10 Hp Xiaomi Resmi di Indonesia, Lebih Banyak Untungnya

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 23 Nov 2017 | 21:51

Xiaomi garansi resmi

Hp Xiaomi di Indonesia memiliki 2 jenis garansi, yaitu garansi resmi dan garansi distributor. Hp dengan garansi resmi secara umum dapat diartikan sebagai produk yang dipasarkan oleh distributor resmi yang telah ditunjuk para vendor.

Sedangkan garansi distributor biasanya dimasukkan ke Indonesia melalui pihak ketiga. Tipe garansi distributor ini ada yang terdaftar dan ada juga yang dimasukkan secara illegal untuk menghindari beban pajak. Tipe ini umum disebut sebagai hp blackmarket (BM).

Hp Xiaomi Garansi Resmi

Khusus untuk hp Xiaomi dipasarkan melalui Erajaya yang didistribusikan oleh PT Teletama Artha Mandiri (TAM). Seperti hp lain, standar resmi yang digunakan juga memiliki jangka waktu satu tahun sejak perangkat pertama kali dibeli.

Dengan membeli hp Xiaomi bergaransi resmi (biasa disebut garansi TAM), Anda tidak perlu khawatir mengenai layanan purna jualnya. Jika terjadi permasalahan dengan perangkat, cukup bawa hp Xiaomi garansi resmi Anda ke jaringan servis center yang tersebar diseluruh Indonesia. Untuk mengetahui hp Xiaomi garansi resmi, Anda bisa melihat dari box yang terdapat stiker TAM di bagian depan.

xiaomi tam
Kelebihan Hp Xiaomi Garansi Resmi :

1. Spesifikasi dan fitur sesuai dengan jaringan seluler di Indonesia

Hp Xiaomi resmi berjalan dengan software yang sudah disesuaikan dengan penggunaan standar yang ada di Indonesia. Termasuk untuk penggunaan jaringan 4G dari semua operator.

2. Dukungan update software dari Xiaomi yang rutin

Xiaomi menjamin dukungan update software yang rutin untuk peningkatan performa. Jika ada pembaharuan software, Anda akan menerima notifikasi langsung dari perangkat.

3. Layanan purna jual maksimal melalui jaringan service center resmi

Dengan membeli hp Xiaomi bergaransi resmi, Anda tidak perlu khawatir mengenai layanan purna jualnya. Jika terjadi permasalahan dengan perangkat, cukup bawa hp Xiaomi garansi resmi Anda ke jaringan servis center TAM yang tersebar diseluruh Indonesia.

4. Perangkat dan aksesorisnya original Xiaomi

Jika membeli hp Xiaomi bergaransi TAM, Anda akan mendapat jaminan unit yang benar-benar baru dan original, termasuk semua aksesoris yang dibawa dalam paket penjualan, seperti kabel data, charger dan sebagainya.

5. Terdaftar di database Kementerian dan operator

Nomor identitas perangkat tentunya sudah resmi terdaftar database kementerian terkait dan seluruh operator yang ada di indonesia. Karena setiap produk yang masuk wajib didaftarkan nomor identitas yang dikenal dengan IMEI.

6. Tersedia pilihan Bahasa Indonesia

Menjadi salah satu pembeda antara garansi resmi dan garansi distributor. Dengan adanya opsi Bahasa Indonesia tentu akan memudahkan pengguna yang pertama kali menggunakan hp Xiaomi. Termasuk ketersediaan buku panduan dalam Bahasa Indonesia

Hp Xiaomi Garansi distributor

Xiaomi Redmi 5a
Saat ini banyak konsumen yang membeli hp Xiaomi dengan garansi distributor atau toko. Dibanding garansi resmi, hp Xiaomi yang dijual menggunakan garansi distributor biasanya dipasarkan dengan harga  yang lebih murah. Selisihnya pun juga terbilang lumayan, sehingga banyak konsumen yang lebih tertarik meminang Xiaomi bergaransi distributor.

