Diperbaharui pada Kamis, 8 Juni 2017 | 12:15

7 Fitur Unggulan Kamera Terbaru Ricoh WG-50 yang Perlu Anda Ketahui


Kamera terbaru Ricoh WG-50 bisa diajak menyelam hingga 14 meter, tahan benturan dan tahan cuaca ekstrim.

Secara general, kamera yang bertarung di genre anti guncang dan anti air ini memiliki segudang hasil uji yang mana ketahanan dari fisik sudah pasti harus lolos uji. Sebut saja mulai dari mampu bertahan di kedalaman hingga 14 meter, kemudian mampu bertahan dari benturan ketika jatuh dari ketinggian 2 meter, tahan suhu dingin hingga -10 derajat celcius, semuanya telah dilampaui oleh kamera terbaru Ricoh WG-50.

Lalu bagaimana dengan fitur lain yang dimiliki kamera ini, apakah unggulan atau hanya sebatas fitur yang dimiliki kamera saku pada umumnya yang hanya dibungkus dengan material prima tahan bentur dan anti air.

Kamera Ricoh WG series lain :

Ricoh WG-4 GPS | Ricoh WG-20 | Ricoh WG-30 | Ricoh WG-5 GPS | Ricoh WG-M1

Namun sebelum masuk pada fitur unggulan kamera terbaru Ricoh, Anda juga perlu mengetahui bahwa untuk kelengkapan pemotretan bawah air serta traveling menggunakan sepeda gunung juga telah disediakan aksesoris pendukung.

Diantaranya waterproof remote control, camera case, protective jacket, WG Holder, WG Handle Bar Mount hingga Helmet Strap Mount, semua telah disediakan untuk mendukung perekaman aktivitas aksi Anda.

7 Fitur Unggulan Kamera Terbaru Ricoh WG-50 :

1. Konstruksi Desain Kokoh


Sebagai kamera tangguh alias rugged, maka konstruksi desain kamera Ricoh WG-50 terbaru adalah hal utama yang bisa dilihat. Lekuk serta lapisan dan material yang dimiliki terdiri dari beberapa lapisan baik besi atapun plastik untuk menahan guncangan dan cairan yang bisa saja masuk ketika dalam kondisi tertentu.

Setara dengan standarisasi IPX8 atau JIS Class 8, maka kamera Ricoh terbaru ini sudah dipastikan lulus uji untuk ketahanan berada dalam air sedalam 14 meter, tahan beku, debu serta hantaman beban berat setara satu kwintal atau 100 kg.

Perlu juga Anda ketahui bahwa pengujian dilakukan oleh Ricoh Imaging Original yang mana bertanggung jawab dengan kualitas produk yang akan dipasarkan, dan lembaga ini telah diakui bersertifikasi internasional.

2. Kualitas Gambar Foto Minus Lapisan Lensa

image via ricoh

Fitur yang dimiliki kamera terbaru Ricoh WG-50 adalah resolusi 16MP, cukup baik karena berangkat dari jenis kamera saku yang telah dilengkapi sensor CMOS. Dan yang tak kalah penting sebenarnya untuk hasil jepretan adalah lapisan pada lensa tetap karena lapisan ini menentukan ketika berada di suhu dingin yang akan memunculkan embun, tampaknya hal ini yang perlu diperhatikan ketika memilih kamera WG-50.

3. Cakupan Bidik Standar


Untuk memotret lansekap sepertinya cakupan fokal lensa 28-140mm cukup. Hanya saja untuk objek jauh dan menggunakan zoom maka rekomendasi kami untuk menggunakan 3-4 kali zoom, hal ini untuk memperkecil hetaran yang dimungkinkan ketika mengambil gambar.

Sebab meskipun kamera Ricoh WG-50 terbaru telah dilengkapi peredam getar namun untuk proporsional pengambilan gambar menggunakan tangan dan fitur zoom maka akan memungkinkan menggangu kualitas hasil. Untuk lebih aman gunakan penyanggah, baik minipod, tripod atau monopod.

4. Mode Canggih Foto Dalam Air

Ternyata kamera terbaru Ricoh WG-50 juga dirancang khusus untuk fotografi bawah air, mode pemotretan Underwater dan Underwater Movie di program untuk mengoptimalkan warna dan kontras, berdasarkan data gambar yang benar-benar tertangkap di bawah air.

Mode ini tentu menjadi unggulan karena memberikan gambar tajam dan nyata ke kehidupan dengan meningkatkan nuansa merah yang hilang dalam fotografi bawah air. Sementara secara efektif mengkompensasi hilangnya kontras yang disebabkan oleh difusi cahaya di air.

Selama mode Underwater, opsi Flash Off + Flash On, memungkinkan pengguna untuk secara berurutan menangkap dua gambar dengan satu rana pelepas satu tanpa lampu kilat dan satu lainnya berkedip.

5. Embeded Macro Light LED

Ini yang menarik, LED light yang berada mengitari lensa bagian depan difungsikan untuk memperjelas pengambilan gambar foto jarak dekat. Tak hanya itu, ketika pengguna memilih fitur ini dengan menyalakan LED macro maka otomatis 3 fitur akan aktif yakni anti shake, illumination enhance serta shutter rana yang juga lebih cepat. Canggih bukan?

6. Tersedia Port Audio-Video Eksternal

Untuk kualitas gambar sepertinya cukup baik karena telah diperluas 1920x1080 piksel. Yang menjadi unggulan dari fitur video kamera Ricoh WG-50 terbaru ini adalah dilengkapi dengan port audio eksternal serta fitur perekaman kecepatan tinggi guna pemutaran video gerak lambat. Tapi perlu Anda ketahui bahwa jika fitur ini diaktifkan maka resolusi video akan otomatis default ke 1280x720 piksel.

7. Punya 3 Teknologi Peredam Getar Canggih

Sedikitnya 3 mode unggulan ini bisa dinikmati untuk pengguna kamera ini, Ricoh WG-50 terbaru ini memiliki Mekanisme Pixel Track SR yang berguna untuk memperkuat kompensasi guncangan kamera dengan memproses gambar secara digital.

Lalu mode SR Digital untuk meningkatkan sensitivitas hingga setinggi ISO 6400, sehingga efektif meminimalkan efek buruk goyangan kamera dan goyangan subjek saat pencahayaan yang buruk.

Terakhir adalah Mode Movie SR yang bisa secara efektif mengkompensasi misalignment gambar yang disebabkan oleh getaran kamera melalui penggunaan perangkat lunak eksklusif untuk menghasilkan klip film yang indah dan bebas blur.

Tertarik untuk mendapatkan kamera ini, semoga saja beberapa fitur unggulan yang diutarakan akan menjadi panduan Anda sebelum memutuskan untuk membeli kamera terbaru Ricoh WG-50 yang diperkirakan masuk Indonesia pada akhir Juni 2017 dengan harga berkisar US$249.99.

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 16 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 6400
Resolusi Video 1920 x 1080 Pixel
Optical Zoom x 5
Digital Zoom x 7.2
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Baca juga artikel :
Ricoh Pentax KP, Kamera DSLR Jagoan Low Light
Intip 6 Kamera Film Sinema Canon, EOS C200 dan EOS C200B Paling Anyar
Intip Performa Kamera 'amphibi' Terbaru Olympus Tough series TG-5

 

Like us!
Wiro

Contributor

41 Posts