Suzuki Inazuma Asik Buat Touring, Berapa Harganya?

Oleh Aris Wibowo updated Rabu, 08 Mar 2017 | 14:29

Beberapa tahun ini, pasar motor sport Indonesia sedang ramai oleh motor sport fairing berkapasitas mesin 250 cc. Namun, tahukah kamu sebelum Ninja 250 dan CBR 250 merajai jalanan Indonesia, produsen Suzuki sudah memiliki varian sport 250cc yakni GSX 250 atau Thunder 250.

Kini memasuki tahun 2017, Suzuki masih mengandalkan varian sport turing bernama Suzuki Inazuma. Diharapkan menjadi pilihan lain bagi pengguna roda dua yang mencari motor sport ber-cc besar. Hadir dengan teknologi dan bodi keren serta ditunjang gaya yang modern. Suzuki Inazuma memiliki posisi berkendara yang nyaman untuk perjalanan jauh.

Harga Suzuki Inazuma

Sebagai motor sport 250cc berteknologi canggih, harga Suzuki Inazuma terbilang terjangkau. Ada dua varian untuk pasar Indonesia yang bisa Anda pilih. Tipe pertama merupakan Inazuma standar, bodi lebih elegan dan minimalis serta harga yang lebih murah.

Kedua ialah tipe Inazuma GW. Tipe ini hadir dengan warna striping khas Suzuki. Tidak hanya itu, produsen Jepang ini juga menambahkan beberapa bodi tambahan seperti whinshield lebih besar dan engine cover. Untuk spek mesin, keduanya masih sama.

Suzuki Inazuma R Standard
Harga termurah

Rp 42,500,000

Kriteria Spesifikasi
Kapasitas Mesin 0.25 L
Jumlah Silinder 1 Silinder
Tipe Transmisi Manual
Jenis Drive Chain
Jumlah Tak 4 Stroke
Valve configuration SOHC (Camshaft Tunggal)

Desain

Aura moge begitu kental Inazuma. Nampak dari desain yang sekilas mirip Suzuki 1000cc. Suzuki Inazuma mengusung konsep sport bike yang beraliran touring. Tampak dari penambahan sayap di bagian samping tangki motor. Tidak hanya itu, Suzuki juga sudah menggunakan lampu utama dengan desain yang futuristic dan sporty. Apalagi terdapat lampu kota yang juga unik.

Suzuki Inazuma memiliki dimensi besar sehingga posisi berkendaranya cocok untuk boncengan jarak jauh. Sayangnya, pada bagian bahan bakar, hanya dibekali tangki berkapasitas 13,3 liter saja. Hal ini sedikit mengecewakan mengingat motor ini diproyeksikan untuk perjalanan jauh.

Harga Suzuki Inazuma yang mahal salah satunya disebabkan penggunaan rangka semu double crandle yang mirip rangka motor besar. Rangka ini terkenal cukup kuat dan stabil. Terdapat suspense teleskopik pada bagian depan dan mampu menyerap getaran sehingga motor mudah melewati medan yang tidak rata. Suzuki memasang monoshock dibagian belakang dengan 7 setelan kenyamanan sehingga bermanuver lebih aman.

Susuki Inazuma juga sudah dilengkapi dengan ban dan pelek lebar. Untuk ban depan terpasang 110/80 dan ban belakang terpasang 140/70. Kedua kaki – kaki dilengkapi sistem pengereman cakram. Dengan spek mewah layaknya motor besar, jangan heran kalua harga Suzuki Inazuma lebih mahal dibanding Suzuki Thunder 250.

Mesin Suzuki Inazuma

Suzuki memasang mesin berkapasitas 248 cc dengan teknologi 4 langkah SOHC dan dilengkapi sistem pendingin cairan agar mesin tetap optimal meski suhu panas. Suzuki juga memasang teknologi injeksi untuk menghemat bahan bakar dan lebih bertenaga. Suzuki Inazuma mampu mengonsumsi 1 liter bahan bakar untuk jarak 39 km. Hal ini terbilang irit untuk sebuah motor sport 250cc.

Suzuki Inazuma punya 6 transmisi kecepatan untuk mengeluarkan tenaga besar saat berakselerasi sehingga nyaman untuk tanjakan atau menyalip di kemacetan jalanan.

Fitur Suzuki Inazuma

Suzuki Inazuma didukung double knalpot berdesain sporty. Memiliki speedometer jenis analog dan digital yang membuat kesan modern pada motor semakin kuat. Tidak hanya itu, terdapat sistem elektronik baru yang akan mengatur kelistrikan hingga volume bahan bakar.

Salah satu hal yang membuat harga Suzuki Inazuma mahal ialah adanya fitur tuas rem, terdapat di stang motor dan bisa diubah posisinya hingga 5 setelan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bisa menyesuaikan posisi berkendara dengan lebih baik.

Salah satu hal yang mengecewakan di Suzuki Inazuma ialah tidak adanya kick starter. Motor ini hanya mengandalkan elektrik starter saja. Jika kehabisan daya aki bisa menjadi mimpi buruk bagi pengendara.

Baca juga artikel:
Mau Nyicil Motor Suzuki? Ini Daftar Harga Lengkapnya!
Harga Suzuki GSX R150 Lebih Murah dari V-Ixion dan CB150
Suzuki Produksi Massal Motor Sport GSX 150 di Indonesia

Artikel Lainnya

Komentar