Jajaran TV 4K Terbaru Yang Diperkenalkan Awal 2017

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 13 Jan 2017 | 14:37

Di industri perangkat televisi, nama-nama seperti Samsung, LG, ataupun Sony memang masih cenderung dominan diantara pesaingnya. Selain banyak model dihadirkan, ketiga vendor tersebut memang terkenal dengan kualitasnya.

Namun, saat ini persaingan nampaknya akan semakin sengit terutama dari penggunaan teknologi layar. Teknologi OLED yang diklaim memiliki kualitas gambar tertinggi akan bersaing dengan teknologi QLED besutan Samsung serta teknologi layar ULED yang dihasilkan Hisense.

Menariknya adalah masuknya Polaroid di industri televisi ini. Polaroid yang lebih dikenal sebagai penghasil kamera instan turut meramaikan persaingan dengan merilis TV anyar mereka. Sejak mengakuisisi Sharp, Hisense juga siap bersaing dengan memperkenalkan TV 4K berukuran 100 inci.

Untuk lebih lengkapnya, inilah beberapa perangkat TV 4K terbaru yang diperkenalkan pada awal tahun ini.   

TV Sony Bravia A1E

Di lini TV 4K flagship, Sony baru saja merilis model XBR-A1E Bravia 4K OLED TV. Dengan menggunakan layar OLED, memungkinkan Sony untuk menawarkan TV 4K dengan tingkat hitam yang belum pernah terjadi sebelumnya, ditambah warna yang kaya dan hidup, kontras dinamis, dan sudut pandang lebar. TV 4K Sony dengan teknologi OLED ini sudah mendukung Dolby Vision HDR dan ditenagai oleh prosesor X1 Ekstrim 4K HDR.

Tidak ada speaker konvensional terlihat, sebaliknya Sony menghadirkan teknologi suara Surface Acoustic. Dimana melalui desain yang unik, seluruh layar bergema dengan suara yang berasal langsung dari layar itu sendiri. Jadi audio yang dikeluarkan akan terdengar seperti berasal langsung dari layarnya. Menurut Sony, teknologi ini menghasilkan suara yang lebar dan sinkronisasi gambar dari semua sudut.

Seperti televisi pintar lainnya, TV 4K Sony Bravia terbaru juga menjalankan TV Android, dimana pengguna dapat mengontrol dengan speaker Google Home, mengunduh aplikasi dari Google Play, menikmati konten secara streaming, atau menghubungkan konten ke layar OLED dari hape, tablet, atau PC. TV Sony ini juga mencakup layanan video 4K Ultra. TV Sony Bravia Seri A1E akan tersedia dalam ukuran 55 inci, 65 inci, dan 77 inci dengan harga yang belum diumumkan.

TV Sony XE Series

Sony juga memiliki rangkaian TV 4K Sony XE series, terdiri dari Sony XE90, XE85 dan XE80. Untuk TV Sony XE90 sudah ditenagai prosesor X1 4K HDR, HDR, 4K HDR, X-tended Dynamic Range PRO, Triluminous Display, 4K X-Reality PRO dan mendukung Android TV.

TV 4K Sony XE90 hadir dalam pilihan ukuran 75 inci, 65 inci, 55 inci, dan 49 inci. Sementara TV 4K Sony XE85 hadir dengan spesifikasi tidak jauh berbeda. Hanya saja, untuk TV Sony 4K  XE85 tidak dilengkapi fitur X-tended Dynamic Range PRO. Lalu TV 4K Sony XE80 tidak menggunakan prosesor X1 Ekstrim 4K HDR, namun tetap memiliki fitur seperti Triluminous Display, 4K X-Reality PRO, HDR dan Android TV. Seri ini hadir dalam pilihan ukuran 55 inci, 49 inci, dan 43 inci.

TV LG W7

TV 4K LG W7 hadir dalam beberapa ukuran berbeda, mencakup model 65 inci dan 77 inci. Salah satu keunggulan dari TV 4K LG W7 adalah desain tipis, dimana LG mengibaratkan menempatkan selembar wallpaper di dinding. Mereka menyebut sebagai Picture-On-Wall, karena TV4K ini setipis gambar dan menempel langsung ke dinding. Tidak ada mount untuk dinding, tidak ada kaki penyangga, namun TV 4K LG W7 menempel ke dinding dengan lampiran pemasangan magnet. Tidak hanya memudahkan dalam pemasangan, tetapi juga sangat mudah untuk memindahkannya ke tempat baru sesuai keinginan.

