Diperbaharui pada Rabu, 18 Oktober 2017 | 09:50

Harga Xiaomi Mi A1 Di ITC Roxy Mas dan ITC Cempaka Mas

Xiaomi Mi A1
Xiaomi memang telah resmi merilis hp anyar mereka untuk pasar Indonesia dalam seri Xiaomi Mi A1. Hp ini dijual dengan harga bersaing membawa sederet fitur dan kemampuan ala hp kelas flagship. Ada 7 keunggulan Xiaomi Mi A1 yang bisa menjadi daya tarik, salah satunya adalah keberadaan dual kamera belakang.  

Untuk fitur dual kameranya, Xiaomi membekali Mi A1 dengan dukungan fitur 2x optical zoom. Itu belum termasuk penambahan fitur Beautify 3.0 yang akan mempercantik wajah dalam berbagai warna kulit.

Dual kamera di Xiaomi Mi A1 memiliki konfigurasi lensa telefoto 50 mm sebagai kamera utama dan sebuah lensa wide-angle lengkap dengan fitur depth of field. Untuk lensa telefoto 50mm memiliki resolusi 12MP dan resolusi yang sama 12MP untuk lensa 26 mm wide-angle yang menawarkan pengalaman kamera DSLR. Hasil foto Xiaomi Mi A1 memang terlihat begitu memukau dengan kualitas yang sangat baik.

Tidak hanya kamera, Xiaomi Mi A1 juga menarik berkat penggunaan OS Android One. Berkat penggunaan Android One, nantinya pengguna tidak akan menemukan bloatware (aplikasi bawaan) pada hp Xiaomi Mi A1. Gantinya, Anda bisa memanfaatkan sejumlah fitur khas Google seperti Google Photo dan Google Assistant. Selain itu, Xiaomi pun menjanjikan bahwa hp Android One ini akan mendapatkan update ke OS Android 8.0 Oreo pada akhir tahun 2017 mendatang. 

Untuk penjualannya sendiri, Xiaomi memasarkan melalui program flash sale Mi A1 di Lazada sejak tanggal 2 Oktober 2017 lalu. Selama beberapa kali flash sale, Xiaomi Mi A1 selalu sold out dalam waktu yang cepat. Sehingga banyak konsumen yang kehabisan saat ingin membeli Xiaomii Mi A1.

Namun bagi Anda yang belum berhasil mengikuti flash sale Lazada bisa membelinya secara online di beberap e-commerce lain. Bahkan kini Anda bisa mendatangi toko-toko di sentra hp seperti ITC Roxy Mas dan ITC Cempaka Mas. Karena sudah ada beberapa toko yang menjual Xiaomi Mi A1.

Harga Xiaomi Mi A1 di ITC Roxy Mas dan ITC Cempaka Mas

Xiaomi Mi A1Xiaomi Mi A1 sudah dijual di ITC Roxy Mas dengan stok terbatas

Sampai saat ini, Xiaomi Mi A1 memang masih dijual secara online melalui program flash sale di Lazada. Namun dari hasil pantauan Pricebook di sentra hp seperti ITC Roxy Mas dan ITC Cempaka Mas, sudah ada sejumlah toko yang menjual Xiaomi Mi A1. Hanya saja, harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal dari yang dijual secara online di Lazada.

Hal ini karena banyaknya permintaan dan persediaan stok yang masih langka. Apalagi toko yang menjual Xiaomi Mi A1 terbilang masih jarang. “Barangnya langka, jadi harganya sedikit lebih mahal dari harga online,” ujar Ata dari toko Patrick Phone di ITC Roxy Mas.

Patrick Phone sendiri menjual Xiaomi Mi A1 dengan harga Rp3,3 juta. Untuk stok barang sendiri tidak banyak, karena mereka mendapatkannya dari ikut flash sale dan juga dari TAM meski tidak banyak. Dalam sehari mereka mengaku bisa menjual 1-3 unit Xiaomi Mi A1.

Hal yang sama juga ditemukan di sentra hp ITC Cempaka Mas. Seperti yang diungkapkan Abas dari toko Sinar Shop yang mengaku mendapatkan stok barang dari TAM dalam jumlah terbatas dan juga ikut flash sale online. Hanya saja, untuk penjualan di toko sendiri masih terbilang cukup lambat.

