Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR-V Paling Laris di 2016

Oleh Adam Rizal updated Selasa, 10 Jan 2017 | 12:31

Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang resmi Honda di Indonesia sukses mencetak sejarah dalam penjualan mobilnya di Indonesia dengan menjual sebanyak 199.364 unit pada tahun lalu, naik sebesar 25,18 persen dibanding tahun sebelumnya sebanyak 159.253 unit. Pada Desember 2016, Honda telah membukukan penjualan bulanan sebesar 13.926 unit.

Marketing & Aftersales Service Director PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan penjualan Honda berhasil melampaui target penjualan tahun lalu. Honda berterima kasih kepada para konsumen yang telah membeli Honda yang ditawarkan selama tahun 2016.

"Tahun ini, merupakan tahun kelima secara berturut-turut sejak 2011. Honda berhasil memecahkan rekor penjualannya di Indonesia. Kami berharap untuk terus dapat menghasilkan inovasi baru serta mempertahankan tren peningkatan penjualan ini dari tahun ke tahun," katanya dalam siaran persnya, Rabu.

Mobil Honda yang paling laris adalah New Honda Mobilio, Honda BR-V, New Honda Brio Satya, Honda HR-V 1.5L dan All New Honda Jazz. Di urutan pertama, MPV New Honda Mobilio mencatat penjualan total sebanyak 39.482 unit sepanjang tahun 2016 dan berhasil meraih penjualan bulanan pada Desember 2016 sebanyak 2.016 unit.

Kontributor penjualan terbesar kedua dalam penjualan Honda tahun lalu adalah Crossover SUV Honda yaitu Honda BR-V yang telah membukukan penjualan total tahunan sebanyak 38.666 unit dengan penjualan pada Desember 2016 sebanyak 2.856 unit.

Selanjutnya, kontributor terbesar ketiga yaitu New Honda Brio Satya yang telah membukukan penjualan total tahunan sebanyak 36.470 unit dengan penjualan bulan Desember 2016 sebanyak 3.443 unit.

Selanjutnya, Honda HR-V sebanyak 36.281 unit dengan penjualan pada bulan Desember 2016 sebanyak 3.070 unit. Model All-New Honda Jazz membukukan penjualan total tahunan sebesar 18.110 unit dengan penjualan bulanan sebesar 773 unit pada Desember 2016.

Model lainnya dari Honda Brio, yaitu New Honda Brio RS membukukan penjualan sebesar 10.026 unit selama tahun 2016 dengan penjualan bulan Desember 2016 sebesar 821 unit. Honda HR-V 1.8L terjual sebanyak 8.050 unit sepanjang tahun 2016 dengan penjualan bulanan sebesar 409 unit pada bulan Desember 2016.

Sementara itu, model New Honda CR-V telah membukukan penjualan tahunan sebesar 7.853 unit dengan penjualan pada bulan Desember 2016 sebesar 263 unit.

Dari segmen sedan, All New Honda Civic mencatat penjualan total sebesar 1.681 unit sepanjang tahun 2016, serta mencatat penjualan sebesar 180 unit pada bulan Desember 2016.

Sedan All-New Honda City berhasil membukukan penjualan tahunan sebesar 1.213 unit dengan penjualan di bulan Desember 2016 sebesar 49 unit. Sedan New Honda Accord membukukan penjualan tahunan sebesar 541 unit dengan penjualan selama bulan Desember 2016 sebesar 36 unit.

MPV Honda Freed membukukan penjualan sebesar 617 unit sepanjang tahun 2016. MPV All New Honda Odyssey membukukan penjualan tahunan sebesar 239 unit dengan penjualan di bulan Desember 2016 sebesar 10 unit. New Honda CR-Z membukukan menjualan tahunan sebesar 135 unit.

Mari kita membahas keunggulan tiga mobil paling laris Honda.

Honda Mobilio

Honda Mobilio pertama kali muncul pada 2014 dan langsung menggoda banyak orang serta langsung menjadi buah bibir sejak hari pertama kelahirannya. Honda Mobilio menawarkan desain eksterior yang elegan, dinamis dan sporty.

Honda Mobilio sukses terpesan sebanyak 10 juta unit pada lima bulan pertama sejak diperkenalkan dan Honda Mobilio berhasil menjadi trendsetter di segmen low MPV.

Honda Mobilio mengusung basis mesin yang sama dengan Jazz atau Freed. Honda Mobilio mengusung mesin i-VTEC SOHC silinder berkapasitas 1500 cc.

Pada bagian fascia depannya, Honda Mobilio mempunyai ukuran moncong yang lebih panjang dan rendah sehingga menampilkan kesanaura sporty yang kuat. Desain lampu utama Honda Mobilio berbentuk elips dengan ujung runcing dan desain gril depannya terlihat sangat sporty.

