Mencuci Hijab dan Batik Kini Lebih Bersih dan Awet dengan UltraEco Washer

Oleh Tedi Yuni A updated Kamis, 14 Des 2017 | 23:23

Electrolux EWF85747 EWF10847

Batik dan hijab dalam pencuciannya membutuhkan perawatan ekstra hati-hati. Apalagi hijab berbahan satin ataupun batik bahan dobi maupun sutra, jika salah dalam pencucian bisa membuat serat kain cepat rusak dan warna tidak cerah.

Biasanya untuk mendapatkan hasil cucian yang bersih dan awet untuk hijab maupun batik, terutama yang berbahan halus, biasanya dilakukan secara manual dengan tangan. Hanya saja cara tersebut secara waktu tidak efesien dan melelahkan.

Jika pun mencuci hijab dan batik menggunakan mesin cuci bukaan depan, biasanya konsumen menggunakan program ‘cotton’ dengan suhu normal dan tidak memanfaatkan fungsi pemanas yang ada karena takut listrik akan turun. Jadi mencuci sambil setrika pakaian tidak bisa dilakukan sekaligus oleh ibu-ibu ataupun asisten rumah tangga.

Menjawab keluhan itu, Electrolux menawarkan UltraEco Front Load Washer, sebuah mesin cuci bukaan depan dengan program khusus merawat hijab dan batik yang tidak dimiliki mesin cuci lain. Jaminan kain hijab dan batik bersih maksimal, tampak baru serta tidak merusak serat kain dijanjikan oleh Electrolux.

Electrolux EWF85747 EWF10847

Selain itu, mesin cuci bukaan depan Electrolux ini diklaim hemat energi hingga 70% dengan pemakaian daya listrik maksimal 350 watt per siklus. Dikatakan oleh Hendra Pawitra, Product Marketing Manager Electrolux Indonesia, jadi ibu-ibu tidak perlu takut lagi biaya listrik diakhir bulan akan membengkak atau listrik di rumah akan turun ketika menggunakan UltraEco Front Load Washer.

“Mesin cuci ini juga tidak dilengkapi pemanas (heater) yang bisa memakan daya listrik besar serta merusak warna pakaian,” kata Hendra.

Untuk membuktikan kecanggihan mesin cuci terbarunya, Iffan Suryanto, Presiden Direktur PT Electrolux Indonesia, beserta teamnya, dalam peluncuran UltraEco Front Load washer di Rumah Maroko, (14/12), Menteng, Jakarta Pusat, memberikan demo pencucian batik dan hijab yang disaksikan oleh Lulu Elhasbu (fashion & lifestyle blogger), Barli Asmara (fashion designer), dan wartawan yang hadir.

Electrolux EWF85747 EWF10847

Hasilnya, mesin cuci bukaan depan UltraEco Front Load Washer hanya membutuhkan daya listrik sebesar 240,5 watt untuk mencuci hijab, sedangkan untuk mencuci batik hanya dibutuhkan daya listrik 217,8 watt per siklus. “Daya listrik yang paling besar sebenarnya saat memeras (spin) untuk sebuah mesin cuci,” terang Hendra.

Electrolux UltraEco Front Load Washer sendiri tersedia dalam dua pilihan, yakni seri EWF85747 (7,5kg) dan seri EWF10847 (8kg). Keduanya dilengkapi UltraEco System untuk hemat daya listrik, fitur Add Clothes, yang memberikan kebebasan menambahkan pakaian selama lampu ‘Add Clothes’ menyala. 

“Pengguna juga bisa memilih penggunaan deterjen bubuk ataupun cair dengan adanya fitur ‘Flexi Dose’. Ditambah lagi dengan desain XXL Door yang membuat proses memasukan dan mengeluarkan pakaian menjadi lebih mudah,” tambah Hendra.

Electrolux EWF85747 EWF10847

Untuk memastikan hijab dan batik tidak rusak saat dicuci, Electrolux UltraEco Front Load Washer dilengkapi ‘Leaf Lifter’ dan ‘lily Drum’ yang memastikan adanya proses bantingan halus, selembut mencuci dengan tangan, sehingga pakaian berbahan halus seperti hijab dan batik lebih bersih dan awet.

Tips Mencuci Hijab dan Batik Menggunakan Mesin Cuci

Dalam kesempatan yang sama Lulu Elhasbu, fashion & lifestyle blogger, dan Barli Asmara, fashion designer, berbagai tips bagaimana mencuci hijab dan batik tanpa merusak serat kain meskipun bahan halus. Berikut tipsnya.

Tips mencuci hijab dengan mesin cuci

  1. Pisahkan hijab berdasarkan warna dan bahan, terutama yang mudah luntur. Pastikan tidak ada jarum pentul atau peniti yang masih menempel pada hijab.
  2. Cuci hijab dengan pilihan deterjen yang lembut, lebih baik pilih deterjen khusus hijab.
  3. Pilih program mencuci pakaian lembut pada mesin cuci Anda. Akan lebih baik jika ada program khusus mencuci hijab.
  4. Jangan jemur hijab diterik matahari langsung karena dapat membuat warna kain menjadi pudar. Cukup angin-anginkan saja.

Tips Mencuci batik dengan mesin cuci

  1. Jika mencuci batik pertama kalinya, sebaiknya rendam batik terlebih dahulu dalam air hangat. Ini untuk memastikan tidak ada sisa pewarna yang dapat luntur nantinya. Setelah tahapan ini, baru batik bisa dicuci menggunakan mesin cuci.
  2. Pisahkan proses mencuci antara batik berwarna terang dengan yang gelap.
  3. Disarankan untuk menggunakan deterjen khusus batik atau shampo. Pilih program mencuci untuk kain halus atau mencuci batik jika ada. Matikan program pengeringan dengan pemanas karena bisa merusak warna pakaian.
  4. Hindari menjemur batik di bawah sinar matahari langsung. Lapisi dengan kain bersih saat menyetrika batik.

Baca juga artikel

Mesin Cuci Electrolux UltimateCare: Spesifikasi dan 18 Fitur yang Dimiliki

4 Kelebihan Mesin Cuci Samsung AddWash Combo Dryer

Seberapa Lama Usia Mesin Cuci Anda Seharusnya? Ini Idealnya

Artikel Lainnya

Komentar