Diperbaharui pada Rabu, 26 April 2017 | 14:10

Harga dan Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R April 2017

Suzuki Karimun Wagon R merupakan versi "reborn" dari Suzuki Karimun. Model itu sangat cocok untuk area perkotaan karena menawarkan kelincahan bermanuver, pengendalian yang mudah, dan mesin yang irit bahan bakar.

Pasar mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) sangat laris di Indonesia. Suzuki Indonesia meluncurkan Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia. Sebenarnya, nama Karimun sudah tidak asing terdengar oleh telinga orang Indonesia karena Suzuki telah meluncurkan Suzuki Karimun di Indonesia pada 1999.

Suzuki Indonesia menghadirkan Karimun Wagon R sebagai salah satu unit LCGC dan mengisi kekosongan di pangsa pasar mobil murah khusus untuk daerah perkotaan. Suzuki Karimun Wagon R menawarkan nuansa LCGC yang berbeda dari kebanyakan karena dimensi atapnya yang tinggi dan cenderung terlihat kotak (boxy) dan simple.

Kehadiran Karimun versi Wagon R berbarengan dengan lahirnya beberapa unit LCGC dari kompetitor Suzuki lainnya seperti Daihatsu Ayla dan Toyota Agya dan Honda Brio Satya. Selain itu, untuk meningkatkan penjualan di Indonesia, Suzuki telah mulai memproduksi mobil ini di dalam negeri, yaitu di pabriknya di Bekasi.

Nah untuk lebih jelasnya, Pricebook sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Suzuki Karimun Wagon R :

Desain Eksterior Suzuki Karimun Wagon R 2017


Untuk pembahasan pertama, Pricebook akan membahas spesifikasi Karimun Wagon R 2017 dari sisi eksteriornya terlebih dahulu. Suzuki Karimun Wagon R 2017 mengusung desain platform yang sama dengan pendahulunya dan mempertahankan konsep mobil kota yang kompak, ringkas, dan tampilan fisik kota yang ikonik.

Dari fascia depan, Suzuki Karimun Wagon R generasi terbaru menawarkan desain yang lebih segar, terlihat desain head lamp berkonsep Blue Eyes yang ada di ujung kanan dan kiri serta lampu utama yang sudah berteknologi LED. Model itu juga memiliki grill depan berbentuk heksagonal memanjang dengan balutan warna krom sehingga terlihat elegan. Untuk lampu kabutnya, Suzuki Karimun Wagon R memiliki bingkai ring bercorak hitam doff dengan lampu kabut di dalamnya.

Desain bumper depan Suzuki Karimun Wagon R 2017 menawarkan konsep bumper depan yang dinamis dan bertingkat yang tegas. Dari samping, Suzuki Karimun Wagon R 2017 terlihat kompak berkat kaca mobil yang dibuat melebar dan lekukan garis body yang tidak terlalu banyak. Desain belakang Suzuki Karimun Wagon R sendiri menganut konsep desain city car khas Eropa dengan stop lamp rear combination yang menyempit mengikuti alur lekuk body ditambah rear garnish sehingga terlihat tampak mewah.

Suzuki pun memasang fitur sporty roof rail pada tipe Karimun Wagon R tipe GS dan GL. Jadi, spesifikasi Karimun Wagon R 2017 sangat cocok untuk semua kalangan, baik anak muda yang aktif maupun keluarga kecil.

Desain Interior Suzuki Karimun Wagon R 2017


Suzuki Karimun Wagon R 2017 menawarkan kabin yang lega, minimalis dan nyaman, mengingat mobil LCGC selalu identik dengan ruang kabin yang sempit. Kali ini Suzuki Karimun Wagon R menawarkan ruang interior yang ekstra longgar kepada pengemudi dan penumpangnya.

