Diperbaharui pada Kamis, 26 November 2020 | 10:10

8 Mobil Hatchback Terbaik Favorit Milenial, Ternyata Bukan Hanya Jazz

Generasi muda atau milenial saat ini pastinya memiliki mobil impian atau mobil favorit sendiri untuk dikendarai. Mulai dari jenis mobil hatchback, sedan, hingga MPV, meski tak jarang beberapa memilih menggunakan city car bertipe family car karena memikirkan keluarga besarnya.

Terlepas dari itu, tipe hatchback saat ini jadi favorit geng milenial terkait dengan desain dan juga fitur yang futuristik, dan tentunya kece dipakai nongkrong.

Mobil berbasis sedan dengan bagian belakang bergaya pendek ini terkenal dengan desain yang ringkas, namun tetap fungsional sehingga sangat digandrungi oleh masyarakat, terlebih anak muda.

Tercatat, ada banyak produsen mobil melahirkan hatchback terbaik dan tercepat beberapa tahun kebelakang. Model Honda Jazz sempat menjadi primadona dengan desain sporty luxury yang membuat kaum muda tersihir untuk memilikinya.

Nah, kali ini Pricebook merekomendasikan beberapa mobil hatchback terbaik dan terfavorit untuk dijadikan kendaraan milenial sehari-hari selain Honda Jazz.

1. All New Toyota Yaris

all new yaris

Memasuki generasi ketiga, Toyota Yaris kembali hadir di Indonesia. Mengusung nama All New Toyota Yaris, seri hatchback milik Toyota ini hadir dengan versi facelift dan menawarkan tampilan yang jauh lebih segar melalui aksen garis yang lebih tebal.

Penambahan lampu depan dengan proyektor, grille depan berwarna hitam yang seakan menyatu dengan bagian bumper serta LED DRL yang dirancang menyatu dengan bumper bagian depan.

Tak hanya desain, All New Toyota Yaris juga menawarkan upgrade di sektor ban berukuran 15 inci dengan model yang lebih baru. Toyota menawarkan pilihan mesin yakni 1.500 cc, terdapat pula sistem transmisi manual dengan 5 percepatan dan sistem transmisi matic dengan 7 percepatan.

Terkait harga, hatchback terbaik Toyota ini dilego dikisaran harga Rp230 jutaan untuk tipe standar, untuk tipe TRD Sporty mungkin sedikit merogoh kocek lebih dalam.

2. Honda Civic Turbo Hatchback

honda civic hatchback

Bertajuk Honda Civic Turbo Hatchback, mobil satu ini diproyeksikan untuk konsumen setia Honda yang ingin naik kelas dari Honda Jazz, konsumen baru kalangan muda termasuk fans dari Honda Civic series dan penggemar mobil jenis hatchback di Indonesia.

Menjadi salah satu varian mobil yang paling dinantikan oleh generasi muda, Honda Civic Turbo Hatchback menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc turbo yang sanggup hasilkan tenaga hingga 171 hp.

Selain itu, mobil satu ini juga diklaim bisa melesat lebih cepat ketimbang varian sedan dengan kecepatan 0-100 km/jam dalam 7,7 detik karena memliki bobot yang jauh lebih ringan.

Lewat performa mesin tersebut, hatchback terbaik Honda ini dikisaran Rp480 jutaan, bagi yang ragu memilih tipe hatchback, Honda juga tetap menyiapkan versi sedannya.

3. Suzuki Swift

suzuki swift

Selanjutnya adalah Suzuki Swift, hatchback PT Suzuki Indomobil Sales pernah jadi lawan head to head honda jazz di zaman keemasannya. Namun, seiring banyaknya pilihan jenis mobil, Swift mulai terlihat jarang melintas di jalanan ibu kota.

Suzuki Swift hadir dengan dukungan platform Heartect generasi kelima, serta model yang lebih segar dengan ukuran yang lebih lebar 40 mm dan wheelbase berukuran 20mm lebih panjang.

Soal performa, Suzuki Swift menggunakan mesin bensin VVT berkapasitas 1.2 liter dan mesin diesel DDiS 190 1.3-liter. Hasilnya, mobil satu ini mampu hasilkan kecepatan torsi 84,3 PS dan 115 Nm untuk mesin bensin dan torsi 75 PS dan 190 Nm untuk mesin diesel.

Tawarkan transmisi manual dan otomatis dengan 5 percepatan, Suzuki Swift juga dilengkapi dengan proyektor LED dengan LED DRL, sistem entertainment yang lengkap termasuk dukungan Android Auto, Apple CarPlay dan MirrorLink, serta dua buah airbag.

