Ricoh Theta V Rilis Di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

Oleh Nur Abdillah updated Sabtu, 9 Des 2017 | 11:50

Ricoh Theta V
Ricoh menunjukkan eksistensi mereka di pasar kamera 360 dengan meluncurkan Theta V ke pasar Indonesia. Masih berada di lini Ricoh Theta series, Theta V membawa banyak perubahan yang cukup signifikan. Selain menghasilkan gambar tajam dengan kemampuan merekam video dalam format 4K, Ricoh Theta V juga menambahkan teknologi 3D 360 derajat spatial audio.

Menurut  Genichiro Takaoka, Strategic Area Sales Department Asia Oceania Group Ricoh Imaging Company, kehadiran Ricoh Theta V dapat menunjang kebutuhan konsumen akan kamera 360. Karena melalui kamera 360 mereka dapat mengabadikan situasi dan kondisi yang nyata. Apalagi dengan kualitas yang ditawarkan Ricoh Thetta V melalui resolusi 14MP untuk foto dan perekaman video dalam format 4K.

“Dengan fitur dan spesifikasi yang dimiliki, Theta V akan menjadi kamera 360 terbaik yang ada di Indonesia. Dan akan memperkuat posisi Ricoh sebagai leader di pasar kamera 360,” ujar Genichiro Takaoka.

Selain kualitas, Ricoh Theta V sangat mudah digunakan untuk pengguna pemula. Ada 4 langkah saat menggunakan Theta V, yaitu  capture (mengambil foto atau merekam video), edit (hasilnya bisa diedit agar lebih maksimal), view (melihat hasilnya) dan share (bisa langsung dishare ke orang lain.

Fitur dan Spesifikasi Ricoh Theta V

1. Desain

Ricoh Theta V
Tidak hanya dibekali kualitas yang terbaik, namun Ricoh Theta V juga dibuat dengan desain yang simpel agar mudah digunakan. Dimensinya berkisar 45.2 x 130.6 x 22.9mm dengan bobot 121 gram, sehingga sangat nyaman saat berada digenggaman. Bahkan tidak terlalu terasa saat dimasukkan kedalam saku. Bahkan desain yang diterapkan pada Ricoh Theta V diganjar dengan penghargaan Good Desigh Award 2017 (best 100) di Jepang.

2. Prosesor Qualcomm

Untuk performanya sendiri, Ricoh Theta V sudah menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon. Penggunaan prosesor ini tentu membuat Theta V memiliki kinerja yang lebih meningkat dibanding generasi sebelumnya. Peningkatan tersebut mencakup kecepatan memproses gambar, kecepatan transfer wireless, serta lebih hemat daya. Yang menarik, penggunaan prosesor Qualcomm ini juga membawa fitur fast charging untuk pengisian ulang baterai yang lebih cepat.

3. Merekam Video 4K

Salah satu fitur baru yang diterapkan Ricoh Theta V adalah kemampuan merekam video 4k. Menurut Genichiro Takaoka, Ricoh Theta V bisa merekam video 360 dalam format 4K dengan resolusi 3840 x 1920p pada kecepatan 30 fps. Sehingga akan menghasilkan gambar yang jauh lebih reslistis dan detail. 

Ricoh Theta V
4. Lensa 14MP

Sebagai generasi terbaru, tentu Ricoh Theta V dibekali dengan kualitas yang lebih baik. Termasuk pada penggunaan sensor untuk menghasilkan gambar terbaik. Di Theta V sudah tertanam sensor beresolusi 14MP yang sanggup menghasilkan foto 360 berkualitas tinggi baik dalam sensitifitas rendah maupun tinggi. Tidak hanya itu, Theta V juga diklaim bisa menghasilkan foto dengan noise rendah. 

5. Spatial Audio

Menjadi salah satu teknologi terbaru yang sudah ditanam pada Ricoh Theta V. Teknologi ini memungkinkan pengguna menikmati gambar 360 dengan audio 360. Kelebihannya suara terdengar jau lebih realistis. Teknologi ini akan terasa maksimal ketika menikmati foto atau video 360 menggunakan VR (virtual reality) dan headset audio.

6. Microphone 4 Channel

Untuk menghasilkan suara terbaik, Ricoh Thate V memasang 4 microphone terintegrasi yang memungkinkan perangkat merekam audio dari 4 sudut. Hasilnya akan dikonversi secara otomatis menjadi audio spatial 360 yang natural. 

Harga Ricoh Theta V di Blibli

Saat ini, Ricoh Theta V sudah resmi dijual di Indonesia dengan metode pre order. Untuk melakukan pre order Ricoh Theta V ini, konsumen bisa mengunjungi situs Blibli.com mulai 7 – 15 Desember 2017 dengan harga Rp 6.650.000. Selam masa pre order konsumen akan mendapatkan bonus berupa Manfrotto Pixi Mini Tripod dan Ricoh Attachment Original.

Baca juga artikel :

7 Fitur Unggulan Kamera Terbaru Ricoh WG-50 yang Perlu Anda Ketahui 

Ricoh Pentax KP, Kamera DSLR Jagoan Low Light 

Kamera DSLR Tahan Air Terbaru, Ricoh Pentax K-70 

Artikel Lainnya

Komentar