“Penjualan offline di toko dalam sehari kita hanya terjual 1 unit saja. Tapi untuk penjualan online bisa terjual 5-10 unit,” tambah Abas. Abas mengaku toko Sinar Shop menjual Xiaomi Mi A1 garansi TAM dengan harga Rp3,2 juta.

Xiaomi Mi A1 Garansi TAM Lebih Laku dari Xiaomi Mi 5X

Xiaomi Mi A1Penjualan Xiaomi Mi A1 garansi resmi TAM lebih laku dari Xiaomi Mi 5X

Ada hal yang menarik dari penjualan Xiaomi terbaru ini. Berdasarkan keterangan sejumlah pedagang, penjualan Xiaomi Mi A1 dengan garansi resmi TAM ternyata lebih banyak dibanding Xiaomi Mi 5X bergaransi distributor. Selain faktor harga, banyak konsumen membeli Xiaomi Mi A1 garansi TAM karena memiliki garansi yg terjamin.

Untuk harga Xiaomi Mi A1 garansi TAM (RAM 4GB/ROM 64GB) di toko sendiri dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp3,2-Rp3,3 juta. Sedangkan harga Xiaomi Mi 5X (RAM 4GB/ROM 64GB) garansi distributor dijual Rp3,35 – Rp3,5 juta.

Tidak hanya itu saja, beberapa toko mengaku belum ada stok untuk produk Xiaomi Redmi 5X. “Kita tidak ada stok untuk Xiaomi Mi 5X dan toko tidak terlalu fokus untuk barang yang bergaransi distributor,” kata Abas dari Sinar Shop. 

Perbedaan Xiaomi Mi A1 dan Xiaomi Mi 5X

Xiaomi Mi A1Xiaomi Mi A1 berjalan dengan OS Android One 

Perlu diketahui bahwa saat ini dipasaran terdapat dua model yaitu Xiaomi Mi A 1 dan Xiaomi Mi 5x. Perbedaan keduanya memang tidak terlalu signifikan, karena hampir semua hardware memiliki spesifikasi yang sama. Hanya saja, pada dasarnya Xiaomi Mi A1 merupakan versi yang dipasarkan untuk pasar global, termasuk Indonesia. Sedangkan Xiaomi Mi 5X dipasarkan khusus untuk pasar Cina saja.   

Dipasar Indonesia, Xiaomi Mi A1 dijual melalui Erajaya dengan garansi resmi TAM. Sehingga untuk segala macam kerusakan yang terjadi terhadap perangkat bisa dilakukan melalui jaringan service center TAM. Bagaimana dengan Xiaomi Mi 5x? Untuk versi Xiaomi Mi 5x dijual menggunakan garansi distributor, dimana layanan purna jual dilakukan melalui distributor tempat membeli dan tidak bisa dibawa ke service resmi.

Perbedaan lain antara Xiaomi Mi A1 dan Mi 5X ada pada software yang disematkan. Dimana Xiaomi Mi A1 menjadi hp Xiaomi pertama yang tidak menggunakan MIUI. Serta menjadi hp Xiaomi pertama yang berjalan dengan OS Android One. Kelebihan dari penggunaan OS Android One adalah proses update ke OS Android yang terbaru hingga dua tahun ke depan. Itu artinya, Xiaomi Mi A1 akan mendapatkan proses update OS Android terbaru jauh lebih cepat dibanding hp Xiaomi dengan MIUI.

Tidak hanya itu, OS Android One benar-benar menampilkan fitur murni dari Android tanpa adanya kustomasi, bloatware (aplikasi bawaan vendor), dan yang pasti lebih ringan. Sedangkan Xiaomi Mi 5X berjalan dengan user interface MIUI 9 berbasis Android Nougat. Dimana didalamnya sudah mengalami kustomasi dan memiliki aplikasi bawaan dari Xiaomi.

Kriteria Spesifikasi
4G Network LTE band 1(2100), 3(1800), 5(850), 8(900), 38(2600), 40(2300), 41(2500)
Ukuran Layar 5.5 inch
OS Version 7.1.2
Detail Prosesor Snapdragon 625
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera Belakang 12 MP
Resolusi Kamera Depan 5 MP
Kapasitas Baterai 3080 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

Xiaomi Mi A1 Punya 7 Fitur Unggulan, Apa Saja? 

Hasil Foto Xiaomi Mi A1, Tajam dan Jernih 

Xiaomi Mi A1 Dibekali Dual Kamera Berbasis Android One, Harga Rp3,1 Jutaan 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.