Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Merugi

Oleh Adam Rizal updated Kamis, 10 Agu 2017 | 16:02


Image via houstonautoracing

Banyak orang mencari mobil bekas dikarenakan harganya yang masih ramah di kantong dan kualitas yang masih bisa diadu dengan mobil baru. Tapi sebelum beli, baca dulu tips membeli mobil bekas agar Anda tidak merugi.

Bagi pelanggan yang memiliki dana terbatas tetapi ingin mempunyai mobil bisa membeli mobil bekas. Meskipun bekas, mengemudi mobil bekas pun tidak akan mengurangi mobil Anda, mengingat orang tidak akan peduli dengan tahun keluaran mobil.

Saat ini merek mobil bekas yang paling laku dan favorit adalah Toyota dan Honda di pusat penjualan mobil bekas di kawasan WTC Mangga Dua, Jakarta. Di tempat itu, Anda akan melihat banyak mobil bekas Toyota dan Honda yang terparkir siap Anda beli.

Andy (Marketing Auto Show 1) mengatakan banyak faktor yang membuat pelanggan ingin membeli mobil bekas karena mobil bekas juga menjadi solusi sebagian masyarakat yang ingin mendapatkan mobil berkapasitas penumpang lebih dan harga yang terjangkau.

"Banyak yang mengincar mobil bekas karena kapasitasnya banyak, ingin berpergian jarak jauh dengan keluarga dan dana yang ada hanya cukup untuk membeli mobil bekas," katanya seperti Pricebook rangkum dari berbagai sumber. Andy mengakui merk mobil bekas yang paling laris tahun lalu adalah Toyota dan Honda.

"Paling banyak dicari ya Toyota seperti Kijang Innova, Avanza, Xenia kalo Honda itu Mobilio karena memang kapasitas banyak dan Alphard juga masih teratas." Katanya.

Namun, masyarakat juga mengincar mobil murah berkapasitas penumpang banyak seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang memiliki daya saing yang kuat untuk para penjual mobil bekas.

Tips Beli Mobil Bekas

Jika berminat membeli mobil bekas konsumen harus memperhatikan riwayat servis dan kondisi mobil tersebut, apakah masih baik atau tidak karena bisa saja terjadi mobil bekas tersebut dijual lantaran sehabis mengalami kecelakaan.

"Jika mampu teliti, Anda bisa saja mendapatkan mobil yang masih memiliki kondisi baik. Calon pembeli harus lebih teliti dalam memperhatikan kondisi mobil agar tidak tertipu sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

1. Tempat Pembelian Mobil Bekas


Image via BrooklandsMotors

Carilah tempat pembelian mobil bekas yang terpercaya. Saat ini, ada banyak tempat yang membuka penjualan mobil bekas dengan segala penawaran. Namun untuk mendapatkan dan membeli mobil bekas, Anda juga bisa membeli langsung dari orang yang sedang ingin menjualnya secara langsung.

Membeli mobil bekas ke showroom memang mendapatkan banyak pilihan tetapi biaya yang dikeluarkan juga lebih besar.

2. Periksa Bodi Mobil


Image via goldentouchcarcare

Perhatikan mobil bekas yang akan Anda beli, apakah pernah mengalami tabrakan dan apakah warna mobil yang pernah mengalami kecelakaan sudah diperbaiki dan berbeda dengan warna orisinil.

Periksa juga, apakah ada bekas jamur yang muncul karena bekas terendam air. Perhatikan pula bagian lampu, apakah ada yang pecah dan bisa menyala dengan baik, atau malah cahaya lampu tersebut sudah tidak terang lagi malah tidak menyala.

3. Periksa Kondisi Mesin

 
Image via AutoPortal

Pastikan kondisi mesin dalam keadaan bersih seperti tidak berkarat. Jangan membeli mobil bekas dengan keadaan mesin sudah bocor dan aliran olinya sudah tidak beraturan. Jika keadaan mesin sudah tidak baik maka akan menambah biaya perbaikan.

4. Kelengkapan Surat Mobil

Pastikan Anda mendapatkan BPKB dan STNK yang asli karena surat-surat kendaraan adalah hal wajib. Tak boleh terlewati, perhatikan dengan teliti soal keaslian BPKB dan STNK mobil tersebut, lantaran saat ini tak sedikit beredar surat palsu agar mobil curian laku dengan harga tinggi.

Jika sudah terbukti asli, maka Anda akan dimudahkan untuk urusan balik nama serta administrasi lainnya.

5. Lakukan Test Drive


Image via AutoWeb

Untuk lebih yakin, maka Anda sebagai calon pembeli harus melakukan test drive. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui langsung kondisi performa mesin maupun pengendaliannya. Dan beberapa komponen aksesoris di interior, seperti AC, dashboard, kualitas jok, tombol wiper, lampu sein, serta fasilitas audio.

6. Cek Eksterior

Image via ccinsb

Coba tengok ke bagian bawah mobil, pastikan tidak ada bagian yang berkarat dan keropos. Lihat juga kondisi ban, apakah masih baik atau sudah dalam kondisi ban yang halus.

Jika sudah melakukan keenam hal di atas, tentunya Anda akan berhasil mendapatkan mobil bekas dalam kondisi yang baik. Selamat mencoba!

Baca juga artikel:

Mobil Terendam Air Saat Banjir, Lakukan Langkah Berikut Ini!

11 Kebiasan Sederhana Ini Buat Masa Pakai Ban Mobil Jadi Panjang

6 Mobil Murah yang Cocok Buat Grab atau Uber

Artikel Lainnya

Komentar