Harga dan Spesifikasi Suzuki Satria 2018 yang Sangat Menggoda

Oleh Raditya Manggala updated Jumat, 26 Jan 2018 | 16:36

Teknologi injeksi memang menjadi tren motor saat ini. Pasalnya dengan teknologi tersebut, motor lebih hemat bahan bakar dan lebih mudah dalam hal perawatan. Bila Yamaha dan Honda sudah mulai menerapkan teknologi ini sejak beberapa tahun lalu, produsen Suzuki akhirnya memasang juga teknologi ini pada salah satu produk motor terlaris andalannya yakni Suzuki Satria.

Produsen asal Jepang ini akhirnya merilis versi injeksi motor bebek 150 cc ini pada Februari 2016 lalu. Tentu kehadiran motor terbaru Suzuki Satria menjadi angin segar bagi pecinta roda dua di Indonesia yang mencari motor bebek sporty.

Tentu dengan spek baru, harga Suzuki Satria menjadi sedikit lebih mahal. Kesuksesan Suzuki Satria F150 pada Agustus 2016 lalu membuat produsen otomotif asal Jepang ini termotivasi untuk menghadirkan generasi baru yakni All New Suzuki Satria F150.

Demi mendapatkan pangsa pasar anak muda yang dinamis dan sporty, Suzuki mengusung produk dengan peningkatan di sisi performa mesin, desain, hingga fitur-fitur canggih lain yang tidak ditemui di varian sebelumnya.

Selain menghadirkan varian baru dengan beragam kelebihannya, tak lupa Suzuki memberikan kesempatan bagi konsumennya yang ingin tampil beda dengan merilis versi limited edition dari produknya yaitu All New Suzuki Satria F150 Black Predator.

Pada varian ini kesan eksklusif akan dipertahankan oleh Suzuki dengan memproduksi All New Suzuki Satria F150 Black Predator dalam jumlah yang terbatas.

Harga Suzuki Satria

satria f 150
via motorsatria.com

Kehadiran motor Suzuki Satria F150 terbaru ini dimaksudkan untuk bersaing dengan Yamaha MX King 150 dan Honda Sonic 150R. Tidak heran harga Suzuki Satria tidak berbeda jauh dengan kedua motor bebek 150 cc ini.

Menariknya, untuk memuaskan pengguna dari sisi kebutuhan dan budget, Suzuki merilis dua tipe Suzuki Satria 2017 yakni tipe standar dan tipe high grade. Tipe high grade sendiri bisa disebut sebagai tipe special edition. Pasalnya, yang membedakan kedua tipe motor injeksi ini ialah warna bodi dan strepingnya saja.

Untuk mesin dan teknologi, kedua tipe motor berkonsep “Ayam Jago” ini masih menggunakan mesin 150 cc yang sama serta sudah berpendingn cairan. Tidak heran selisih harga Suzuki Satria berbeda tipe ini tidak terlalu jauh.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan tampilan eksklusif penuh gaya, Suzuki melansir 2 varian tipe dengan harga yang bersaing. Varian bertipe standart terdiri dari strionger red, briliant white, dan titan black.

Sedangkan tipe high grade terdiri dari Macho Bright Blue dan Solid Black-Red Casting Wheel. Selain itu Suzuki juga menyediakan layanan purna jual yakni garansi mesin selama 3 tahun atau equivalent 30.000 KM.

Garansi tersebut ditambah lagi dengan body electrical warranty untuk 1 tahun atau equivalent 10.000 KM. Demi kenyamanan konsumen Suzuki juga telah menyediakan spare part dan accesori yang tersedia di seluruh bengkel resmi Suzuki.

Desain All New Satria F150

all new satria f 150
via rideralam.com

Desain hyper-underbone tipe Twin Spar Frame baru pada Suzuki F150 kini mengalami pengembangan dengan adanya penambahan DNA MotoGP yang menghadirkan All New Satria F150 menjadi lebih ramping dan compact.

Desain hyper-underbone sudah menjadi pilihan masyarakat Indonesia dengan peredarannya yang lebih dari 1 juta unit sejak tahun 2004 hingga saat ini. Fitur Safety Shutter Key melengkapi fungsi keamanan pada All New Satria F150 yaitu kunci pengaman magnet terbaru yang dapat dioperasikan dengan lebih praktis.

Selain itu terdapat bank sensor yang membuat pengendara bisa lebih aman ketika menikung. Inovasi lainnya adalah footstep depan All New Satria F150 dapat ditekuk.

