Diperbaharui pada Senin, 16 Januari 2023 | 10:35

Update Harga Honda BR-V Berbagai Tipe di Indonesia

Honda Prospect Motor (HPM) selaku pemegang merk dagang mobil-mobil Honda di Indonesia sedang tersenyum sumringah tahun lalu, mengingat posisinya sebagai pabrikan otomotif terbesar ke dua yang tahun sebelumnya berada di posisi ketiga. Salah satu model yang mendompleng penjualan Honda di Indonesia adalah sport utility vehicle (SUV) Honda BR-V yang sangat laris manis di pasar.

Honda BR-V mampu menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan SUV tangguh yang sanggup menampung tujuh penumpang, irit bahan bakar dan bertenaga. Honda Indonesia pun telah merakit Honda BR-V di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat untuk menekan harga jualnya di Indonesia dan mempercepat saluran distribusi ke diler-diler Honda di Indonesia.

Honda BR-V melakukan debut "World Premier" dalam ajang GIIAS di ICE BSD City, Tangerang dan berhasil menarik perhatian publik akan sosok Honda BR-V. Honda BR-V menyasar segmen low SUV atau crossover.

Desain Eksterior Honda BR-V

SUV Honda BR-V memiliki bodi yang compact dan gagah. Berbeda dengan Honda CR-V atau HR-V yang berkarakter agresif dan maskulin, Honda BR-V memiliki desain bodi yang memadukan Honda Mobilio dan Honda Jazz.

Honda BR-V memiliki lekuk body stylish yang memancarkan aura elegan yang sempurna. Desain Honda BR-V memiliki bodi yang aerodinamis khas Roundabout Vehicle. Selain itu, Honda BR-V tampil lebih "slim" dibanding dengan mobil-mobil tipe crossover lainnya.

Honda BR-V memiliki desain headlamp pada BR-V yang mengusung model long shape dengan garis tegas ke samping dengan teknologi projector headlamp. Honda BR-V mengusung front grill yang terbuat dari frame bertingkat dengan aksen krom mengilap dan emblem merk Honda tepat di bagian tengah.

Untuk bumper depan, Honda BR-V mempunyai fog lamp yang cukup besar dan fascia depan yang benar-benar jantan. Berpindah ke samping, Honda BR-V memiliki aura kental Honda CR-V dan HR-V, terlihat lekukan bodi yang dinamis dan tajam pada bagian sampingnya.

Selain itu, Honda BR-V juga mempunyai aksesoris fender hitam berbahan fiber pada sisi bawah yang melingkar dari depan mengikuti alur ke belakang bodi mobil sehingga terlihat lebih sporty.

Pada bagian belakang buritan, Honda BR-V memiliki stoplamp yang desainnya cukup futuristik berpadu dengan spoiler yang turut mempermanis aura sporty-nya. Terakhir, Honda BR-V memiliki spion dengan model retractable mirror yang memungkinkan pengguna mengatur spion dengan sentuhan tombol.

Desain Interior Honda BR-V

Honda BR-V merupakan mobil small SUV dengan kabin ala MPV yang dapat mengangkut jumlah penumpang banyak seperti halnya MPV. Honda BR-V dapat mengangkut maksimal 7 penumpang.

Honda BR-V menawarkan desain interior yang trendy dan friendly. Dashboard Honda BR-V didominasi warna hitam dengan ruang kabin yang dibuat menarik mirip dengan Honda Jazz.

Honda BR-V mempunyai fitur audio player Double DIN dengan layar sentuh 6.1 inci yang menunjang kebutuhan hiburan di dalam kabin dan desain speedometer yang minimalis.

Honda pun memasang sabuk pengaman di setiap jok kursi Honda BR-V dengan fitur potensioner dan fitur One Touch Tumble pada jok kursinya. Jok penumpang Honda BR-V pun sudah mengusung teknolog 50:50 folding row 3 yang memungkinkan penumpang dapat melipat sebagai bagian tambahan bagasi. Untuk kenyamanan, Honda BR-V memiliki fitur AC Double Blower untuk menunjang kenyamanan penumpang.

Dimensi Honda BR-V

Honda BR-V memiliki dimensi yang ideal, jadi tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Secara fisik, Honda BR-V memiliki ukuran panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.650 mm serta wheelbase 2.660 mm serta ground clearance 200 mm yang lebih tinggi dari MPV Honda Mobilio dan membuatnya mampu melibas berbagai kondisi medan.

Untuk kenyamanan penumpangnya, Honda BR-V mengusung suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang. Untuk fitur pengereman, Honda BR-V menggunakan teknologi rem ABS EBD (Electronic Brakeforce Distribution) sehingga laju kendaraan lebih terkontrol.

Mesin Honda BR-V

Honda BR-V mengusung mesin i-VTEC berkapasitas 1.5 liter terdiri dari 4-silinder model segaris DOHC 16 katup. Mesinnya mampu menyemburkan tenaga 120 HP pada 6.600 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Meskipun bersilinder kecil, mesin i-VTEC Honda BR-V mampu menghasilkan tenaga yang setara dengan mesin bersilinder besar dan dapat meminimalisir konsumsi bahan bakar serta nyaman untuk kendaraan harian.