Meskipun desain interiornya terlihat sederhana khas LCGC, desain dashboard depan Karimun Wagon R 2017 cukup eye catching dengan komposisi fabric bercorak warna kalem yang elegan. Beberapa panel instrumennya tertata rapi dan terdapat panel cluster meter yang lebih sporty.

Suzuki Karimun Wagon R 2017 juga menawarkan bermacam fitur penunjang fungsional seperti AC, headroom yang tinggi dan legroom yang lega serta seatbelt baik untuk kursi depan maupun belakang. Suzuki Karimun Wagon R 2017 itu sanggup menampung hingga lima orang dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi. Apalagi spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R tipe GL dan GS memiliki Roof Rail dan juga ruang penyimpanan di bawah jok atau Underseat Tray.

Dimensi Suzuki Karimun Wagon R 2017


Suzuki Karimun Wagon R 2017 memiliki dimensi panjang 3600 mm, lebar 1475 mm, tinggi antara 1670-1700 mm. Dengan dimensi tubuh yang pas, mobil ini sangat cocok untuk tinggal di kota-kota besar. Model itu juga menawarkan suspensi depan MacPherson Strut dengan perkeong dan suspensi belakang yang menganut 3-Links Rigid plus perkeong.
Semua tipe Wagon R juga sudah memilik sistem kemudi berjenis Rack and Pinion yang menjanjikan performa berkendara lebih mantap. Sistem pengeramannya, Suzuki Karimun Wagon R 2017 mengusung rem berjenis cakram berventilasi dan rem belakang berjenis Drum.

Mesin Suzuki Karimun Wagon R 2017

Sebagai kendaraan jenis LCGC, Suzuki Karimun Wagon R 2017 mengusung mesin tipe K10B DOHC 12 katup, 3 silinder segaris yang mampu menghasilkan output tenaga sebesar 68 PS pada 6200 rpm dan torsi maksimal 90 Nm pada 3500 rpm.

Sebagai penggerak, Suzuki mengusung teknologi transmisi manual yang membuat pengemudinya bisa merasakan tarikan mesin yang mantap dan bertenaga. Selain itu, Suzuki Karimun Wagon R 2017 juga menawarkan mesin yang irit konsumsi bahan bakar karena sudah menggunakan teknologi Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul yang memberikan perpindahan gigi optimal untuk memberikan kenyamanan berkendara.


Karimun Wagon R 2017 mengandalkan mesin penggerak roda depan yang membuat mobil memiliki akselerasi yang responsif dan cukup maksimal. Karimun Wagon R 2017 juga terkenal sangat irit karena sudah mengadopsi sistem suplai bahan bakar Multipoint Injection. Untuk transmisi penggeraknya, Suzuki Karimun Wagon R 2017 terbagi menjadi dua pilihan yaitu transmisi otomatis 5 percepatan dan manual 5 percepatan.

Fitur Suzuki Karimun Wagon R 2017

Secara umum, fitur-fitur Suzuki Karimun Wagon R 2017 merupakan fitur standar yang sama dengan kendaraan LCGC lainnya. Untuk semua tipe Karimun Wagon R sudah ada AC, sabuk pengaman atau seatbelt 3-point ELR (Emergency Locking Retractor) yang secara otomatis mengunci dan menahan penumpang ketika terjadi hantaman secara tiba-tiba.

Sementara itu Karimun Wagon R tipe GS sudah mempunyai child proof rear door locks pada pintu belakang mobil. Untuk fitur kenyamanan lainnya, Suzuki Karimun Wagon R menawarkan fitur modern seperti 2 Din Audio, AC Double Blower, Sensor Parking dan ABS. Untuk spesifikasi Karimun Wagon R sudah mempunyai fitur keamanan standar, seperti Immobilizer dan Central Lock yang tersedia untuk semua tipe.


Harga Suzuki Karimun Wagon R 2017

Setelah kita puas membahas spesifikasinya, sekarang kita masuk ke segmen harga Karimun Wagon R 2017. Berbicara soal harga, ada beberapa faktor yang mempengaruhi dari fitur dan tipe-tipenya.