Jenis garansi yang ditawarkan pun beragam, namun yang paling ditemui diantaranya Bless, Wii, Platinum dan beberapa nama distributor lain. Untuk hp Xiaomi garansi distributor, setiap kerusakan yang terjadi bisa melalui servis center yang disediakan distributor. Namun, jumlah jaringan servis center yang disediakan biasanya terbatas. Bahkan tidak sedikit yang hanya memiliki satu jaringan servis center saja. Untuk melihat jaringan layanan purna jual ini, Anda bisa menemukannya pada kartu garansi yang dibundel didalam box.

Selain harga yang lebih murah, sebenarnya tidak ada keuntunan lain yang bisa ANda dapatkan dari hp Xiaomi garansi distributor. Sebaliknya Anda harus siap menerima segala resiko yang akan didapatkan, seperti :

1. Hp bekas yang dikemas ulang

Hal ini memang jarang ditemui, namun ada pengalaman beberapa konsumen yang kecewa saat membeli hp Xiaomi garansi distributor. Dimana produk yang mereka terima bukan produk baru, terutama saat membeli secara online.

2. Aksesoris tidak original

Tidak sedikit pula distributor nakal yang membundel penjualan dengan aksesori bukan aslinya. Sehingga kemungkinan cepat rusak cukup besar.

3. Menggunakan ROM Cina

Sebenarnya ini merupakan hp yang tidak dijual untuk pasar Indonesia. Ciri-cirinya adalah ketiadaan pilihan Bahasa Indonesia, tidak ada aplikasi bawaan Google seperti Play Store, Chrome dan lainnya.

4. Menggunakan ROM kustom distributor

Hp ini memang sudah memiliki opsi Bahasa Indonesia dan sudah terintegrasi aplikasi Playstore, namun yang sering dikeluhkan adalah keberadaan iklan yang muncul. Hal ini tentu mengganggu Anda saat beraktivitas.  Kerugian lainnya Anda tidak akan mendapat proses update yang rutin.

5. Tidak support di jaringan 4G

Tidak sedikit hp Xiaomi garansi distributor yang tidak bisa menerima jaringan 4G dari operator di Indonesia.

Daftar Hp Xiaomi yang Resmi di Indonesia

Untuk jelasnya, berikut daftar hp Xiaomi resmi di Indonesia : 

1. Xiaomi Mi A1

Xiaomi Mi A1Xiaomi Mi A1 memiliki dual kamera yang dielngkapi fitur 2x optical zoom. Itu belum termasuk penambahan fitur Beautify 3.0 yang akan mempercantik wajah dalam berbagai warna kulit. Dual kamera di Xiaomi Mi A1 memiliki konfigurasi lensa telefoto 50 mm sebagai kamera utama dan sebuah lensa wide-angle lengkap dengan fitur depth of field.

Untuk lensa telefoto 50mm memiliki resolusi 12MP dan resolusi yang sama 12MP untuk lensa 26 mm wide-angle yang menawarkan pengalaman kamera DSLR. Hasil foto Xiaomi Mi A1 memang terlihat begitu memukau dengan kualitas yang sangat baik.

Tidak hanya kamera, Xiaomi Mi A1 juga menarik berkat penggunaan OS Android One. Berkat penggunaan Android One, nantinya pengguna tidak akan menemukan bloatware (aplikasi bawaan) pada hp Xiaomi Mi A1. Gantinya, Anda bisa memanfaatkan sejumlah fitur khas Google seperti Google Photo dan Google Assistant. Selain itu, Xiaomi pun menjanjikan bahwa hp Android One ini akan mendapatkan update ke OS Android 8.0 Oreo pada akhir tahun 2017 mendatang.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 7.1.2 Up to 8.0
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Resolusi Kamera -
Resolusi Kamera Belakang 2 12 MP
Resolusi Kamera Depan 1 -
Kapasitas Baterai 3080 mAh

2. Xiaomi Redmi 4X

Xiaomi Redmi 4XXiaomi Redmi 4X memiliki keunggulan pada penggunaan baterai 4100 mAh yang diklaim dapat bertahan selama 2 hari untuk pemakaian aktif. Hp Xiaomi yang resmi di Indonesia ini dilengkapi layar HD berukuran 5 inci yang sangat pas di tangan. Redmi 4X dilengkapi juga dengan kaca depan lengkung 2.5D yang mempercantik tampilannya.

