Diperbaharui pada Rabu, 20 Desember 2017 | 17:55

Xiaomi Redmi 5A Dijual Rp999 Ribu, Ini 5 Kelebihannya

Xiaomi Redmi 5A
Xiaomi membuat heboh pasar hp di Tanah Air. Karena hari ini mereka merilis model terbaru dalam seri Xiaomi Redmi 5A. Dilengkapi spesifikasi mumpuni seperti kamera 13MP, prosesor Qualcomm Snapdragon 425, RAM 2GB, memori internal 16GB, MIUI 9, dan baterai 3000mAH, Xiaomi Redmi 5A hanya dipasarkan dengan harga Rp999.000 saja.

Vendor asal Tiongkok ini mengklaim jika Xiaomi Redmi 5A adalah hp terbaik dikelasnya. Alasan yang cukup masuk akal jika melihat konfigurasi fitur dan spesifikasi yang sudah tertanam didalamnya. Apalagi harga yang dibanderol untuk hp ini sangat diluar perkiraan.

Xiaomi Redmi 5A hadir dengan layar 5 inci beresolusi HD yang dibalut material metal. Dibekali kamera utama dengan sensor beresolusi 13MP lengkap bersama fitur PDAF, RAM 2GB plus memori internal 16GB, serta menanam baterai berkapasitas 3000mAh.

Menurut Donovan Sung, Director of Product Management and Marketing Xiaomi Global, Xiaomi Redmi 5A memiliki keunggulan hampir di semua sisi dibanding kompetitor. Mulai dari kamera, OS yang digunakan, baterai, prosesor hingga memori. “Dari sisi harga dan spesifikasi yang ditanam, Xiaomi Redmi 5A akan menjadi hp terbaik dikelasnya,” ujar Donovan Sung.

Hal ini membuktikan komitmen serius Xiaomi untuk pasar Indonesia dengan menghadirkan kualitas dan harga terbaik untuk penggunanya. Berikut keunggulan Xiaomi Redmi 5A dibanding kompetitor :

1. Prosesor Qualcomm Snapdragon 425

xiaomi redmi 5a
Ini merupakan prosesor yang unggul dalam konsumsi daya. Diperuntukkan untuk hp kelas menengah, chipset ini memiliki kecepatan clock hingga 1.7GHz. Sudah banyak vendor yang menggunakan prosesor ini untuk produk mereka. Dengan penggunaan prosesor ini, Xiaomi Redmi 5A jelas lebih unggul dibanding hp lain dikelasnya.

2. MIUI 9 dengan Android Nougat

Image via Cashify

Sebagai hp rilisan terbaru, Xiaomi Redmi 5A tentu sudah dibekali dengan OS Android Nougat. Menariknya, Xiaomi memasang MIUI 9 yang memiliki keunggulan tersendiri. MIUI 9 ini merupakan interface teranyar dari Xiaomi yang jauh lebih ringan dibanding generasi sebelumnya. Salah satu fitur MIUI 9 yang cukup menarik adalah split screen, yang memungkinkan pengguna menjalankan dua aplikasi bersamaan dalam satu layar. Tidak hanya itu, Xiaomi juga menambahkan fitur smart photo editing yang dapat digunakan untuk menghapus objek yang tidak diinginkan  dalam foto.   

3. RAM 2GB dan ROM 16GB

Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A dibekali dengan RAM 2GB dan ruang penyimpanan internal 16GB yang bisa diperbesar melalui slot MicroSD. Meski terbilang standar, namun dengan harga yang ditawarkan konfigurasi ini melampaui kemampuan kompetitor dikelasnya.

4. Kamera 13MP

Kamera menjadi salah satu keunggulan Xiaomi Redmi 5A yang mungkin tidak bisa ditemukan pada perangkat lain dikelasnya. Hp ini sudah dibekali kamera utama 13MP yang didukung fitur Phase Detection Autofocus (PDAF) yang akan mempercepat waktu fokus. Selain itu, kameranya juga memiliki aperture f/2.2 yang menawarkan hasil foto yang terang dan jernih. Untuk kamera depannya sendiri memiliki resolusi 5MP dengan aperture f/2.0 yang hadir dengan mode Beautify untuk menghasilkan foto selfie terbaik.

5. Baterai 3000mAh

Keunggulan lain dari Xiaomi 5A dibandingkan hp lain dikelasnya ada pada penanaman baterai yang cukup besar. Jika hp komptitor direntang harga yang lebih mahal hanya menggunakan baterai berkapasitas 2600mAh, Xiaomi Redmi 5A justru sudah memasang baterai 3000mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan hingga seharian untuk penggunaan aktif. Jadi pengguna tidak repot harus mengisi baterainya berulang-ulang.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1.2
Ukuran Layar 5 inch
Screen Resolution 1280 x 720 Pixel
Detail Prosesor Snapdragon 425
Jumlah Core Quad Core
Kecepatan CPU 1.4 GHz
GPU Adreno 308
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera Belakang 13 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
USB microUSB
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Harga dan Ketersediaan


Dalam paket penjualannya, Xiaomi Redmi 5A akan dibundling dengan Indosat Ooredoo pra bayar dan pasca bayar mulai 27 Desember 2017. Untuk penjualan offline, hp ini dapat dibeli melalui gerai Indosat, Erafone dan Authorized Mi Store. Sedangkan untuk penjualan online, Xiaomi bekerjsama dengan Lazada yang menawarkan paket bundling pra bayar Indosat Ooredoo dengan harga Rp999.000.

Baca juga artikel :

Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus Dirilis Bawa Layar 18:9 

Hp Xiaomi Sudah Diproduksi di Indonesia Lho, Ini Buktinya! 

Xiaomi Redmi Note 5A Resmi Rilis di Indonesia, Harga Rp1,5 Juta 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.