Untuk tipe terendah, Suzuki Karimun Wagon R 2017 tipe GA dibanderol sekitar Rp103 jutaan. Di atas tipe GA ada Suzuki Karimun Wagon R tipe GL yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 115 jutaan. Untuk tipe GS, dibanderol Rp 124,5 juta. Untuk harga Karimun Wagon R tertinggi ditempati oleh tipe Dilago yang memiliki fitur paling lengkap. Harga untuk tipe Dilago berkisar pada angka Rp 115,5 jutaan.

Sebagai informasi Rentang harga Karimun Wagon R di atas adalah untuk harga yang berlaku di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Harga-harga di atas berpotensi berbeda untuk di daerah lainnya.

Suzuki Karimun Wagon R 2017 adalah mobil kecil yang menawarkan sesuatu yang unik dalam hal styling sambil memenuhi apapun harapan Anda atas sebuah mobil kecil.

Nama Harga di Pasaran
Suzuki Karimun Wagon R Blind Van belum ada harga
Suzuki Karimun Wagon R GA Rp 129.500.000
Suzuki Karimun Wagon R GL Rp 153.500.000
Suzuki Karimun Wagon R GS MT Rp 144.000.000
Suzuki Karimun Wagon R MPV 7-Seater belum ada harga

Perbedaan Tipe Suzuki Karimun Wagon R 2017

Suzuki Karimun Wagon R hadir dengan tiga tipe yaitu GA, GL dan GS. Secara umum dari mesin dan dimensi semua jenis tipe wagon R adalah sama. Perbedaannya, terletak pada fitur yang dimilikinya.

Berikut perbedaan tiga tipe tersebut :

Suzuki Karimun Wagon R Tipe GA 2017

Suzuki Karimun Wagon R Tipe GA memiliki mesin K10B 1.0 DOHC Injection, 5 seat, AC, Immobilizer, Central Lock, lampu multireflector, steering (rack and pinion ringan), dan metal timing chain. Versi termurah dari Karimun Wagon R itu memiliki empat pilihan warna yaitu Silky Silver, Cool Black, Radiant Red, dan Graphite Grey.

Suzuki Karimun Wagon R Tipe GL 2017

Secara umum, tipe ini hampir mirip dengan Karimun Wagon R tipe GA. Namun, ada penambahan di beberapa titik seperti power steering, velg alloy yang berbeda dengan tipe GA yang bervelg steel, 1 Din Audio dan ada roof rail yang membuat desainnya lebih gagah dan membawa barang ketika bepergian jarak jauh. Model itu menawarkan tujuh pilihan warna yaitu Lagoon Turquoise 3, Splash Green 2, Silky Silver, Cool Black, Radiant Red, Graphite Grey dan Burgundy Red.

Suzuki Karimun Wagon R Tipe GS 2017

Karimun Wagon R Tipe GS 2017 bisa dibilang sebagai kakak dari GA dan GL. Tipe ini memiliki fitur yang lebih lengkap. Jika GA hanya tersedia 4 warna dan GL hanya 7 warna. Karimun Wagon R Tipe GS 2017 memiliki 8 warna, yaitu hijau (Splash Green), putih (Pearl White), biru (Lagoon Turquis), merah burgundy (Burgundy Red), merah (Radiant Red), hitam (Cool Black), silver (Silky Silver), abu-abu (Graphite Gray).

Karimun Wagon R tipe GS ini juga sudah mengusung AC double blower dengan audio 2 DIN serta chrome garnis yang melapisi bagian depan serta semua fitur yang ada di GA dan GL.

Baca juga artikel :
Harga dan Spesifikasi Suzuki Ertiga April 2017
Berapa Harga Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dengan Teknologi Baru?
Suzuki Inazuma Asik Buat Touring, Berapa Harganya?
Like us!
Adam Rizal

Contributor

108 Posts