Performanya mengandalkan pada prosesor octa-core Snapdragon 435 dengan dukungan memori RAM 3GB serta penyimpanan 32GB. Sangat mampu untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Hasil jepretan kamera Redmi 4X juga terbilang oke dengan resolusi 13MP plus dukungan teknologi fokus cepat 0.3 detik PDAF. Sedangkan kamera depannya memang masih sebatas 5MP.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 6.0
Ukuran Layar 5 inch
Chipset Qualcomm MSM8940 Snapdragon 435
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 4100 mAh

3. Xiaomi Redmi 4A

Xiaomi Redmi 4AHp Xiaomi yang resmi di Indonesia ini dibekali layar seluas 5 inci dengan resolusi HD. Dilengkapi juga dengan Reading mode yang mencegah kelelahan mata akibat pancaran sinar biru dari layar. Sudah disediakan kamera belakang 13MP dengan aperture f/2.2, autofocus, LED flash yang memberikan kualitas foto memikat. Untuk kamera depannya sudah beresolusi 5MP dengan aperture f/2.2.

Xiaomi Redmi 4A ditenagai prosesor 64-bit Qualcomm Snapdragon 425 dan prosesor grafis Adreno 308. Chipset ini akan disokong RAM 2GB dan memori internal 32GB yang bisa diperbesar hingga 128GB. Xiaomi Redmi 4A menanam baterai kapasitas 3120mAh yang diklaim memiliki waktu standby sampai 7 hari.  

Kriteria Spesifikasi
OS Version 6.0.1
Ukuran Layar 5 inch
Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425
RAM 2 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 3120 mAh

4. Xiaomi Redmi Note 4

Xiaomi Redmi Note 4Xiaomi Redmi Note 4 hadir dengan layar berukuran 5.5 inci beresolusi FullHD 1080 x 1920 piksel. Sangat tajam dan detail. Berjalan dengan OS Android 6.0 Marshmallow, Xiaomi Redmi Note 4 ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 625. Kinerja prosesornya akan disokong memori RAM besar dalam pilihan kapasitas 3GB dan ROM 32GB atau RAM 4GB ROM 64GB. Penyimpanannya juga masih bisa diperbesar hingga 256 GB melalui slot microSD yang digabung bersama slot SIM 2.

Disektor fotografi sudah disediakan kamera belakang 13MP dengan fitur aperture f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash), dan kamera depan 5 MP. Hp Xiaomi yang resmi di Indonesia ini sudah mendukung jaringan 4G, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Ssedangkan untuk sumber daya meggunakan baterai Non-removable Li-Po berkapasitas 4100 mAh yang dilengkapi teknologi Quick Charge.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 6.0
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Mediatek MT6797 Helio X20
RAM 3 GB
Memori Internal 32 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 4100 mAh
 

5. Xiaomi Redmi Note 3 Pro

xiaomi redmi note 3 proXiaomi Redmi Note 3 Pro hadir dengan layar IPS berukuran 5.5 inci. Redmi Note 3 Pro resmi ini menghadirkan resolusi Full HD 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan sekitar 403 ppi. Namun yang cukup disayangkan adalah tidak menggunakan pelindung layar yang sudah anti gores. Sehingga cukup rawan saat diletakkan di sembarang tempat. Selain itu, hp Xiaomi murah yang resmi dirilis di Indonesia ini berjalan dengan OS Android 5.0 Lollipop melalui antarmuka kustom MIUI 8.

