Kalahkan BMW, Mercedes Benz Pabrikan Mobil Mewah Terbesar di Dunia

Oleh Adam Rizal updated Senin, 16 Jan 2017 | 08:04

Daimler perusahaan induk Mercedes Benz sukses menjual sebanyak 2,083 juta unit pada 2016, meningkat hingga 13,4 persen dibanding tahun sebelumnya. Penjualan Mercedes Benz sendiri mencapai 178.017 pada Desember 2016.

Dengan penjualan itu, Mercedes Benz berhasil memegang tahta produsen mobil mewah paling laris di dunia dan mengalahkan BMW. BMW sendiri menguasai pasar mobil mewah di dunia sejak 2005.

Dan untuk beberapa waktu, Mercedes-Benz sempat mengisi posisi ketiga di bawah Audi sebelum Mercy comback dan menempati posisi kedua. Tahun lalu, BMW sendiri mampu menjual 2,003 juta unit di dunia.

CEO Daimler Dieter Zetsche mengatakan Mercedes Benz sukses meningkatkan penjualan di tiga daerah seperti Eropa, Amerika Utara dan Tiongkok yang saat ini terus berkembang dan menjadi pasar terbesar di seluruh dunia sejak 2015.

"Tahun lalu kami menjual lebih banyak mobil dari tahun sebelumnnya, lebih cepat dari pasar mobil secara keseluruhan," katanya seperti dilansir Reuters.

Mercy C-Class Paling Laris

Sementara itu model Mercedes-Benz yang paling laris adalah Mercedes Benz C-Class dan produk-produk sport utility vehicle (SUV). Bahkan, model SUV menyumbang lebih dari setengah juta unit di setiap segmennya.

Selain C-Class, model Mercedes Benz yang paling laris lainnya adalah S-Class Cabrio, C-Class Coupe dan generasi baru SL dan SLK.

Zetcsche mengatakan Mercedes Benz berhasil menarik perhatian para konsumen muda dengan desain mobil yang lebih sporty dan model SUV Mercy sedang digandrungi masyarakat dunia.

"Perubahan desain dan penerapan teknologi canggih menjadi faktor pendongkrak penjualan. Kami akan terus merek mobil premium paling laris di dunia hingga pada 2020," ujarnya.

Mengapa penjualan BMW bisa anjlok pada tahun lalu. Sales Chief BMW Ian Robertson mengatakan penurunan penjualan BMW disebabkan melemahnya penjualan di Inggris raya karena Brexit dan pertumbuhan perekonomian di Tiongkok yang lambat meski negara itu adalah produsen mobil terbesar.

"Kami membutuhkan dana segar untuk menutupi meningkatnya investasi di mobil listrik dan fitur self-driving," ujarnya.

Audi

Di posisi ketiga, ada pabrikan mobil mewah asal Jermain lainnya yaitu Audi yang menjual 1,87 unit mobil pada tahun lalu, atau naik 3,8 persen dibanding 2015.

"Tahun 2016 merupakan tahun yang menantang bagi Audi, lebih dari yang kami harapkan. Kami berhasil mendemonstrasikan kekuatan bisnis dengan pertumbuhan yang seimbang di seluruh dunia," ujar anggota dewan Audi untuk penjualan Dietmar Voggenreiter.

Mobil Audi A4 merupakan penunjang penjualan dengan angka mencapai 337.550 unit, Audi juga bisa menangkap konsumen baru dengan mobil A4. Sementara itu mobil Audi lainnya yang mendongkrak penjualan adalah SUV Q7 yang terjual sebanyak 102.220 unit. Secara keseluruhan Eropa masih merupakan ladang untuk Audi, menyusul Tiongkok, dan Amerika Serikat.

Baca juga artikel:
Mercy Siap Produksi SUV Paling Mewah Maybach
Kalahkan Mercy dan Toyota, Honda Paling Dicari di Google
Bukan Smartphone, Mobil ini Pakai Lapisan Gorilla Glass agar Irit BBM

Artikel Lainnya

Komentar