Xiaomi Redmi 4A Turun Harga, Xiaomi Redmi Note 4 Paling Laris

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 23 Mar 2017 | 15:30

Berdasarkan informasi dari sejumlah pedagang di sentra penjualan hape Mall Ambassador, Xiaomi Redmi Note 4 menjadi yang paling laris. Dimana hape Xiaomi Redmi 4A yang menjadi produk teranyar justru mengalami penurunan harga.

Harus diakui, hape Xiaomi telah menjadi salah satu merek yang memiliki banyak penggemar. Kelebihan dari hape Xiaomi adalah harganya yang terjangkau, namun dibekali spesifikasi canggih yang tak kalah saing. Hanya saja, dari sekian banyak model seri yang ada di pasaran Indonesia, hanya sebagian kecil yang memiliki jaminan garansi resmi.

Varian hape Xiaomi yang memiliki garansi resmi diantaranya Xiaomi Redmi 1s, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi Note, Xiaomi Mi 4i, Xiaomi Redmi Note 3 Pro, Xiaomi Mi Pad dan terakhir adalah Xiaomi Redmi 4A. Sedangkan diluar model yang di atas merupakan garansi distributor. Hal ini disebabkan sejak adanya aturan pemerintah mengenai TKDN untuk hape 4G.

Meski demikian, banyaknya peminat membuat pasar terus dibanjiri hape Xiaomi. Beberapa seri terbaru yang mulai dipasarkan di Mall Ambassador adalah hape Xiaomi Redmi 4, Xiaomi Redmi 4A, Xiaomi Redmi 4X, dan Xiaomi Redmi Note 4X yang menggunakan prosesor Snapdragon. “Untuk saat ini ada hape Xiaomi terbaru seperti Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, dan Redmi Note 4X,” kata Hasan dari toko hape Jakarta Gadget.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan Pricebook di Mall Ambassador, hape Xiaomi yang paling banyak dicari oleh konsumen adalah Xiaomi Redmi Note 4. “Salah satu yang paling laris adalah Xiaomi Redmi Note 4. Untuk seri lain yang juga lumayan laku Xiaomi Redmi 4 dan Xiaomi Mi5,” ujar Ferry dari toko hape Ponsel 58.

Hape Xiaomi Redmi Note 4 ini memang menawarkan spesifikasi tinggi dengan banderol harga terjangkau, yang berada kisaran harga Rp 2 jutaan. Hape ini sudah dilengkapi prosesor delapan inti dari Mediatek Helio X20 lengkap dengan dukungan memori RAM 3GB dan ruang penyimpanan besar mencapai 32GB atau 64 GB. Layarnya berukuran 5,5 inci dengan resolusi FullHD 1920 x 1080 serta memiliki kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel lengkap dengan sensor sidik jari dan baterai besar berkapasitas 4100 mAh.

Munculnya seri baru membuat beberapa hape Xiaomi yang sudah dipasarkan sebelumnya menghilang dari pasaran, salah satunya adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Padahal seri ini sempat menjadi hape Xiaomi yang paling laris di beberapa sentra penjualan hape. Bahkan sampai saat ini pun peminatnya masih banyak, hanya saja langkanya ketersediaan barang membuat konsumen beralih ke seri lain.      

Hape Xiaomi Redmi 4A Turun Harga

Berbeda dengan Xiaomi Redmi Note 4 yang paling laris dibeli, hape Xiaomi Redmi 4A justru mengalami penurunan harga. Hape Xiaomi Redmi 4A menjadi seri anyar yang dirilis Xiaomi secara resmi dengan menggandeng Erajaya sebagai distributor resmi.

Xiaomi Redmi 4A hadir dengan layar 5.0 inchi IPS LCD beresousi 720 x 1280 piksel, sayangnya kami kembali belum menemukan pelindung layar pada smartphone ini. Sektor layar Xiaomi Redmi 4A nyaris tak ada perubahan sama sekali, kecuali tampilan yang lebih cantik dengan 2.5 D glass.

Hape Xiaomi Redmi 4A sendiri memiliki spesifikasi yang tak kalah andal. Mereka tetap memasukkan fitur yang sedang tren yaitu penggunaan fitur fingerprint sensor, koneksi jaringan 4G LTE, serta menjalankan OS Android v 6.0 Marshmallow berbasis MiUi 8.0 yang kinerjanya sangat responsif. Pada bagian hardwarenya Xiaomi Redmi 4A akan disokong prosesor Snapdragon 425 Octa Core 1.4 ghz yang dipadukan dengan RAM 2GB, ruang penyimpanan internal 16GB dan GPU Adreno 430.

Untuk sumber daya dipercayakan kepada baterai berkapasitas 3120mAh. Sementara untuk kemampuan kamera, hape Xiaomi Redmi 4A masih mengandalkan kamera utama beresolusi 13 megapiksel lengkap dengan PDAF dan Led flash, serta kamera depan beresolusi 5 megapiksel. Yang menarik dari hape ini adalah sudah dirakit oleh perusahan lokal untuk memenuhi regulasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang sudah ditetapkan pemerintah Indonesia untuk hape 4G. Dimana Xiaomi bekerjasama dengan PT Erajaya Swasembada Tbk, PT Sat Nusapersada Tbk, dan juga TSM.    

Untuk hape Xiaomi Redmi 4A bergaransi resmi yang dijual Erafone harganya dipasarkan Rp 1.499.000. Sedangkan penjualan dengan garansi distributor di beberapa toko hape rekanan Pricebook harga termurah untuk Xiaomi Redmi 4A berada di kisaran Rp 1,3 juta. Harga ini sedikit menurun dari sebelumnya dipasarkan seharga Rp 1,36 juta.

Meski sedikit lebih mahal, namun keuntungan dari hape yang dirilis resmi pengguna akan mendapatkan layanan purna jual yang maksimal. Segala macam permasalahan yang terjadi dengan perangkat dapat diselesaikan dengan baik melalui jaringan service center resmi Xiaomi yang disediakan.

Baca juga artikel:
Hape Xiaomi yang Bisa Mencicipi MIUI 8.2, Ini Daftar Lengkapnya!
6 Hape Xiaomi Murah yang Dirilis Resmi di Indonesia
Masuk Indonesia, ini Dia Harga Trio Xiaomi Redmi 4 di Tokopedia

Artikel Lainnya

Komentar