Tidak hanya itu, Xiaomi juga menjanjikan proses upgrade ke OS Android 6.0 Marshmallow. Sedangkan di sektor imaging, hp murah Xiaomi Redmi Note 3 Pro ini memiliki kamera utama 16 megapiksel dengan dukungan aperture f/2.0, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash, dan HDR. Termasuk kemampuan merekam video 1080p@30fps. Untuk kamera depan sudah beresolusi 5 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan perekaman video 1080p.

Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang resmi menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 650 dengan pengolah grafis Adreno 510. Kinerja ini masih akan disokong memori RAM 2GB dan memiliki ruang penyimpanan internal sebesar 16GB dengan keberadaan slot microSD yang terintegrasi bersama slot SIM 2. Sebagai sumber daya, hape Xiaomi murah ini mempercayakan kepada baterai Li-Po berkapasitas 4050 mAh lengkap dengan fitur fast charging.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 5.0.2
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera 16 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 4000 mAh

6. Xiaomi Redmi 1S

xiaomi redmi 1sMerupakan hp Xiaomi yang resmi di Indonesia pertama. Pada saat pertama kali dirilis, Xiaomi Redmi 1S ini dihadirkan dengan berbagai fitur menarik. Salah satunya adalah kehadiran fitur dual sim yang memungkinkan pengguna menyisipkan dua kartu sim. Menariknya dua kartu SIM ini dapat diaktifkan secara bersamaan. Hape Xiaomi murah ini hadir dengan layar berukuran 4,7 inci berjenis IPS dengan ketajaman resolusi HD 1280 x 720 piksel.

Di sektor fotografi, pengguna akan menemukan dua kamera yang ada di belakang dan depan. Dimana kamera belakangnya sudah memiliki resolusi 8 megapiksel yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti autofocus, LED flash, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, dan HDR. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 1,6 megapiksel yang dapat di manfaatkan untuk melakukan video call. Ruang penyimpanan internal masih sebatas 8GB yang dapat diperbesar melalui microSD hingga 64GB.

Untuk kinerja perangkat secara keseluruhan, hape Xiaomi Redmi 1S ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 400 berkecepatan 1,6 GHz serta akan disokong dengan kapasitas RAM sebesar1 GB. Sumber dayanya mengandalkan pada baterai berjenis Li-Ion berkapasitas 2000 mAh yang akan bertahan hingga 7 jam dalam keadaan bicara. 

Kriteria Spesifikasi
OS Version 4.3, up to 4.4
Ukuran Layar 4.7 inch
Chipset Qualcomm MSM8228 Snapdragon 400
RAM 1 GB
Memori Internal 8 GB
Resolusi Kamera 8 MP
Resolusi Kamera Depan 1 1.6 MP
Kapasitas Baterai 2000 mAh

7. Xiaomi Redmi 2

Xiaomi Redmi 2Hp Xiaomi Redmi 2 merupakan generasi penerus dari Xiaomi Redmi 1S yang juga resmi dirilis di Indonesia. Hape Xiaomi murah ini memadukan layar yang apik dengan desain menawan. Salah satu peningkatan penting ada pada dukungan jaringan 4G LTE. Ukuran layarnya masih tetap sama dengan hape Xiaomi Redmi 1S yaitu memiliki bentang 4,7 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel dan dilengkapi dengan panel IPS.

Tidak hanya itu saja, layarnya juga sudah dilapisi pelindung Dragon Trail Glass yang memiliki ketahanan terdahap goresan benda tajam dan benturan saat terjatuh pada ketinggian tertentu. Hape Xiaomi Redmi 2 dipersenjatai kamera utama yang beresolusi 8 megapiksel yang dilengkapi dengan fitur autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, HDR dan Video recording dengan kualitas 1080p@30fps. Pengguna juga akan menemukan kamera depan beresolusi 2 megapiksel untuk foto selfie. 

