Diperbaharui pada Rabu, 21 Juni 2017 | 16:57

5 Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik, Lihat Perbandingannya Disini


Sedikitnya ada 5 kamera mirrorless Fujifilm terbaik yang layak Anda ketahui, dan seluruhnya sengaja di pilih karena memiliki teknologi canggih untuk foto ataupun video.

Sederet lineup mirrorless Fujifilm memang cukup banyak, sejak tahun 2000 sudah 17 unit yang dihadirkan oleh Fujifilm. Fujifilm FinePix S1 Pro merupakan kamera interchangeable lens pertama yang dihadirkan pada Januari tahun 2000, meskipun ketika itu dalam rentang waktu satu tahun hanya 1 unit yang dihadirkan tak membuat perusahaan yang memiliki markas besar di Minato, Tokyo, Japan, enggan melansir kamera baru.

Terbukti, awal tahun 2002 Fujifilm kembali melansir kamera terbaru Fujifilm FinePix S2 Pro, meski bukan menjadi kamera mirrorless Fujifilm terbaik namun keberadaan ini cukup membuat itikad serius perusahaan ini terlihat.

Hingga sampai waktunya menghadirkan dua produk yang disebut-sebut sebagai pionir kamera mirrorless terbaik pada Januari 2016 dimana dua unit kamera interchangeable lens Fujifilm X-Pro2 dan Fujifilm X-E2S muncul untuk menerobos pasar yang stagnan tentang mirrorless.

Nah, seperti apa kamera mirrorless Fujifilm terbaik ini, berikut ulasan yang bisa Anda jadikan acuan sebelum memilih salah satu dari kamera unggulan ini;

1. Fujifilm X-Pro2

Memiliki teknologi Advanced Hybrid Multi Viewfinder dimana sebuah fitur untuk menggabungkan jendela bidik optik dan jendela bidik elektronik bersama-sama. Fitur ini merupakan pembeda kamera mirrorless terbaik Fujifilm X-Pro2. Lalu sensor X-Trans III 24MP merupakan kekuatan yang sengaja disematkan untuk lineup kamera mirrorless Fujifilm terbaik. Dipasangan dengan kit lensa Fujinon 35mm, kamera mirrorless ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Disinyalir kehadiran fitur Advanced Hybrid Multi Viewfinder menjadikan kamera ini menjadi mahal, meski begitu, Fujifilm X-Pro2 menjawab kritikan dari lansiran sebelumnya Fujifilm X-Pro1 yang mengalami beberapa kelambanan kinerja di beberapa fitur dan menu, hanya saja yang masih menjadi perhatian adalah layanan video 4K dimana X-Pro2 belum bisa meyakinkan pengguna untuk menghasilkan perekaman resolusi tinggi.

Untungnya, kualitas gambar pada resolusi 24MP sangat baik, terlihat dari pengurangan loww-pass filter yang dipasang pada salah satu kamera mirrorless Fujifilm terbaik, alhasil, meskipun resolusi meningkat maka noise yang dihasilkan nyaris terleiminir hampir di setiap ukuran ISO. Mungkin Anda tak perlu menggunakan file RAW karena format JPEG sepertinya sudah cukup.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 24, 25, 30, 50, 60 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

2. Fujifilm X-E2S


Fujifilm X-E2S menawarkan beberapa perbaikan bila dibandingkan dengan pendahulunya, Fujifilm X-E2. Termasuk pilihan auto-focus Zone dan Wide/ Tracking baru, tombol Auto Mode untuk mengaktifkan mode Automatic SR Auto, hingga grip yang lebih baik disertai penambahan rana elektronik, dan grafis antarmuka pengguna yang lebih intuitif.

Dengan sensor CMOS X-Trans CMOS II berukuran 16,3 megapiksel dan memiliki susunan filter warna yang meniru butiran film dan tidak ada filter low-pass optik untuk gambar resolusi tinggi, Fujifilm X-E2S harus menerima sebagai runnerup kamera mirrorless Fujifilm terbaik yang telah disematkan fitur Lens Modulation Optimizer guna memperbaiki difraksi blur.