TV 4K LG berteknologi OLED ini juga memiliki sudut pandang lebar dengan fitur konten Active HDR LG, yang terlihat pada setiap adegan dari konten dan menawarkan pengalaman terbaik dengan kekayaan warna yang paling jelas dan kontras. Tampilan gambarnya ini tentu saja ditingkatkan dengan teknologi Dolby Vision, dan juga fitur Dolby Atmos untuk suara yang superior. Belum ada informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan dan harganya.

TV Polaroid 4K LED

Polaroid selama ini lebih dikenal sebagai pembuat kamera instan ikonik. Namun kini mereka memulai debutnya di industri TV 4K UHD (3860 x 2160p). Berbeda dengan TV 4K dari vendor lain, perangkat TV Polaroid ini hadir dengan Google Chromecast built-in, yang berarti pengguna dapat melakukan streaming konten hingga native resolusi 4K dari hape, tablet atau laptop yang kompatibel. TV 4K Polaroid memiliki frekuensi rate 120Hz, konektivitas HDMI 2.0 dan dukungan untuk codec HEVC. Hanya saja, TV Polaroid masih menggunakan teknologi layar LED.

Sementara itu, dengan dukungan Chromecast, pengguna akan memiliki akses lengkap ke lebih dari 200.000 acara TV dan film, dan lebih dari 30 juta lagu. Ini juga berarti bahwa pengguna akan memiliki akses ke lebih dari 1.000 aplikasi yang kompatibel dengan Chromecast, dan itu termasuk aplikasi streaming yang populer, seperti Netflix, Hulu, Spotify, Pandora, Google Play Movies dan banyak lainnya. Tersedia dalam pilihan ukuran 43 inci, 49 inci, 55 inci dan 65 inci, dan akan dijual dengan harga antara US$ 499 sampai US$ 999 .

TV Hisense H10D Laser

Via Digitaltrends

Hisense kembali membawa perangkat TV andalan melalui seri Laser 4K TV. Memanfaatkan teknologi proyektor short-throw, Hisense Laser 4K TV dapat memproyeksikan gambar 4K HDR ke layar termasuk melalui HDMI atau USB. TV 4K ini juga dilengkapi dukungan gamut warna yang lebar dan dilengkapi dengan sistem saluran audio 5.1, dengan dua speaker dan sebuah subwoofer yang termasuk dalam bundel. Hisense H10D merupkaan TV 4K HDR yang menampilkan teknologi Uled display dalam ukuran layar yang mencapai 100 inci. Tidak hanya berukuran besar saja, layar ini juga menjanjikan colour gamut yang lebih luas dan ketajaman mencapai 300 nit.

Tidak hanya itu, penggunaan layar ULED ini memungkinkan tingkat brightness gambar dapat terjaga hingga 10 tahun. Berbeda dengan teknologi layar OLED yang tingkat brightness dapat memudah hingga setengahnya setelah pemakaian 10 tahun. Untuk TV 4K Hisense H10D dalam ukuran layar 100 inci ini dibanderol seharga US$13,000. Selain itu, tersedia juga dalam ukuran 70 inci dan 75 inci dengan kisaran harga mulai dari US$ 3499.

TV Samsung Q Series

Samsung telah meluncurkan televisi unggulan terbarunya dalam seri QLED yang akan tersedia dalam tiga model yaitu Q9, Q8, dan Q7. Samsung mengklaim jika teknologi QLED TV merupakan yang terbaik dalam kualitas gambar dan pengalaman menonton. Teknologi layar QLED mampu mencapai kecerahan puncak antara 1.500 dan 2.000 nits atau meningkat dari 1.000 dari lini 2016. Reproduksi warna juga telah ditingkatkan yang dapat menangani DCI-P3 lebih akurat dan mampu mereproduksi volume warna 100 persen.

Dari sektor software, TV 4K Samsung Q series ini masih didukung oleh OS Tizen dan user interface yang sama seperti tahun lalu. Tapi ada beberapa tambahan baru seperti modus sport yang mengumpulkan skor dan konten lainnya dari tim favorit dan memperluas bagian Music yang memungkinkan pengguna menjalankan aplikasi Shazam pada sebuah acara TV dan memainkannya di Spotify atau layanan streaming lain.

Ada juga teknologi Invisible Connection cable yang akan membuat tampilan ruangan pengguna bersih dari kabel yang mengganggu. Disini Samsung menggunakan kotak eksternal yang menempatkan port HDMI dan koneksi penting lainnya. Sayangnya, belum ada informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan produk dan harga yang akan dipasarkan.

Baca juga artikel
CES 2017, LG Signature OLED TV W Usung Inovasi Desain dan Teknologi
Penjualan Meningkat, Harga TV 4K Kini Mulai Rp5 Jutaan
TV OLED Premium, LG Signature Dirilis Layar 77 inci Resolusi 4K

Artikel Lainnya

Komentar