Masuk ke performa, didalam mesin Redmi 2 sudah tertanam prosesor Qualcomm Snapdragon 410 yang akan berpadu dengan pengolah grafis Adreno 306. Chipset tersebut akan didukung kapasitas memori RAM yang masih sebatas 1GB dengan ruang penyimpanan internal sebesar 8GB yang dapat diperbesar hingga 32GB melalui slot microSD. 

Kriteria Spesifikasi
OS Version 4.4
Ukuran Layar 4.7 inch
Chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
RAM 1 GB
Memori Internal 8 GB
Resolusi Kamera 8 MP
Resolusi Kamera Depan 1 2 MP
Kapasitas Baterai 2200 mAh

8. Xiaomi Redmi Note

xiaomi redmi noteHp Xiaomi Redmi Note generasi pertama sekaligus hape berlayar lebar pertama yang resmi dirilis di Indonesia. Datang dengan layar berukuran 5.5 inci yang memiliki resolusi HD 1280 x 720 piksel berjenis IPS. Kerapatan pikselnya mencapai 267 ppi dan sudah diproteksi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk menghindari resiko layar tergores. 

Dimana kamera utamanya memiliki sensor sebesar 13 megapiksel dengan dukungan fitur seperti autofocus, aperture f/2.2, LED flash, dan beragam fitur lainnya. Sedangkan untuk menyalurkan hobi foto selfie, pengguna dapat memanfaatkan kamera depan dengan kemampuan 5 megapiksel. 

Berbeda dengan hape Xiaomi yang resmi dirilis di Indonesia lainnya, Redmi Note generasi pertama menggunakan prosesor Mediatek MT6592 yang memiliki berkecepatan clock maksimum 1.7 GHz. Prosesor Mediatek ini akan berkombinasi dengan kartu grafis Mali 450MP4 lengkap dengan sokongan memori RAM 2GB.

Hanya saja ruang penyimpanan hape Xiaomi Redmi Note ini masih sebatas 8GB dengan opsi pembesaran melalui microSD hingga 32GB. Sedangkan untuk sumber dayanya mengandalkan pada baterai Li-Po berkapasitas 3100 mAh, ukuran yang cukup besar di saat perilisannya. 

Kriteria Spesifikasi
OS Version 4.2
Ukuran Layar 5.5 inch
Chipset Qualcomm MSM8928 Snapdragon 400
RAM 2 GB
Memori Internal 8 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 3100 mAh

9. Xiaomi Mi4i

Xiaomi Mi4iHp Xiaomi Mi4i pertama kali dirilis pada kuartal pertama 2015. Hape Xiaomi di lini Mi series ini mengusung cover uni-body bermaterial polikarbonat dengan lapisan Anti-Greasing Coating untuk mencegah menempelnya kotoran dan pudarnya warna. Bahkan kotoran atau noda yang menempel di cover bisa dihilangkan menggunakan penghapus. Hape Xiaomi Mi4i hadir dengan layar IPS dari Sharp berukuran 5 inci dengan tingkat resolusi FullHD.

Layar ini juga sudah dikemas dengan teknologi laminasi OGS dengan menggabungkan lapisan sensor sentuh dengan kaca pelindung layar. Kualitas kamera di hape Xiaomi Mi4i termasuk cukup baik karena telah mengadopsi sensor Smart Camera milik Samsung dan Sony. Dimana untuk kamera belakangnya sudah memiliki resolusi hingga 13 megapiksel lengkap dengan fasilitas pendukung seperti aperture f/2.0, sistem OIS dan dual-tone LED Flash. 

Lalu kamera depannya memiliki sensor yang beresolusi 5 megapiksel dengan aperture f/1.8. Performa hape Xiaomi Mi4i mengandalkan pada chipset Qualcomm Snapdragon 615 yang memiliki kecepatan clock maksimum 1,7 GHz dan telah terintegrasi dengan kartu grafis Adreno 405. Untuk mendukung prosesor, Xiaomi Mi4i juga sudah dibekali dengan RAM 2GB dan memiliki ruang penyimpanan sebesar 16GB. Yang sangat disayangnya adalah hape Xiaomi Mi4i ini dirillis tanpa kehadiran slot microSD. 

