ASUS ROG Strix GL553, Laptop Gaming ASUS dengan Intel Generasi Ke-7

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 17 Peb 2017 | 11:59

Menjadi salah satu laptop gaming ASUS mutakhir yang muncul pada awal 2017 dengan membawa prosesor Intel Generasi Ke-7 dan kartu grafis Nvidia GTX 1050 atau 1050Ti. Kemampuan dan spesifikasi tersebut sanggup melahap game-game kekinian yang menyenangkan saat ini.

Bagi mereka yang mengaku gamers pasti mengetahui, bahwa hobinya itu mensyaratkan hal lain yang memungkinkan mereka untuk leluasa ketika bermain, yaitu sebuah perangkat yang mumpuni. Perangkat ini menjadi syarat utama yang harus dipenuhi untuk mewadahi aktivitas tersebut agar mampu berjalan dengan lancar. Dan semua itu bisa didapatkan pada laptop gaming ASUS ROG Strix GL553. Berikut beberapa kelebihan dari laptop gaming ASUS terbaik di awal 2017 ini.

Desain Laptop Gaming ASUS ROG Strix GL553

Dengan desain yang khas laptop gaming Republic of Gamers, pengguna akan memiliki gengsi tersendiri ketika menggunakannnya kapanpun dan dimanapun. Karena laptop gaming ASUS terbaik ini mengusung desain yang trendi dan berkelas. Laptop gaming ASUS ROG Strix GL553 sangat premium dengan paduan warna oranye terang dan hitam pekat. Aksen garis yang tegas menciptakan kesan elegan. Dua garis oranye ini akan menyala saat laptop dihidupkan.

Di sisi dalam, logo STRIX ditempatkan di sisi kiri atas dan logo ROG di kanan bawah. Material palm rest yang digunakan juga sangat baik dan tidak licin saat sedang digunakan. Laptop gaming ASUS ROG Strix GL553 memiliki desain wajah yang serupa dengan ROG Strix sebelumnya. Namun perbedaanya untuk perangkat yang satu ini memiliki bobot sedikit agak lebih berat. ASUS ROG Strix GL502 bobotnya adalah 2,2 Kg sedangkan ASUS ROG Strix GL553 yakni 2,5 Kg.

LED Keyboard Laptop Gaming ASUS ROG Strix GL553

Desain di laptop gaming ASUS ini semakin menarik berkat penggunaan keyboard berfitur LED backlit yang memancarkan warna merah menyala. Selain membantu para gamer ketika harus bermain di tempat yang gelap, sekaligus menjadi terlihat sangat keren. Keyboard desain chiclet milik ASUS ROG Strix GL553 ini memiliki sedikit unsur rubber finished karena saat disentuh terasa begitu halus dan lembut. Selain itu, LED backlit berwarna merah dengan tiga tingkat kecerahan khas ROG turut membantu penggunaan di area minim cahaya.

Uniknya, keyboard yang dimiliki ASUS ROG Strix GL553 ini sangat nyaman digunakan karena menggunakan teknologi scissor-switch key dengan jarak tekan 2,5 mm. Keyboard ini juga memiliki fitur 30 key-rollover untuk mengurangi ghosting saat sedang ditekan. Hal ini menjadikan keyboard-nya memiliki tingkat kenyamanan yang sama dengan ASUS ROG G752.

Performa Laptop Gaming ASUS ROG Strix GL553

Sebagai laptop gaming terbaru tentu sudah ini mendapatkan update di sejumlah sektor, terutama ada pada komponen prosesor dan kartu grafis, serta beberapa hardware pendukung lain seperti keyboard yang lebih tactile dan lainnya. Laptop gaming ASUS ROG Strix GL553 dibekali dengan prosesor Intel Core i7-7700HQ, yaitu sebuah prosesor terbaru yang berkode nama Kabylake dari generasi ke-7. Prosesor ini merupakan teknologi lanjutan untuk mikroprosesor generasi sebelumnya dengan kode nama Skylake.

Khusus untuk Intel Core i7-7700HQ, chip tersebut merupakan prosesor yang memiliki empat core berkecepatan 3,8GHz (boost), cache 6 MB, dan nilai TDP 45 W. Secara bawaan, kartu grafisnya adalah Intel HD 630 yang telah didukung oleh DirectX 12, OpenGL 4.4 dan sejumlah fitur fitur lain seperti 4K support, Clear video HD technology dan Intel Quick Sync Video. Semua fitur ini akan memaksimalkan pengalamana penggunaan khususnya dalam aspek multimedia, seperti kecepatan rendering video, editing foto memainkan film, musik dan lainnya. Meski demikian, masih memiliki kesamaan dengan prosesor sebelumnya yakni masih menggunakan teknik litografi 14nm.  

