Olympus OMD E-M10 Mark III, Kamera Mirrorless 4K Anti Blur

Oleh Nur Abdillah updated Selasa, 12 Des 2017 | 14:20

Olympus OMD E-M10 Mark III
Olympus memperkenalkan varian kamera mirrorless terbaru mereka ke pasar Indonesia. Kali ini mereka membawa Olympus OMD E-M10 Mark III yang sangat cocok untuk Anda yang gemar traveling. Model baru ini  penerus dari Olympus OMD E-M10 Mark II, dan sudah dilengkapi dengan prosesor gambar TruePic VIII yang membantu meningkatkan kinerja saat memotret low light dan Olympus terkenal dengan In Body 5-axis Image Stabilization (IBIS).

Dengan 121 poin AF seperti yang ditemukan pada rekaman film handheld OM-D E-M1 Mark II dan resolusi 4k UHD, fitur OM-D E-M10 Mark III yang baru ini dikemas untuk para traveler, vlogger, blogger dan yang memiliki mobilitas tinggi.

Teknologi 5-Axis Image Stabilizer

Olympus OMD E-M10 Mark IIIOlympus OMD E-M10 Mark III menggunakan teknologi canggih In Body 5-Axis Image Stabilization yang memungkinkan Anda memotret dengan mobilitas dan kebebasan yang lebih leluasa dibanding kamera lain di kelasnya. Ukuran yang kompak dan ringan memberikan fleksibilitas pemotretan genggam (Handheld Shooting) yang mudah digunakan untuk pemula fotografi dengan beragam minat subjek.

Fungsi Image Stabilizer (IS) secara umum berguna untuk mendapatkan hasil gambar yang stabil dan tajam ketika memotret dengan kondisi low light (yang membutuhkan slow speed ) atau saat kondisi kamera terguncang ketika dalam mode video recording. Teknologi IS (image stabilizer) di kamera ini yang secara efektif melawan guncangan kamera hingga maksimal empat langkah kecepatan rana ( 4,5 stop ) dari kinerja kompensasi untuk menghasilkan hasil pencitraan genggam yang sangat tajam.

Olympus OMD EM10 Mark IIITeknologi 5-axis image stabilizer untuk foto anti blur

Fitur penstabil gambar yang terdapat pada body kamera Olympus OMD E-M10 Mark III bekerja dengan cara menggerakan image sensor sesuai arah gerakan pada sumbu x dan y, gerakan pitch (seperti gerakan mengangguk), yaw (seperti gerakan menggeleng) dan rolling (seperti gerakan lensa memutar), dimana stabilisasi untuk mencover gerakan Rolling ini yang sangat dibutuhkan saat pengambilan video.

Dari landscape  sudut lebar, portrait, human interest, perjalanan, film, close-up makro sampai tele foto untuk aksi olahraga, semua bias dilakukan dengan mudah pada kamera ini. Berkat IS 5-axis pada OMD E-M10 Mark III, pengguna dapat memotret dengan kecepatan shutter lambat tanpa khawatir blur. Ketika kamera sedang merekam movie, gambar menjadi jauh lebih stabil layaknya perekaman movie oleh Professional  Videographer.

Kamera pun menjadi ringan karena tidak memerlukan alat stabilizer tambahan seperti Gymbal dan tripod yang tentu akan sangat merepotkan ketikadi bawa traveling. Terpenting dari semua itu, tentunya gambar tetap berkualitas tinggi dan tetap tajam.    

Fitur Olympus OMD E-M10 Mark III 

Olympus OMD E-M10 Mark IIIOlympus OMD E-M10 Mark III dirancang tidak hanya untuk yang sudah mahir fotografi. Bahkan pengguna yang baru pertama kali memakai kamera DSLR atau mirrorless pun bisa dengan mudah menggunakannya. Auto Mode kamera ini sangat powerfull untuk menyesuaikan semua pengaturan untuk setiap situasi dengan presisi, sehingga anda bisa memotret dengan mudah. 