Meski demikian, hp Xiaomi ini juga sudah mendukung jaringan 4G LTE dengan daya baterai mencapai kapasitas 3120 mAH lengkap bersama teknologi Quick Charge yang akan mengisi ulang baterai hingga 40% dalam waktu 60 menit. 

Kriteria Spesifikasi
OS Version 5.0
Ukuran Layar 5 inch
Chipset Qualcomm Snapdragon 615
RAM 2 GB
Memori Internal 16 GB
Resolusi Kamera 13 MP
Resolusi Kamera Depan 1 5 MP
Kapasitas Baterai 3120 mAh
 

10. Xiaomi Mi Pad 7.9

Xiaomi MiPad
Merupakan perangkat tablet Xiaomi pertama dan juga hadir resmi di Indonesia. Xiaomi Mi Pad 7.9 adalah salah satu produk andalan dari Xiaomi untuk bermain di pasar tablet di Indonesia. Memiliki tampilan yang menarik, bobotnya pun cukup ringan yang menjadikannya cukup nyaman untuk digunakan dengan sebelah tangan. Layarnya berjenis IPS dengan ukuran 7.9 inci dan memiliki resolusi 1536 x 2048 piksel. Layarnya terlihat sangat jernih dan tajam, bahkan sudah terlindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Di sektor kamera, tablet Xiaomi Mi Pad 7.9 menggunakan kamera utama yang berkekuatan 8 megapiksel yang mampu melakukan video recording hingga 1080p. sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 5 megapiksel untuk melakukan video call atau foto selfie. Pengguna juga tidak perlu khawatir akan kekuatan dayanya, karena Mi Pad 7.9 sudah menanam baterai Lithium Polymer dengan kapasitas yang cukup besar mencapai 6700 mAh.

Kekuatan utama dari tablet Xiaomi Mi Pad 7.9 adalah penggunaan prosesor bertenaga dari Nvidia Tegra K1 yang memiliki kecepatan clock mencapai 2.2GHz. Selain itu, tablet Xiaomi ini juga hadir dengan memori RAM sebesar 2GB untuk proses multitasking dan switching aplikasi dengan sangat lancar. Sayangnya, Xiaomi MiPad yang resmi di Indonesia sudah tidak ada yang menjual. 

Kriteria Spesifikasi
OS Version 4.4.4 KitKat
Screen Size 7.9 inch
Chipset Nvidia Tegra K1
Internal 16 GB

Daftar Hp Xiaomi Garansi Distributor

Biasanya merupakan hp Xiaomi yang memang tidak dirilis resmi untuk pasar Indonesia, namun dibawa oleh distributor pihak ketiga untuk dijual. Namun ada juga beberapa seri hp Xiaomi yang memiliki pilihan garansi resmi dan garansi distributor. Untuk membedakannya, bisa diketahui dari banderol harga yang lebih murah dari garansi resmi.

Berikut daftar hp xiaomi garansi distributor :

Kesimpulan

Berdasarkan uraian diatas, banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan membeli hp Xiaomi garansi resmi. Selain jaminan layanan purna jual, update software yang rutin dan lainnnya, Anda juga dipastikan akan mendapatkan produk yang benar-benar original. Meski memiliki harga yang sedikit lebih mahal, namun kepuasan akan menjadi nilai utama saat menggunakan hp dengan garansi resmi.

Baca juga artikel:

Xiaomi Mi 5s Plus Sudah Dijual di Indonesia Harga 6,8 Jutaan

Tiga Perangkat yang Diperkenalkan Xiaomi di CES 2017

Xiaomi Mi Max dan 7 Hape Xiaomi Terbaik ini Punya RAM 4GB, Berapa Harganya?

Artikel Lainnya

Komentar