Sementara untuk pengolahah grafisnya sudah menggunakan Nvidia GTX 1050 yang merupakan penerus dari versi GTX 900 Series atau lebih tepatnya melanjutkan seri GTX 950. Dibandingkan dengan seri GTX 950, GTX 1050 dan 1050Ti memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni. Letak perbedaaannya adalah pada clock speed yang meningkat menjadi 1455 MHz dari sebelumnya yakni 1188 MHz. Sedangkan pada GTX 1050 Ti video memorinya juga mendapat peningkata menjadi 4 GB DDR5.

Dua chip grafis tersebut adalah teknologi graphic card terbaru yang dirilis oleh Nvidia yang masih berasal dari keluarga arsitektur Pascal. GTX1050Ti memiliki CUDA Cores sebanyak 768 sementara GTX1050 mempunyai 640. CUDA Cores mampu memaksimalkan kemampuan hardware pada komputer sehingga membuatnya mampu bekerja secara simultan atau dikenal sebagai parallel processing.

Dengan jumlah CUDA Cores yang sedemikian banyak, maka memungkinkan proses komputasi berat yang membutuhkan memori besar hingga grafis tinggi mampu dijalankan dengan lancar dan cepat. Hal tersebut karena perangkat tidak hanya mengandalkan CPU saja melainkan juga dibantu oleh kekuatan GPU.

Tidak hanya itu, kekuatan komponen internal lain yang dimilikinya antara lain, kapasitas media penyimpanan berbasis HDD sebesar 1 TB 7200 rpm, SSD 256GB atau 128GB, RAM 16 GB menggunakan DDR4 berkecepatan 2133 MHz yang mampu ditambah hingga 32 GB. Memori penyimpanan sementaranya berjenis DDR4, yang memiliki kecepatan 33 persen lebih baik dibandingkan tipe DDR3 serta power saving 40 persen yang juga lebih baik.

Penggunaan storage berbasis Solid State Drive (SSD), dengan sendirinya akan menambah kenyamanan dalam mengolah proses komputasi, baik ketika bermain atau melakukan tugas-tugas yang lebih ringan. Karena SSD memiliki performa dan kecepatan akses (write/read) yang lebih mumpuni dibanding HDD.

Software Khusus Laptop Gaming ASUS ROG Strix GL553

Laptop gaming ASUS ROG Strix GL553 memiliki sebuah software yang didesain secara khusus oleh ASUS, untuk memaksimalkan performa dan kenyamanan ketika bermain. Aplikasi tersebut adalah ASUS Gaming Center, yang memungkinkan pengguna mengonfigurasi beberapa aspek seperti mengendalikan kecepatan kipas (fan) serta mengontrol beberapa mode gaming sesuai keinginan dan kebutuhan.

Pada ASUS ROG Strix GL553 juga terdapat sebuah software khusus yang dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pengalaman bermain game online. Aplikasi bernama GameFirst III ini ketika dihidupkan, akan membantu pengguna untuk menyesuaikan bandwidth jaringan internet yang sedang digunakan, terfokus mengalir pada game yang sedang dimainkan. Ketika bandwidth terpusatkan, secara otomatis permaian online yang sedang berjalan tidak akan mudah menjadi lag. Karenanya Anda akan bermain dengan aman dan nyaman.

Di Indonesia, produk ini ditawarkan mulai dari harga Rp18.799.000.

Asus ROG STRIX GL553VW-FY179T
Harga termurah

Rp 16,499,000

Kriteria Spesifikasi
Ukuran Layar 15.6 inch
Resolusi Layar 1920 x 1080 Pixel
Tipe Prosesor Core i7
RAM 16 GB
Kapasitas HDD 1 TB
Kartu Grafis NVIDIA
Graphic Card Memory Size 4 GB
USB 3.0 2 Port(s)
OS Windows 10
Tipe Kartu Grafis GeForce GTX960M

Baca juga artikel:
Laptop Gaming ASUS X550IU Dirilis dengan VGA AMD RX 460
ASUS Rilis Ultrabook Premium ZenBook Flip Terbaru di 2017
CES 2017 ASUS Perkenalkan Laptop Terbaru ASUS Zenbook 3 Deluxe Version

Artikel Lainnya

Komentar