Format Video dan Cara Nonton Film di TV dengan Flashdisk

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 26 Mar 2018 | 11:55

Kemajuan teknologi membuat kita bisa mengakses berbagai jenis hiburan dengan mudah dan murah. Tiga atau empat dekade yang lalu, video player sangat populer sebagai sarana menonton televisi dari kaset video berformat VHS dan Laser Disk. Dua dekade yang lalu, format VCD dan DVD terkenal sebagai pengganti VHS dan LD.

VCD dan DVD menampilkan gambar yang lebih bagus dan jelas dibandingkan dengan dua format sebelumnya. Sedangkan satu dekade terakhir hingga saat ini, format film digital adalah yang paling digemari. Yang disebut format film digital adalah film yang bisa didownload dari internet dan diputar atau disimpan di dalam flashdisk untuk diputar kemudian.

Film yang sudah sudah didownload dan disimpan di flashdisk ini bisa diputar menggunakan perangkat yang sudah mendukung port USB, salah satunya adalah TV. Untuk menonton atau memutar film di TV menggunakan flash disk ini memang menawarkan kemudahan. Namun, sebelumnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Untuk itu kali ini kami akan mengulas cara menonton atau memutar film di TV dengan flashdisk lengkap dengan beberapa faktor pendukung lainnya seperti format video untuk TV, kenapa video dari flashdisk tidak bisa diputar, hingga pilihan TV murah yang sudah support port USB.

Cara Nonton atau Memutar Film di TV Menggunakan Flashdisk

Untuk menikmati film favorit di TV Anda menggunakan flashdisk caranya sangat mudah. Hanya diperlukan langkah-langkah sederhana dengan beberapa penyesuain setingan pada perangkat TV. Berikut cara menonton atau memutar film di TV dengan flashdisk :

  • Colokkan flashdisk pada port usb di TV
  • Di remote control TV pilih INPUT (berisi pengaturan koneksi yang digunakan, seperti HDMI, USB dan lainnya)
  • Kemudian Pilih USB
  • Pilih file film yang ingin ditonton
  • Selesai

Namun, sebelum bisa memutar film di TV melalui flashdisk ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan. Sebut saja seperti memastikan perangkat TV yang Anda punya memiliki port USB serta mengecek format video untuk TV yang sudah didukung perangkat TV.

Untuk memutar film yang telah didownload dan disimpan di perangkat flashdisk, maka dibutuhkan TV yang bisa memutar film dengan memakai USB. Untuk diketahui, tak semua TV menyediakan fasilitas ini, bahkan TV LED terbaru tak semuanya punya port USB. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Setelah memastikan TV  Anda menyediakan port USB, langkah berikutnya adalah pastikan port tersebut bisa digunakan untuk memutar file video atau film. Karena ada TV yang punya port USB namun hanya dipergunakan sebagai sarana untuk memperbaiki atau mengupdate sistem televisi tersebut.

Atau ada juga port USB di TV yang bisa dipergunakan untuk menonton dari flashdisk setelah mengaktifkan pilihan dari menu layanan. Oleh sebab itu saat membeli pastikan mencoba port USB apakah bisa memutar film dari flashdisk dan external hardisk secara baik atau tidak.

Format Video untuk TV

Selain aksesibilitas port, hal penting lain yang harus diperhatikan saat hendak membeli TV yang bisa memutar film dari flashdisk dan external hardisk adalah format video untuk TV. Ada banyak sekali format video digital dan tak semua format tersebut didukung oleh TV yang mempunyai port USB.

Pada umumnya format video yang bisa diputar pada televisi dengan mempergunakan flashdisk dan external hardisk antara lain adalah AVI, WMA, Xvid, DivX, MP4 dan MPG. Hampir semua TV terbaru mendukung format tersebut. Ada pula beberapa format yang kurang didukung antara lain MKV, VOB, 3GP dan 3GPP.

Jadi ketika hendak membeli TV dengan fasilitas memutar film dari USB, pastikan mereka mendukung beberapa format yang disebutkan di atas dan pastikan pula film yang hendak diputar berformat salah satu dari yang disebutkan tadi. Cara mudahnya, Anda bisa lihat pada keterangan di box atau buku petunjuk yang ada di perangkat TV.

Kenapa Video dari Flashdisk Tidak Bisa Diputar

Setelah mendownload video dari internet atau meng-copy film dari komputer teman, Anda merasa kecewa karena film tersebut tidak bisa diputar di TV. Ada beberapa kemungkinan penyebab gagalnya memutar film dari flashdisk dan external harddisk.