Fitur-fitur Honda BR-V

Seperti mobil-mobil SUV Honda lainnya, Honda BR-V memiliki fitur-fitur terbaik masa kini. Pertama, fitur keamanan. Honda BR-V sudah mengadopsi potenzioner seatbelt untuk menunjang keamanan pengendara dan fitur Dual Airbag System yang akan memberikan keselamatan tambahan ketika terjadi benturan mendadak.

Pada bagian pengereman, Honda BR-V memiliki fitur Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD). Fitur-fitur ABS dan EBD berfungsi untuk mencegah roda terkunci pada saat terjadi pngeremam mendadak. Selain itu, teknologi EBD juga memungkinkan pengendara mendapatkan kestabilan dalam mengontrol kendaraan.

Untuk varian paling tinggi adalah Prestige (CVT) yang sudah memiliki fitur spesial yaitu fitur Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nano E-ionizer serta Aero Kit. Selain itu, Honda BR-V juga mempunyai teknologi Immobilizer Key yang meningkatkan fitur keamanannya.

Harga Honda BR-V

Harga Honda BRV cukup kompetitif dan mengincar pasar Nissan Juke dan Mitsubishi Outlander Sport sekaligus menambah sesak pasar low SUV yang saat ini sudah dihuni persaingan antara Daihatsu Terios, Toyota Rush, dan Ford EcoSport. Tahun lalu, Honda BR-V membukukan penjualan 38.666 unit dan menjadi model paling laris ke dua Honda di Indonesia setelah Honda Mobilio.

Mengenai harganya sendiri, Honda Prospect Motor sudah mematok harga Honda BR-V paling murah adalah tipe S bertransmisi manual yang dijual mulai harga Rp233 juta. Di atas tipe S, ada dua BR-V tipe E yang terdiri dari dua varian. Untuk Honda BR-V tipe E manual dijual dengan harga Rp243 juta, sedangkan untuk BR-V tipe E CVT dijual dengan harga Rp253 juta. Lantas untuk harga tertinggi ditempati oleh BR-V Prestige CVT yang dijual dengan harga Rp268 juta. Harga Honda BRV tipe Prestige ini memang menjadi yang paling mahal karena memiliki fitur paling lengkap serta desain yang sangat elegan.

Perbedaan Honda BR-V

Honda BR-V Tipe S M/T

Honda BR-V Tipe S M/T merupakan tipe paling bawah dengan transmisi manual 6 percepatan. Desain eksteriornya memiliki lampu proyektor, lampu kabut, roof rail, power reactable door mirror, antena mikro. Bagian kakinya menggunakan pelek alloy ukuran 16 inci. Model itu juga memiliki stop lamp atas LED, lampu stop kombinasi dan pembersih kaca belakang.

Model itu memiliki LCD display, indikator ECO, spion tengah yang bisa menyesuaikan dengan cahaya, tilt steering, audio double din, AC digital dengan blower ganda. Bagian kursi kedua dilengkapi fitur one touch tumble guna memudahkan naik ke baris ketiga. Khusus kursi kedua bisa digeser maju mundur. Seluruh kaca Honda BR-V Tipe S M/T memiliki Heat Rejecting Green Tinted Glass yang berfungsi untuk menolak sinar UV serta mengurangi panas matahari yang ke dalam mobil.

Model itu mempunyai fitur G-CON + ACETM, Dual Front SRS Airbags, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Driver Seatbelt Reminder, ABS+EBD, ISOFIX + Tether. Sedangkan untuk sistem keamanan, model itu mempunyai fitur Wave Key, Keyless Entry, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer dan Alarm System.

Honda BR-V Tipe E M/T & CVT

Honda BR-V Tipe E M/T & CVT adalah tipe kelas tengah dari Honda BR-V mempunyai semua kelengkapan fitur yang dimiliki oleh Honda BR-V tipe S MT dengan penambahan garnish (aksen krom) pada bemper bawah depan dan belakang. Nuansa krom juga terdapat pada pembuka pintu serta pelindung pintu. Bagian belakang Kedua tipe itu juga memiliki kamera sensor parker.

Bagian interior, Honda BR-V Tipe E M/T & CVT memiliki audio dengan layar 6.1 inci Advanced Audio Video System dengan tombol audio pada setir. System keamanannya mempunyai fitur Vehicle Stability Assist yang berguna mengurangi gejala understeer atau oversteer dan fitur Hill Start Assist untuk menjaga mobil agar tidak menggelinding saat berhenti di area tanjakan.

Honda BR-V Prestige CVT

Honda BR-V Prestige CVT adalah tipe yang teratas dari Honda BR-V dan memborong semua kelengkapan fitur yang dimiliki Honda BR-V tipe E MT dan CVT serta ada penambahan dengan garnish krom pada tailgate, spoiler, aero kit, antenna sirip hiu, serta menggunakan knalpot dengan nuansa krom. Model tipe teratas itu mempunyai fitur Vehicle Start Assist yang berguna saat mengalami kemacetan pada jalan tanjakan.

Semua tipe Honda BR-V mempunyai pilihan warna yang sama yaitu Misty Green Pearl, Lunar Silver Metallic, Passion Red Pearl, Modern Steel Metallic, Taffeta White, dan Crystal Black Pearl.

Harga Honda BR-V Terbaru

Nama Harga di Pasaran
Honda BR-V S 6MT Rp 278.900.000
Honda BR-V E 6MT Rp 238.000.000
Honda BR-V E CVT belum ada harga
Honda BR-V Prestige CVT Rp 324.900.000

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.