Kamera ini dibekali dengan empat mode bidikan tambahan yaitu AUTO, SCN (Scene), mode AP (Advanced Photo) dan ART (Art Filter). Mode pemotretan tersebut ditambahkan pada tombol mode untuk memudahkan akses. Mode AP ada salah satu scene yang menarik adalah Light Trails atau sering dikenal dengan Star Trails, pemotretan Star Trails ini harus dilakukan pengaturan secara professional, tetapi di E-M10 Mark III pengguna hanya perlu masuk ke mode AP dan pilih  Nightscape dan pilih “Light Trails”.

Sama seperti pendahulunya, memiliki OM-D E-M10 Mark III highspeed AF yang memastikan focus kilat pada subyek yang bergerak cepat untuk menangkap gambar yang indah, tajam dan terfokus. Ada peningkatan dari 81 titik AF menjadi 121 titik AF yang ditemukan pada model unggulan OM-D E-M1 Mark II yang mencakup sebagian besar area pencitraan, sehingga Anda dapat memfokuskan subjek di manapun pada monitor.

Namun berbeda dengan seri sebelumnya OM-D E-M10 Mark II, kamera OM-D E-M10 Mark III yang baru hadir dengan fungsi perekaman 4K dan full HD untuk memastikan rekaman video berkualitas tinggi. Mode 120-fps High-speed Movie juga menjamin momen perekaman kedua dan putaran gerak lambat yang biasanya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang.

Terkoneksi ke Hp

Olympus OMD E-M10 Mark III
Kamera mirrorless Olympus OMD E-M10 Mark III juga memiliki koneksivitas tanpa kabel yang kinerjanya semakin ditingkatkan dengan menggunakan jalur Wi-fi. Kamera ini dapat terhubung dengan perangkat lain yang memiliki fitur koneksi Wi-fi juga seperti tablet atau hp, yang berjalan dengan platform Android atau iOS.

Dimana Olympus menyediakan aplikasi bernama OIS (Olympus Image Share) yang dapat diunduh secara gratis melalui Play Store dan App Store. Dengan aplikasi ini, pemotretan oleh kamera OMD E-M10 Mark III dapat di-remote tanpa kabel dari kejauhan melalui hp. Tak hanya itu, parameter fotografi, serta fitur-fiturnya bahkan gerakan zoom lensa pun dapat dikendalikan dari hp. 

Dengan menu remote di Olympus Image Share, melalui LCD hp, Anda juga dapat melakukan pemotretan dalam kondisi extreme seperti Low Light, moving subject, nightscape dan melakukan group selfie dengan lensa wide 14-42mm EZ. Hasilnya langsung ada di penyimpanan smartphone. Sehingga memudahkan untuk share hasil foto dan video dari kamera langsung ke akun media social Anda.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Ukuran Sensor 17.3 x 14 mm
Resolusi Kamera 16 MP
Minimum Shutter Speed 60 s
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Ukuran Layar 3 inch
Max Video Resolution 3840 x 2160 Pixel
Video Formats H.264, MP4
Viewfinder Type Electronic
Image Stabilisation Ya
Frame Rate 24, 25, 30, 50, 60 fps
Dimensi 122 x 84 x 50 mm
Berat 410 g
Tipe Baterai BLS-Series
Battery Model BLS-50

Harga Olympus OMD E-M10 Mark III di Indonesia

Kamera mirrorless tebaru Olympus ini sudah hadir di Indonesia dengan paket penjualan Olympus OMD E-M10 Mark III plus lensa 14-42mm EZ seharga Rp 12.499.000. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kartu memori SD berkapasitas 32GB class 10 secara gratis.

Baca juga artikel :

Intip Performa Kamera 'amphibi' Terbaru Olympus Tough series TG-5 

Olympus PEN E-PL8, Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Foto Selfie 

11 Fitur Unggulan Kamera Mirroless Olympus OM-D E-M1 Mark II 

Artikel Lainnya

Komentar