Yang pertama adalah file yang rusak atau “corrupt”. File rusak ini bisa disebabkan proses download yang tidak sempurna (belum selesai download) atau bisa juga kesalahan saat meng-copy film tersebut dari komputer ke flashdisk. Kebiasaan yang paling sering dilakukan kebanyakan orang adalah mencabut flashdisk dari komputer saat proses copy belum selesai.

Selain itu mencabut flashdisk tanpa “eject” port USB juga berpotensi merusak file yang telah di-copy. Oleh sebab itu pastikan file terdownload dengan sempurna dan pastikan flashdisk dicabut setelah meng-“eject” USB dari komputer.

Kedua adalah format yang salah. Telah disebutkan bahwa tak semua jenis format didukung oleh TV untuk diputar melalui USB. Pastikan file film yang disimpan dalam flashdisk dan external hardisk adalah salah satu yang disebutkan di atas atau yang tertulis dalam panduan televisi Anda.

Ketiga adalah kesalahan pada flashdisk Anda. Ada kalanya video yang disimpan tak bisa diputar di TV walau telah mempunyai format yang didukung oleh TV tersebut. Hal ini mungkin disebabkan oleh flashdisk yang tak didukung oleh port USB TV karena mempunyai format drive yang berbeda.

Untuk diketahui, jika flashdisk mempunyai format drive yang tak didukung, maka file didalamnya juga tak akan bisa ditampilkan. Untuk mengatasi hal ini, format dulu flashdisk atau external hardisk Anda ke FAT, FAT32 atau NTFS, baru kemudian copy kembali file film Anda tadi.  

Nama file yang terlalu panjang juga berpotensi membuat file tak bisa diputar di TV karena nama file yang panjang tak bisa ditampilkan secara benar. Untuk mengatasi hal ini, ubah nama file atau ‘rename’ file tersebut dengan nama yang lebih pendek.

Keempat, jika masih tidak bisa memutar file film di TV Anda, cobalah mempergunakan alternatif seperti Xbox dan Playstation. Kedua jenis konsol ini bisa memainkan lebih banyak format file video karena bekerja seperti sebuah komputer.

TV Murah yang Support USB

Saat ini, hampir semua TV yang dipasarkan sudah mendukung untuk menonton film dari flashdisk. Hampir semua produsen TV memiliki perangkat yang sudah dilengkapi port USB. Tidak semua TV yang bisa memutar video mengunakan flashdisk dibanderol mahal. Untuk memudahkan Anda, kerikut kami hadirkan daftar TV dengan USB termurah :

Nama Harga di Pasaran Type Screen Size Screen Resolution HDMI USB
Panasonic TH-32E305G Rp 2,125,000 LED 32 inch 1366 x 768 Pixel 1 Port(s) 1 Port(s)
Sharp AQUOS LC-24LE175i Rp 1,369,000 LED 24 inch 1366 x 768 Pixel 1 Port(s) 1 Port(s)
LG 43LF630T Rp 4,550,000 LED 43 inch 1920 x 1080 Pixel 2 Port(s) 2 Port(s)
AKARI LE-50D88 Rp 4,289,000 LED 50 inch 1920 x 1080 Pixel 2 Port(s) 1 Port(s)
LG 32LH510D Rp 2,480,000 LED 32 inch 1366 x 768 Pixel 1 Port(s) 1 Port(s)
Polytron PLD 24T8511 Rp 1,488,000 LED 24 inch 1366 x 768 Pixel 2 Port(s) 1 Port(s)
Samsung UA32J4003 Rp 2,250,000 LED 32 inch 1366 x 768 Pixel 1 Port(s) 1 Port(s)
Philips 32PHA4100S Rp 1,898,000 LED 32 inch 1366 x 768 Pixel 1 Port(s) 1 Port(s)
Samsung 32FH4003R Rp 2,175,000 LED 32 inch 1920 x 1080 Pixel 1 Port(s) 1 Port(s)
Samsung UA32J4005 Rp 2,325,000 LED 32 inch 1366 x 768 Pixel 2 Port(s) 1 Port(s)

Kesimpulan

Meski cara menonton atau memutar film di TV menggunakan flashdisk menawarkan kemudahan, namun tetap Anda harus memperhatikan faktor-faktor yang sudah dijelaskan diatas. Apalagi untuk masalah format video untuk TV, karena hal ini akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda. Jika mengalami kendala, mungkin beberapa faktor tersebut yang menjadi masalah dan bukan pada perangkat TV Anda.  

Artikel Lainnya

Komentar

Ervan setiawan Senin, 2 Jul 2018 | 02:51
Aku baru tau kalo bisa pake USB.