GB, 128GB dan 256GB.

Inilah harga yang dibanderol untuk Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus : 

  • Samsung Galaxy S9 versi RAM 4GB dan ROM 64GB : Rp 11.499.000
  • Samsung Galaxy S9 Plus versi RAM 6GB dan ROM 64GB : Rp 12.999.000
  • Samsung Galaxy S9 Plus versi RAM 6GB dan ROM 256GB : Rp 14.499.000 

Perbedaan Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Nama Harga di Pasaran Dimensi Berat Ukuran Layar RAM Memori Internal Resolusi Kamera Belakang Resolusi Kamera Utama Lainnya Resolusi Kamera Depan
Samsung Galaxy S9 64GB Rp 9.600.000 147.7 x 68.7 x 8.5 mm 163 g 5.8 inch 4 GB 64 GB 12 MP - 8 MP
Samsung Galaxy S9 Plus 64GB Rp 7.799.000 157.7 x 73.8 x 8.5 mm 189 g 6.2 inch 6 GB 64 GB 12 MP 12 MP 8 MP
Samsung Galaxy S9 Plus 256GB Rp 10.500.000 158.1 x 73.8 x 8.5 mm 189 g 6.2 inch 6 GB 256 GB 12 MP 9 MP 12 MP
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Untuk penjualan perdana Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus rencananya akan dimulai pada 16-18 Maret 2018 di sejumlah lokasi secara bersamaan. Lokasi-lokasi tersebut mencakup Mall Kelapa Gading 3 Jakarta Utara, Central Park Jakarta Barat, Sun Plaza Medan, dan Pakuwon Surabaya. 

Hanya saja, masih ada yang menilai harga yang dibanderol Samsung masih terlalu mahal. Pendapat tersebut memang sah-sah saja, namun jika melihat spesifikasi dan inovasi serta teknologi yang sudah disematkan pada Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus harga diatas masih cukup wajar. Apalagi sampai saat ini Samsung masih menjadi market leader di pasar smartphone dunia. Wajar bila mereka memiliki nilai jual yang tinggi pula. 

Teknologi di Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Nah, agar tidak penasaran, berikut kami uraikan beberapa inovasi teknologi di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus yang mungkin tidak bisa Anda temukan pada perangkat sejenis lain. 

1. Kamera Dual Aperture

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus
Kamera memang menjadi fokus perhatian Samsung pada kedua smartphone teranyar mereka ini. Di Samsung Galaxy S9 telah tertanam sensor dual-pixel generasi terbaru yang diklaim dapat bekerja lebih cepat dan responsif dengan ukuran 12MP.

Tidak hanya itu, Samsung juga telah meningkatkan kemampuan kameranya dengan teknologi dual aperture terbaru yaitu aperture f/2.4 dan f/1.5. Dual aperture ini akan bekerja otomatis dengan menyesuaikan kondisi pencahayaan.

Fungsi dari aperture sendiri mengontrol seberapa banyak cahaya yang masuk ke kamera. Secarea teori, aperture ditandai dengan kode f/1.4, f/1.8, /2.2 dan sebagainya. Semakin kecil angkanya maka semakin besar bukaan yang memungkinkan cahaya masuk lebih banyak. Itu artinya aperture f/1.5 akan lebih terang dibanding aperture f/2.4. 

Jadi saat memotret di kondisi normal dengan banyak cahaya, kamera akan menggunakan aperture f/2.4. Lalu ketika berpindah memotret di kondisi minim cahaya atau low light, maka aperture yang digunakan adalah f/1.5. Dengan aperture f/1.5 foto sangat memungkinkan kamera Samsung Galaxy S9 memotret foto low light.    

Teknologi dual aperture ini juga dimiliki Samsung Galaxy S9+, namun bedanya sudah mengadopsi modul dual kamera. Konfigurasi dual kamera di Samsung S9+ adalah satu kamera 12MP dengan dual aperture f/1.5-f/2.4 dan kamera kedua beresolusi 12MP telephoto dengan aperture f/2.4 yang diklaim bisa hasilkan foto dengan efek bokeh.

2. Video Slow Motion

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus

Kemampuan lebih dari kamera Samsung Galaxy S9 dan S9+ adalah merekam video dalam format slow motion (slow-mo). Di fitur ini, kamera Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus menyematkan kemampuan video slow-motion hingga 960 fps di resolusi 720 pixel. 

