Kamera Mirrorless Terbaik 2017 dengan Lensa Fix, Ini 5 Jagoannya di Pasar!

Oleh Wiro updated Selasa, 23 Mei 2017 | 10:06


Kamera dengan lensa fix mengharuskan pengguna mengatur jarak dengan mendekatkan objek sambil berjalan maju atau mundur.
 

Mirrorless adalah evolusi bentuk kamera menjadi lebih ramping dengan meniadakan ruang cermin. Dihilangkannya ruang cermin ini maka sensor akan langsung berhadapan dengan lensa untuk memberikan jepretan hasil terbaik. Nah, yang menarik adalah, beberapa produsen kamera hingga tahun 2017 ini sengaja memberikan lensa fix dalam paket pembelian.

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan lensa fix dengan lensa zoom tentu ada perbedaan, namun itu tak menjadi masalah besar karena letak perbedaan hanya pada pengaturan jarak saja. Jika lensa fix harus menggerakkan dengan mengatur jarak dengan mendekatkan dengan objek sambil berjalan atau mundur tetapi untuk lensa zoom tidak perlu.

Nah, berikut adalah beberapa kamera mirrorless dengan lensa fix namun memiliki kemampuan hebat dan terbaik di kelasnya sepanjang 2017 ini.

Kamera Mirrorless Fujifilm X70

Kamera mirrorless dalam kategori prosummer ini memiliki kemampuan lensa yang masuk menjadi salah satu yang terbaik dikelasnya. Kamera mirrorless Fujifilm X70 memiliki lensa 28mm equiv. F2.8 yang  cukup baik dan menjadi yang terbaik dikelasnya. Apalagi sudah dipadukan dengan sensor CMOS APS-C X-trans 16 yang dibuat sendiri oleh Fuji.

Fujifilm Finepix X70
Harga termurah

Rp 8,000,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 51200
Frame Rate 60 fps

Kamera Mirrorless Fujifilm X100F

Masih dari produsen yang sama, kali ini kamera mirrorless dengan lensa fix terbaik datang dari model Fujifilm X100F yang sudah memasang sensor CMOS 24MP APS-C X-Trans Sensor CMOS. Kamera mirrorless Fujifilm X100F memang memiliki fitur lebih baik ketimbang Fujifilm X70, dukungan sensor tersebut semakin memanjakan lensa 35mm dengan bukaan lensa F2.0 guna memberikan hasil ketajaman lebih baik.

Yang membuatnya menarik adalah dynamic range yang dimiliki ketika sensor dan lensa berpadu, komposisi warna dari cahaya yang dihasilkan akan diolah sehinggamembuat hasil nyaris mendekati dengan hasil alami aslinya. Sayangnya, untuk mengeksekusi video kamera dan lensa ini belum mampu lebih baik karena dibatasi dengan 35mm dan 1080p. Meski begitu, untuk hasil foto, kamera ini menawarkan paduan yang baik antara lensa 35mm yang dimiliki dengan sensor rasikan khas dari Fujifilm.

Fujifilm Finepix X100F
Harga termurah

Rp 16,999,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 8 fps

Kamera Mirrorless Leica Q (type 116)

Meski jarang diminati karena harga yang cukup tinggi, namun kamera mirrorless ini masuk dalam jajaran pemilik lensa fix terbaik. Lihat saja dari penggunaan lensa 28mm dengan bukaan F1.8 serta teknologi ASPH, maka akan membuat hasil jepretan terlihat berbeda, ditambah lagi dengan pemrosesan sensor dimana antara lensa dan sensor yang dekat.

Satu hal yang juga menjadi menarik adalah sensor yang dimiliki adalah fullframe 24MP CMOS. Untuk pengaturan guna menghasilkan gambar yang mantap cukup mengatur Auto White Balance saja dan jepretan baik JPG ataupun RAW akan terlihat baik. Jika Anda masih kurang puas, maka deretan fitur seperti ISO yang maksumal bisa naik hingga 50.000 ini akan memberikan pengalaman tersendiri.

LEICA Q-Typ 116
Harga termurah

Rp 59,500,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 2000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 50000
Frame Rate 60 fps

Kamera Mirrorless Ricoh GR II

Kamera Mirrorless Ricoh GR II memiliki lensa 28mm F2.8 yang didukung dengan sensor besar dan kemudahan fungsi layaknya sebuah kamera saku. Sehingga menjadikan Kamera mirrorless Ricoh GR II masuk dalam jajaran kamer yang memiliki lensa fix terbaik. 

Tak hanya itu tentu, daya pencitraan yang dimiliki telah ditingkatkan dengan melakukan progran ulang alogaritma dari White Balance yang dimiliki guna meningkatkan ketepatan kontrol white balance otomatis. Kompensasi pengaturan untuk mencegah noise dengan sensitivitas tinggi juga telah diperbaharui atau di program ulang.

Ricoh GR II
Harga termurah

Rp 9,700,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate -

Kamera Mirrorless Sigma dp Quattro Series

Kamera yang memiliki desain unik ini juga memiliki lensa fix yang mumpuni berukuran 14mm atau setara dengan 21mm dengan desain sensor berbeda dari yang lain, yakni menggunakan multilayer pabrikan Faveon. Konon, sensor ini mampu menengarai hasil jepretan hingga kualitas tinggi 19,6 juta piksel. 

Tak hanya itu, Sigma dp Quattro juga melepas beberapa jenis lensa lain seperti 19mm setara dengan 28mm, kemudian 30mm setara dengan 45mm, lalu 50mm setara dengan 75mm. Kamera mirrorless ini memiliki format DNG dengan RAW converter sehingga tak banyak yang menyukai kamera ini karena soal olah data atau cetak gambar. Alhasil, kamera ini kelas premium untuk mendapatkan detail gambar untuk resolusi gambar ukuran 'raksasa'.

Sigma DP2 Quattro
Harga termurah

Tidak ada harga

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 2000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate -

Kamera Mirrorless Sony Cyber-shot DSC-RX1R II

Ini adalah kamera terakhir yang tak kalah mumpuni dibandingkan dengan beberapa yang lain, dari kemampuan lensa hingga sensor yang dimiliki untuk kategori lensa fix maka Sony RX1R II adalah yang terbaik sepertinya.

Dibandingkan dengan dp Quattro atau GR II Ricoh, maka RX1R II adalah yang terbaik, selain memiliki kontur yang sejatinya adalah kamera, kemampuan lensa dan sesnor yang dimiliki juga mumpuni dengan teknologi sonar.

Sony Cybershot DSC-RX1R II
Harga termurah

Rp 49,999,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity -
Frame Rate 60 fps

Baca juga artikel :
Kamera Digital Panasonic Lumix TZ90 Punya Fitur Kamera Mirrorless!
Kamera Mirrorless Sony A9, Sensor Full Frame dengan Continuous Shooting 20 Fps
Kamera Mirrorless Panasonic Lumix GF9 Mirip Kamera Saku

Artikel Lainnya

Komentar

dhuwhay 23 Mei 2017 - 10:18
nice info
ajeng putri 23 Mei 2017 - 10:50
kalau dengan budget 6jutaan yg bagus apa ya?
Bima Satria 23 Mei 2017 - 18:17
beberapa belum ada harganya ya