X-E2S juga memiliki jendela bidik elektronik 2,36 juta-dot, tak hanya itu, sistem auto-focus hybrid dengan kecepatan AF cepat 0,06 detik mampu mengeksekusi jepretan hingga 7fps. Terpilih sebagai kamera mirrorles Fujifilm terbaik tentu tak membuat harga yang dibanderol murah.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 32000 s
Max. Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 24, 25, 30, 50, 60 fps
Lens Mount Fujifilm X
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

3. Fujifilm X-T20


Sebagai kamera mirrorless Fujifilm terbaik Fujifilm X-T20 sekali lagi berhasil mengemas kembali fitur utama kamera X-series unggulan, Fujifilm X-T2. Kamera mirrorless ini memiliki bodi yang lebih kecil, lebih ringan dan lebih murah yang menawarkan banyak fungsi canggih.

Kualitas gambar sangat mirip dengan X-T2 dan secara general fitur yang dimiliki sama canggih dengan X-Pro2 baik dari prosesor, ISO hingga kemampuan fokus dan pengambilan gambar video 4K. Sebagai solusi dari pembaharu Fujifilm X-T10, kamera ini lebih menawarkan fungsionalitas namun dikemas dengan desain simpel dan harga yang juga lebih murah.

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 8 fps
Lens Mount FUJIFILM X mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

4. Fujifilm GFX 50S

Kamera Mirrorless Fujifilm terbaik ini ternyata memiliki perbedaan dengan kamera lain, yakni pada kualitas gambar yang setara dengan medium format, hanya saj dikemas pada mirrorless fullframe 35mm. Pemilik sensor besar ini tentu jago untuk beraksi di dalam ataupun luar ruang, boleh dibilang hasil gambar menyamai Hasselblad X1D.

50MP yang dimiliki Fujifilm GFX 50S tentu tak membuat kuatir hasil usai melakukan pemotretan, sejauh komposisi pas baik ISO dan WB, maka dipastikan hasil akan lebih dramatis.

Singkatnya, kamera mirrorless terbaik Fujifilm GFX 50S yang dijual dengan harga fantastis ini telah membuat semua pengguna mirrorles terpesona, tak hanya dengan kemampuan bidik yang dimiliki, fitur serta performa yang dimiliki juga sepertinya akan menjamin bahwa mirrorless fullframe Fujifilm ini akan mampu bersaing dengan kamera kelas ningrat, kamera Medium Format

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 30, 25, 24 fps
Lens Mount Fujifilm G-mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

5. Fujifilm X-T2


Fujifilm X-T2 merupakan kamera mirrorless terbaik dengan sistem kompak yang menampilkan sensor X-Trans III 24 megapiksel. Dilengkapi dengan mesin pengolah gambar Prosesor Pro berkinerja tinggi maka resolusi tinggi sudah pasti bisa diciptakan dengan baik lewat jendela bidik OLED elektronik berukuran 363m.

Alasan lain mengapa Fujifilm X-T2 menjadi kamera Fujifilm mirrorless terbaik tentu telah dilengkapi layar sentuh miring tiga arah yang solid, dengan begitu perekaman video 4K bisa dilakukan melalu navigasi layar dengan kecepatan pengambilan gambar continuous sebanyak 14fps.

Tak hanya itu, teknologi lain yang dibenamkan adalah rana fokus dengan kecepatan tertinggi 1/8000 detik disertai kemampuan sinkronisasi flash hingga 1/250 detik berpadu dengan shutter elektronik tanpa suara dengan kecepatan maksimum 1/3200 detik pada 91 titik fokus otomatis. 

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 14, 8, 5 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Kamera Mirrorless Sony α6500 Terbaru dengan Performa Menawan
Olympus PEN E-PL8, Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Foto Selfie
Kamera Mirrorless Sony A9, Sensor Full Frame dengan Continuous Shooting 20 Fps
Like us!
Wiro

Contributor

41 Posts