Mesin Suzuki All New Satria F150

satria f 150
via mobil123.com

Sedangkan kelebihan fitur fungsional yang hanya dimiliki All New Satria F150 adalah New Compartement Space pada bagian antara handle bar dan jok pengendara. Ruang kompartemen tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyimpang barang yang berukuran kompak sehingga menambah nilai kepraktisan saat mengendarai All New Satria F150.

All New Satria F150 ditenagai mesin baru 150cc DOHC (Double Overhead Camshaft) berteknologi Fuel Injection dengan Dual Spray Injector terintegrasi oleh ECM (Electronic Control Module) sebagai otak processor dari sistem Fuel Injection.

Mesin ini juga diperkuat dengan valve setting angle yang lebih presisi dengan valve diameter lebih besar, membuatnya menjelma menyerupai arsitektur mesin motor balap. Suhu mesin yang optimal dengan spesifikasi yang lebih mirip dengan spesifikasi motor balap tersebut dijaga oleh radiator paling besar di kelas 150cc sebagai liquid cooling system.

Image Suzuki Satria sebagai motor bertenaga besar diperkuat dengan throttle body berukuran 32 mm yang umumnya digunakan pada motor balap. Komponen piston pada All New Suzuki Satria F150 memiliki konstruksi yang kuat namun dengan bobot lebih ringan 16% daripada model sebelumnya.

Pada dinding silender mesin terdapat SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) yaitu material yang memungkinkan mesin tetap kuat dan awet walaupun dipacu pada kecepatan tinggi. Desain baru box air filter yang lebih besar memungkinkan peningkatan 24% lebih banyak Suplai udara bersih menuju ruang pembakaran.

Tenaga yang dapat dihasilkan oleh mesin motor ini merupakan tenaga paling besar di kelas 150cc yaitu hingga 13.6 KW pada 10.000 RPM. Selain itu torsi yang dihasilkan juga tak main-main, hingga 13.8 Nm pada 8.500 RPM.

Tenaga tersebut dapat terasa sejak awal dihidupkan hingga pada kecepatan maksimal oleh pengendara. Berkat integrasi perangkat elektronik yang canggih, tenaga besar yang dihasilkan All New Satria  F150 tetap memiliki efisiensi yang tinggi sehingga irit konsumsi bahan bakar.

Akselerasi yang tinggi juga bisa dirasakan melalui transmisi 6-speed yang responsif dan mulus saat dioperasikan. Rantai motor juga dilengkapi seal untuk memaksimalkan pergerakan tenaga ke poros roda lebih halus dan aman dari kotoran yang menempel.

Velg yang lebih ringan disertai dengan ban tubeless membuat handling motor lebih ringan dan lincah. Ditambah dengan disc brake pada roda depan dan belakang.

Fitur Suzuki Satria

speedometer satria f150
via autotimesport.files.wordpress.com

Inovasi All New Satria F150 dapat kita jumpai pada penampang spedometernya yang kini memiliki tampilan full digital. Selain sebagai indikator kecepatan, fungsi lain seperti Gear Position, RPM, FI Ready, Twin trip, Coolant Temperature, Oil Change Interval hingga penunjuk waktu.

Selain eye cathcy Tampilannya kini juga sangat informatif untuk pengendara. All New Satria F150 mengadopsi teknologi 1-Push Electric Starter untuk menyalakan mesin dari Big Bike Suzuki. Sedangkan teknologi LED kini disematkan pada bagian headlamp sehingga memberikan visibilitas yang lebih tinggi pada malam hari.

Khusus pada varian-varian High-Grade, Suzuki All New Satria F150 Black Predator, terdapat Suzuki Security Alarm System yang dapat menghidupkan dan mematikan mesin dengan satu sentuhan.

Dengan fungsi tersebut, praktis keberadaan batang besi pada kunci motor dapat dihilangkan sehingga tampilannya kini terlihat lebih modern dan futuristik. Ada lagi fitur tambahan khusus pada varian black predator, yaitu space yang lebih besar sebagai kompartemen barang-barang berukuran compact.

Fungsi ini sebenarnya untuk mendukung fitur USB charge yang dapat digunakan ketika mesin motor pada kondisi hidup. Jangan melakukan pengisian daya dalam kondisi mesin mati agar tegangan aki tidak berkurang.

Tertarik Beli All New Staria F150?

Sekarang, tinggal Anda yang memutuskan apakah ingin membeli All New Staria F150. Motor ini dijamin akan memberi Anda kepuasan berkendara dengan performanya yang baik serta desainnya yang sporty. Jadi, tertarik membelinya?

Baca juga artikel:

Fungsi Oli pada Motor dan Risikonya Ketika Habis

5 Motor Trail Terbaik yang Tangguh di Segala Medan

Vespa GTS i-Get 150 Jadi Pesaing Motor Matic 150cc

Artikel Lainnya

Komentar