4. Mazda 3 Hatchback

mazda 3 hatchback

Menjadi pesaing kuat bagi Honda Civic Turbo Hatchback, Mazda 3 Hatchback tampil sporty dengan dimensi bodi berukuran 4.475 x 2.700 x 1.465 mm dan jarak sumbu roda 2.700 mm.

Terkait performa, mobil hatchback terbaik Mazda ini menggunakan mesin 4-silinder 2.0 liter Skyactiv-G dengan daya hingga 165 PS dan torsi maksimum 210 Nm.

Dijual dengan harga mulai kisaran Rp400 jutaan, Mazda 3 Hatchback juga membawa desain khas KODO yang menjadi ciri khas dari mobil Mazda.

Sementara itu, terdapat pula lampu depan otomatis, LED dengan fitur auto levelling dan AFS, lampu kabut LED, spion otomatis dan sein LED. Bagian velg menggunakan material alloy berukuran 18 inci.

Fitur lain dari Mazda 3 Hatchback adalah material kulit berwarna hitam pada jok dan lingkar kemudi, AC otomatis, keyless entry, touchscreen berukuran 7 inci sebagai sarana hiburan yang terintegrasi dengan layanan GPS MZD Connect¸kendali traksi TCS serta kontrol stabilitas DSC (dynamic stability control).

5. Suzuki Baleno Hatchback

suzuki baleno hatchback

Suzuki Baleno Hatchback bisa dikatakan sebagai pembunuh sang saudara sekandung Suzuki Swift. Terlahir dengan model sedan, Baleno bertransformasi menjadi versi hatchback.

Hadir dengan pilihan mesin diesel 1,2 liter, mesin turbo Boosterjet 1 liter dan mesin naturally aspirated 1,2 liter yang sanggup hasilkan tenaga hingga 110 hp dan torsi maksimum 170 Nm.

Ditawarkan dengan banderol mulai dikisaran Rp160 jutaan, Suzuki Baleno Hatchback sudah menggunakan velg ring 16 inci dengan ban berukuran 195/55 yang memberikan kesan gagah, keyless entry untuk memudahkan pengoperasian.

Ada juga tambahan tombol audi dan tombol Bluetooth pada bagian stir, lampu High Density Discharge (HID) plus Daytime Running Light (DRL), serta AC yang sudah dilengkapi fitur climate control dan heater sehingga kamu bisa mengatur suhu kabin sesuai dengan keinginan.

6. Honda Brio RS

honda brio

Selanjutnya terdapat Honda Brio RS yang sudah menjadi perhatian kalangan muda sejak pertama diperkenalkan. Kini Brio hadir dengan desain lebih segar melalui desain bumper berbentuk memanjang ke bawah, Honda Brio RS juga menggunakan lampu proyektor yang juga dipakai oleh Mobillio RS.

Berpindah ke bagian kaki, mobil ini dilengkapi velg dengan ukuran 15 inci yang ditawarkan dengan dua opsi warna berbeda yakni chrome dan hitam.

Di sektor performa, Honda Brio RS menggunakan sistem SOHC i-VTEC dengan kapasitas mesin 1,2 liter yang sanggup hasilkan tenaga maksimal hingga 78 hp, ditambah sistem transmisi manual dan otomatis dengan 5 percepatan.

7. MINI Countryman

mini countryman

Rilis pertama di Eropa, BMW Group Indonesia tak menunggu lama untuk memboyong MINI Countryman ke tanah air dan langsung jadi favorit. Di sektor tampilan, MINI Countryman generasi anyar ini akan memiliki bentuk yang lebih lebar ketimbang seri terdahulu, termasuk upgrade pada sektor interior dan eksterior.

Soal performa, MINI Countryman akan hadir dalam 2 opsi yakni mesin 1.500 cc 3 silinder dengan kecepatan hingga 134 hp dan torsi maksimum hingga 220 Nm, mesin 2.000 cc 4 silinder yang sanggup hasilkan tenaga hingga 192 hp dan torsi hingga 280 Nm.

Terkait harga, hatchback terbaik dengan fitur mewah ini dijual dengan harga kisaran mulai dari Rp600 jutaan.

8. VW Golf

volkswagen golf

Mobil hatchback terbaik favorit anak muda terakhir adalah VW Golf. Mobil satu ini merupakan varian hatchback paling laris di Eropa, di Indonesia sendiri desain Golf yang khas sudah menjadi incaran generasi milenial saat ini.

Tampil mewah dengan jok berbahan kulit, dashboard yang sudah disertai virtual cockpit display dan layar sentuh berukuran 12,5 inci, VW Golf andalkan mesin bensin 1 liter 3 silinder turbocharged yang performanya tak perlu diragukan lagi.

Tersedia pula mesin modifikasi turbo 1,4 liter 4 silinder khusus untuk pasar Indonesia.

 

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1658 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.