Lagi "Bokek", MV Agusta Batal Bikin Motor Sport Baru Tahun 2017

Oleh Adam Rizal updated Rabu, 04 Jan 2017 | 12:10

Pabrikan motor sport MV Agusta mengalami krisis keuangan dan terancam bangkrut bahkan MV Agusta tidak punya uang untuk mengembangkan sepeda motor sport baru tahun depan.

Dana dan sumber daya untuk mengembangkan superbike memang cukup besar. Hal itu yang memaksa MV Agusta Holdings menjual sebagian saham kepada investro Anglo Russian- Black Ocean.

Suntikan dana segar perusahaan investasi internasional Black Ocean Group pun tidak bisa cukup mengoperasikan keuangan perusahaan seperti dikutip Auto.NDTV.

Mungkin, inilah langkah sederhana yang bisa dilakukan merek Italia itu setelah melepas 30-40 persen saham mereka ke grup investasi dari Rusia, Black Ocean.

Giovanni Castiglioni (CEO MV Agusta) mengatakan MV Agusta akan berkonsentrasi menjual model yang sudah ada dan fokus menjual naked bike Brutale 1090 dengan kapasitas mesin 1.200 dengan edisi khusus. Restrukturisasi itu berarti mengubah fokus perusahaan.

"Kami akan memproduksi model bervolume rendah, high-end, tapi pada kualitas dan performa yang sangat tinggi untuk pasar super premium," kata Castiglioni.

"Untuk menjual lebih sedikit tapi lebih baik, fokus pada kualtias top-end yang menyasar pasar super-premium dimana marjinnya juga lebih baik," tambah Castiglioni.

Castiglioni juga membeberkan MV Agusta juga akan menurunkan kapasitas produksi dari 8.400 unit menjadi hanya 5.000 unit saja pertahunnya. Untuk mengurangi biaya operasional, MV Agusta pun akan mengurangkan jumlah pekerjanya dari 300 menjadi 190 dan 40 orangnya merupakan bagian dari tim riset dan pengembangan.

Situasi pelik itu akan membuat penggemar MV Agusta sedih. Maklum, mereka tidak akan melihat MV Agusta menghadirkan model baru pada 2017.

Saat ini, MV Agusta mengurangi kapasitas produksi, dari 10.000 per tahun jadi cuma 5.000 unit. Ini dilakukan untuk menghemat jam kerja dari 300 ke 190. Pekerja yang berkutat di pusat pengembangan pun dikurangi, dari 70 orang kini hanya tinggal 40.

MV Agusta Indonesia

MV Agusta melalui agen pemegang merek (APM) PT Motor Arte Indonesia (MAI) menawarkan sederet produk andalannya untuk para pecinta motor khususnya penggemar motor MV Agusta di Indonesia.

Bagi konsumen Indonesia yang tertarik untuk membeli motor ini, PT MAI membuka harga mulai dari Rp 391 juta untuk model Brutale 675 ABS. Jika ingin satu level di atasnya bisa memilih MV Agusta Brutale 800 ABS. Moge itu dibanderol dengan harga Rp 470 juta. Lalu harga motor MV Agusta F4 RR ABS mencapai Rp850 juta dan menjadi model termahal yang dipasarkan di Indonesia.

Baca juga artikel:
Dahsyat! Suzuki Siapkan Motor Sport Bermesin Turbo
Motor Sport Honda Paling Laris, All New Honda CB150R StreetFire
Ninja H2 2017 Versi Carbon Dirilis, Indonesia Hanya Dapat 5 Unit Saja

Artikel Lainnya

Komentar