Sementara itu Honda Mobilio RS mempunyai desain fascia yang lebih sporty, terlihat dari penempatan foglamp di kedua ujung bawah yang memiliki cover berbentuk trapesium. Bentuk front grill Mobilio RS pun juga lebih gagah berkat aksen krom dengan tambahan emblem Honda di bagian tengah.

Honda Mobilio memiliki lekuk bodi samping yang dinamis dan desain belakangnya memiliki bentuk yang sama. Desain buritan Honda Mobilio juga semakin cantik degan penambahan tail light pada bagian atas.

Honda Mobilio memiliki dimensi tubuh berukuran 4.386 x 1.683 x 1.603 mm dengan jarak sumbu roda mencapai 2.650 mm. Sebagaimana fungsi MPV pada umumnya, Mobilio juga dirancang sebagai kendaraan multipurpose sebagai kendaraan yang asyik untuk perjalanan di dalam kota.

Mobil itu berkapasitas maksimal 8 orang dan memiliki ground clearance tinggi sehingga membuatnya cocok di ajak ke luar kota. Sedangkan untuk bermanuver di perkotaan, Honda Mobilio memiliki radius putar hingga 5,2 m sehingga ketika menghadapi belokan tajam mobil ini masih tetap stabil.

Desain interior Honda Mobilio terlihat sangat atraktif dan Honda Mobilio menampilkan pandangan yang luas dan ruang kabinnya mempunyai ruang kepala yang lebih tinggi dan ruang kaki yang lapang.

Pada bagian panel dashboard Honda Mobilio dibuat lebih atraktif dengan desain setir kemudi berkonsep tilt steering yang bisa memberikan kenyamanan tingkat tinggi bagi pengemudinya.

Untuk panel instrumen, dashboard Honda Mobilio mempunyai panel meter cluster yang eye catching dan futuristik yang sanggup memberikan informsi akurat. Dashboard Honda Mobilio juga memiliki panel sistem audio modern dan material jok kursi Honda Mobilio cukup berkualitas dengan material lembut.

Honda Mobilio mengusung mesin 1.5 L SOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW yang sanggup memuntahkan daya maksimum hingga 88 Kw pada putaran 6.600 rpm serta torsi maksimum 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.

Honda Mobilio juga sudah menggunakan suspensi berkualitas yaitu suspensi depan Mac Pherson Strurt dan H-Shape Torsion Beam untuk suspensi belakangnya. Honda Mobilio sudah menganut rem berteknologi ABS plus EBD (untuk tipe Tipe E dan RS). Terakhir, pada spesifikasi Honda Mobilio bagian kaki-kakinya, velg berdiameter 15 inci dengan balutan ban ukuran 185/65 R15 siap diandalkan untuk membuatnya melesat lincah di permukaan aspal.

Terakhir untuk fitur keselamatan, juga ada fitur Pedestrian Protector untuk Mobilio semua tipe. Beralih pada fitur kenyamanannya, Honda Mobilio karena sudah dilengkapi dengan penunjang kebutuhan hiburan dan multimedia, seperti misalnya sistem audio single DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input (tipe S), Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA + AUX Input + USB Port + Made for iPod dan iPhone yang tersedia untuk Honda Mobilio tipe E.

Selain itu, ada juga fitur-fitur seperti Power Door Mirror, Power Window, Power Outlet, Green Glass, Footres, Eco Indicaor, serta AC Double Blower yang kesemuanya tersedia di semua tipe Mobilio. Sedangkan spesifikasi Honda Mobilio pada bagian keamanannya, sudah tersedia fitur Wave Key, Keyless Entry (tipe E), Immobilizer, dan Security Alarm (tipe E).

Harga Honda Mobilio 2017 Terbaru

Nama Harga di Pasaran
Honda Mobilio E CVT Tidak ada harga
Honda Mobilio E CVT Prestige Tidak ada harga
Honda Mobilio E MT Tidak ada harga
Honda Mobilio RS CVT Tidak ada harga
Honda Mobilio RS MT Tidak ada harga
Honda Mobilio S MT Tidak ada harga

Honda BR-V

SUV Honda BR-V mengambil platform Honda Mobilio dan All New Honda Jazz hanya saja dengan ukuran ground clearance-nya lebih tinggi serta bodinya yang lebih bongsor. SUV Honda BR-V mengusung mesin i-VTEC 1.500 cc 4-silinder model segaris DOHC 16 katup yang menyemburkan tenaga 120 HP pada 6.600 rpm dan torsi maksimal mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Untuk variannya, spesifikasi Honda BR-V terdiri 3 tipe, yaitu S (M/T), E (M/T, CVT) serta Prestige (CVT). Untuk varian paling tinggi adalah Prestige (CVT), Honda sudah membenamkan fitur spesial, seperti fitur Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Nano E-ionizer serta Aero Kit.