Secara teknis, video super slow-mo menangkap objek 0,2 detik dan memainkannya dalam waktu sekitar 6 detik. Fitur ini 32 kali lebih lambat dari video normal yang menampilkan 30 fps, dan empat kali lebih lambat daripada video yang ditampilkan dalam mode gerak lambat 240fps. 

Artinya setiap gerakan pada video akan terekam cukup detail dan memberi kesan dramatis. Tidak hanya itu, pengambilan video ini juga sudah didukung teknologi Motion Detection otomatis, yaitu sebuah fitur yang mampu mendeteksi gerakan objek dalam tiap tangkapannya dan secara otomatis melakukan perekaman.

Kelebihannya Anda hanya menyiapkan dan mengambil gambar tanpa perlu seting apapun. Saat kami menjajal perekamanan video slow-mo ini, hasilnya memang tidak terduga. Gerakan dalam video terekan dengan jelas tanpa ada lag. Video yang dihasilkan jauh lebih menarik dan menawarkan pengalaman baru.

Serunya, video slow-mo yang sudah dihasilkan bisa diedit dengan pilihan reverse (gerakan objek dibuat terbalik), forward dan swing. Benar-benar fitur yang cerdas.

3. Teknologi AR untuk Emoji

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus
Masih di teknologi kameranya. Menggunakan kamera di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus juga menawarkan sesuatu yang invatif, yaitu memungkinkan Anda membuat emoji yang lebih personal. Cukup potret wajah lalu ikuti instruksi berikutnya, maka perangkat akan memetakan 100 fitur wajah untuk menciptakan model 3D yang dapat mencerminkan Anda.

Bahkan emoji yang sudah dihasilkan ini bisa menirukan ekspresi Anda, seperti berkedip dan mengangguk. Setelah selesai, akan dihasilkan 18 emoji karakter Anda. Menariknya, emoji tersebut tersedia dalam format Gif, sehingga memungkinkan Anda untuk membagikannya ke semua smartphone. Jika ingin bereksplorasi lagi, Anda bisa mengubah emoji dengan beberapa karakter lain yang sudah disediakan.

4. Menggunakan Speaker AKG

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus
Menikmati konten multimedia di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus kini semakin memuaskan. Tampilan layar Infinity Display makin dimanjakan dengan audio premium. Karena Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus telah menanam speaker stereo berkualitas tinggi dari AKG. Tidak hanya satu, tapi speaker AKG ini tertanam di kedua sisi.

Tentu tidak ada yang meragukan lagi kuliatas audio yang dimiliki AKG ini. Itu belum termasuk penyertaan teknologi Dolby Atmos untuk menciptakan efek 360 derajat.

5. Fitur Keamanan Lebih Canggih

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus
Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus menjamin keamanan data Anda dari resiko tercuri atau hilang. Pertama, kedua smartphone ini dilindungi teknologi Knox 3.1, sebuah platform keamanan inovasi terbaru dari Samsung. Sehingga data pribadi Anda akan aman.

Lalu yang kedua dari sisi keamanan kunci perangkat. Disini Samsung menghadirkan teknologi Intelligent Scan, yaitu sebuah teknologi verifikasi baru yang secara cerdas mengombinasikan pemindaian iris dan teknologi pengenalan wajah saat membuka kunci perangkat dalam berbagai situasi.

Artinya, jika situasi tidak memungkinkan pendeteksian wajah, maka secara otomatis akan memindai iris mata Anda.  

Masih Bilang Mahal?

Itulah beberapa inovasi dan fitur canggih yang bisa Anda dapatkan hanya di Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus. Bukan itu saja, sebenarnya masih banyak fitur canggih yang sudah ditanamankan Samsung pada kedua generasi terbaru perangkat flagship mereka ini.

Tapi fitur-fitur seperti video slow-mo, emoji AR dan audio dari AKG  memang menawarkan sesuatu yang berbeda dari perangkat sejenis lainnnya. Yang pasti, semua teknologi tersebut telah melalui riset dan pengembangan yang membutuhkan investasi besar. Jadi, masih mau bilang Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus kemahalan?

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2442 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.