Beda GoPro Hero 5 vs GoPro Hero 6, Bagus Mana?

Oleh Wiro updated Kamis, 05 Okt 2017 | 14:35

Gopro Hero 5 vs gopro hero 6Kehadiran action cam GoPro Hero 6 telah banyak dinanti para pecinta kamera aksi yang ingin menjajal kemampuan penerus GoPro Hero 5 tersebut. Action cam GoPro Hero 6 sendiri hadir setahun setelah GoPro Hero 5 Black dan Hero 5 Session dirilis. Tentu tidak sedikit yang penasaran ingin mengetahui keunggulan kamera GoPro Hero 6 dibanding GoPro 5. Apalagi GoPro Hero 6 telah dipasarkan secara resmi pada tanggal 28 September 2017 lalu dengan harga US$499.

Untuk mengobati rasa penasaran Anda, akan kami sedikit ulas mengenai beberapa fitur serta menu yang tersedia pada GoPro Hero 6 dibanding GoPro Hero 6. Melansir dari beberapa sumber, hal yang diulas mencakup frame rate ketika menggunakan modus perekaman video, ISO, Auto Exposure, hingga kualitas gambar ketika menggunakan modus foto.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam melakukan head to head, kamera GoPro Hero 5 menggunakan modus perekaman video 2,7K stabilized sementara untuk GoPro Hero 6 menggunakan perekaman video 4K Stabilized. Meski berbeda ukuran namun keduanya memiliki kualitas yang cukup baik untuk disiarkan di sosial media atau bahkan standar broadcasting sekalipun.

Berikut ulasan beda GoPro Hero 5 dan GoPro Hero 6:

Stabilization

Dalam kecepatan rekam 120fps di 1080p, dynamic range yang dimiliki oleh GoPro Hero 5 cenderung lebih baik, padahal Hero 5 tidak dilengkapi stabilization. Berbeda dengan kamera GoPro Hero 6 yang dilengkapi fitur internal stabilization, sayangnya, ketika berada diminim cahaya atau backlight maka objek terlihat redup atau samar tak terlihat jelas.

Color Grading

Termasuk kecerahan warna yang dimiliki kedua action cam ini, terlihat jelas jika GoPro Hero 5 lebih cerah, beberapa uji coba dilakukan dengan merubah fitur GoPro Color PROFILE, kemudian FLAT PROFILE, hingga GRADED. Seluruhnya memperlihatkan jika dynamic range GoPro Hero 5 lebih baik ketimbang GoPro Hero 6.

Lensa Bidik

Menariknya adalah ketika melakukan perekaman, keduanya memiliki croping berbeda. Untuk kali ini, kamera GoPro Hero 6 menjadi pemenang karena pada perekaman stable hingga 4K 24p hanya 5% yang di crop otomatis. Berbeda dengan Hero 5 yang di crop 10% pada format rekam 2.7K 60p. Dengan begitu sudut bidik pada Hero 6 tampak lebih luas atau memiliki sudut bidik lebih lebar.

ISO

ISO yang dimiliki action cam GoPro Hero 6 memberikan lebih kecil yakni ISO 100 minimal, sementara maksimal ISO adalah 6400 dan itu dimiliki oleh Hero 5 ataupun Hero 6. Namun ini mungkin belum menjadi hal yang dirisaukan  karena pengambilan gambar dengan kamera yang memiliki bentuk fisik kecil ini akan memberikan teknologi ISO yang lebih baik layaknya DSLR atau mirrorless. Dengan layanan menu ISO yang ada sepertinya GoPro Hero 5 memiliki hasil lebih baik dan cenderung natural.

Auto Exposure

Auto eksposure yang dimiliki oleh kamera GoPro Hero 6 membuktikan lebih baik ketimbang GoPro Hero 5, warna serta cahaya yang direkam oleh Hero 6 lebih terlihat natural baik di dalam ruang ataupun luar ruang. Terlihat pada gambar memang lebih cerah hasil rekaman GoPro Hero 5 dari sisi dynamic range, hanya saja untuk komposisi warna Hero 6 lebih natural.

Sementara untuk frame rate perekaman video 120fps 1080p, maka hasil pemutaran ulang sangat halus untuk merekam objek dengan kecepatan tinggi. Berbanding terbalik ketika menggunakan 240fpos 1080p, gerakan yang dihasilkan saat diputar ulang perekaman terlihat tidak begitu halus. Dan ini tentu tergantung kebutuhan, jika Anda ingin yang lebih halus maka 120fps lebih baik.

Hasil Foto

Hasil Foto yang dimiliki GoPro Hero 6 terlihat mumpuni saat dirubah menjadi format RAW. Jika dibandingkan dengan format JPEG maka lebih natural dan terlihat dramatis ketika mengaktifkan RAW. Hanya saja perlu diperhatikan jika memori yang dimiliki haruslah besar karena RAW memerlukan ruang memori baik eksternal ataupun internal yang cukup lega.

Post Production

Jika membayangkan sulit untuk melakukan editing baik foto maupun video maka anggapan itu salah besar. Editing dan transfer data yang dimiliki kamera GoPro Hero 6 sangat mudah, pengguna bisa melakukan transfer data tanpa kabel menggunakan hp kemudian melakukan editing langsung dengan mudah lewat aplikasi 'Q' untuk GoPro.

Termasuk memilah gambar dan memotong gambar hingga menayangkan perekaman di sosial media. Semua post produksi untuk editing bisa dilakukan seketika tanpa membuang waktu lama dengan mudah hanya menggunakan smartphone.

Dari beberapa ulasan tersebut tentu bisa disimpulkan bahwa keunggulan yang dimiliki kamera GoPro Hero 6 boleh dibilang layak lebih baik dan menjadi penerus GoPro Hero 5. Meski begitu, untuk kecerahan yang dimiliki saat perekaman baik video atau foto Hero 5 memiliki keunggulan lebih pada dynamic range yang mengajak kita tetap mendapatkan kecukupan cahaya pada objek.

Termasuk pada kepekatan layanan fitur ISO, meskipun Hero 5 tak memiliki ISO 100 sepereti yang dimiliki Hero 6, namun kepekatan yang dihasilkan Hero 5 terlihat lebih baik. Itulah beda GoPro Hero 5 atau GoPro Hero 6 yang perlu diketahui?

(sumber image via dpreview)

Nama Sensor Type Camera Resolution Video Resolution Video File Format Frame Rates Max Resolution Burst Speed Touchscreen Memori Eksternal Waterproof Battery Type Other Features Port
GOPRO HERO5 Black CMOS 12 MP 4K, 2.7K, 1440p, 1080p, 960p, 720p H.264, MP4 24, 25, 30, 48, 50, 60, 80, 120 FPS 4000x3000 Pixels 30 Pic/Sec Ya Micro SDHC / SDXC up to 128GB Ya Lithium-Ion 1220 mAh 4K Recording, HD Recording, Wi-Fi HDMI, USB
GOPRO HERO6 CMOS 12 MP 1080p MP4 240, 60 FPS 3840 x 2160 Pixels 30 Pic/Sec Ya Yes, microSDXC up to 64GB Ya Li-ion 1220 mAh 4K Recording, HD Recording, Wi-Fi HDMI
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :

Action Cam GoPro Hero 6, Ini Spesifikasi dan Keunggulannya 

Kamera GoPro yang Bisa Merekam Video 4K 

Cara Mudah Reset Password GoPro Hero 5 Session & Black 

Artikel Lainnya

Komentar