Desain Honda BR-V tampil kalem dengan lekuk body stylish serta memancarkan aura elegan nan sempurna. Selain itu, lampu depan Honda BR-V mengusung model long shape dengan garis tegas ke samping dengan teknologi projector headlamp. Pada grill depan, Honda BR-V memiliki frame bertingkat dengan aksen krom mengkilat dan emblem merk Honda tepat di bagian tengah.

Desain Honda BR-V makin terlihat sporty dengan tambahan aksesoris fender hitam berbahan fiber pada sisi bawah yang melingkar dari depan mengikuti alur ke belakang bodi mobil. Honda memasang spion retractable mirror yang membuat spion bergerak secara otomatis.

Untuk interior, Honda BR-V memiliki dashboard yang berwarna hitam, fitur audio player Double DIN dengan layar sentuh 6.1 inci, desain speedometernya yang minimalis dan seatbelt Honda BR-V dengan fitur potensioner. Pada bagian kabin belakang, Anda bisa melipat jok penumpang dengan teknologi 50:50 folding row 3 sehingga membuat ruang bagasi lebih luas.

Untuk menambah kenyamanan, Honda BR-V mempunyai fitur AC Double Blower untuk menunjang kenyamanan penumpang.

Honda BR-V memiliki ukuran panjang 4.455 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.650 mm serta wheelbase 2.660 mm serta ground clearance yang lebih dari 200 mm. Untuk kenyamanan pada penumpangnya, Honda BR-V didukung oleh sistem suspensi MacPherson Strut untuk bagian depan, dan H-Shape Torsion Beam untuk bagian belakang.

Harga Honda BR-V 2017 Terbaru

Nama Harga di Pasaran
Honda BR-V E 6MT Tidak ada harga
Honda BR-V E CVT Tidak ada harga
Honda BR-V Prestige CVT Tidak ada harga
Honda BR-V S 6MT Tidak ada harga

Honda HR-V

SUV Honda HR-V atau Honda Vezel pertama kali hadir pada ajang Tokyo Motor Show 2013. Honda lebih senang menyebut HR-V adalah mobil jenis Crossover Utility Vehicle. Sejak hadir pada 2014 di Indonesia, SUV Honda HR-V sukses menjadi pemimpin pasar kelas menengah.

Honda HR-V mengusung konsep desain body "Dynamic Cross Solid" yang menampilkan desain mobil yang sporty, solid, kokoh dan berkarakter modern. Honda HR-V mengusung mesin 1.5 L SOHC I-VTEC+DBW dan 1.8L SOHC I-VTEC+DBW yang masing-masing menawarkan performa handal dan tetap irit bahan bakar.

Kedua mesin itu merupakan jenis mesin SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW yang mampu memuntahkan tenaga maksimal sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm. Mesin kedua yaitu mesin 1.8L SOHC i-VTEC menyemburkan tenaga maksimum sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi sebesar 169 Nm pada 4.300 rpm.

Honda HR-V juga memiliki segudang fitur berkualitas dan pastinya ekstra lengkap seperti fitur dual SRS Airbags, teknologi pengereman ABS+EBD, Electric Parking Brake dan Auto Brake Hold, Vehicle Stability Assist (VSA) serta Hill Start Assist (HAS) yang memberikan kestabilan dan kenyamanan pada saat menanjak.

Pada bagian dashboard, ada panel instrumen seperti MID LED display, Eco Asssit, Audio-Video System, Auto AC, tombol One Touch Turning Signal, Audio Steering Switch, dan juga One Push Ignition System. Honda HR-V 1.8L Prestige dan juga HR-V 1.8L CVT Special Edition JBL Audio sudah memiliki full leather berkualitas tinggi.

Harga Honda HR-V 2017 Terbaru

Nama Harga di Pasaran
Honda HR-V 1.8L Mugen CVT Tidak ada harga
Honda HR-V 1.5L E CVT Tidak ada harga
Honda HR-V 1.5L S CVT Tidak ada harga
Honda HR-V 1.5L S MT Tidak ada harga
Honda HR-V 1.8L Prestige CVT Tidak ada harga

Baca juga artikel:
Honda Jazz Akhir Tahun 2016, Berapa Harga Termurahnya?
Penjualan Honda Beat dan New Vario 125 eSP Paling Laris
Toyota Avanza, Mobil Terlaris Toyota Tahun Lalu

Artikel Lainnya

Komentar