Gosip Terpanas Dunia Otomotif 2016

Oleh Adam Rizal updated Jumat, 23 Des 2016 | 10:44

Gosip tidak hanya terjadi di dunia entertainment tetapi gosip juga menerpa dunia otomotif di Indonesia. Banyak gosip dan berita-berita terpanas di dunia otomotif yang mengguncang masyarakat. Berikut Pricebook rangkuman gosip dan berita terpanas di dunia otomotif pada tahun ini seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Ford Keluar dari Indonesia

Tidak ada gosip terpanas selain berhenti operasinya sebuah pabrikan mobil. Tahun ini, persaingan otomotif yang keras dan kondisi perekonomian yang sulit memakan korban yaitu Ford Indonesia. Padahal, Ford Indonesia memiliki basis pelanggan yang besar di Indonesia dan mobil-mobilnya cukup diterima oleh masyarakat Indonesia. Ford pun menunjuk RMA Group untuk meneruskan layanan purnajual di Indonesia dan menggandeng diler-diler yang sudah ada.

2. Mazda Ganti Keagenan

Setelah Ford, Mazda Motor Indonesia (MMI) juga mengibarkan bendera putih dan menyerahkan tampuk bisnisnya kepada importir umum Eurokars. Eurokars akan menjalan bisnis penjualan dan purna jual di Indonesia. Sayangnya, keputusan itu membuat kepercayaan masyarakat untuk membeli mobil Mazda mulai pudar dan membuat penjualannya turun.

3. Mobil MPV Murah Tiongkok

SAIC-GM Wuling Automobile Company Limited (SGMW) Indonesia telah melakukan investasi jutaan dollar untuk membangun pabrik di Cikarang, Bekasi, dan siap memproduksi MPV murah Wulling yang dapat menampung 7 penumpang.

4. Motor Listrik Anak Bangsa

Garansindo meluncurkan motor listrik Gesits yang merupakan karya anak bangsa. Untuk membuatnya, Garansindo menggandeng Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) untuk membangun Gesits.

5. Honda "Tempel" Toyota

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Honda (mobil) sukses menempel Toyota dan bertengger di posisi dua, mengingat duet maut Toyota dan Daihatsu menguasai pasar otomotif Indonesia selama dua dekade terakhir.

Hingga 11 bulan pertama 2016, Honda sudah berada di posisi dua dengan penjualan (wholesales) 185.438 unit atau melampaui target setahun. Sedangkan, Daihatsu sudah mengemas penjualan (wholesales) 173.221 unit.

Toyota sudah pasti menjadi merek terlaris di Indonesia dengan penjualannya sudah mencapai 349.707 unit hingga November 2016. Honda bisa finis kedua di bawah Toyota untuk kali pertama sejak dua dekade ke belakang. Honda naik daun ketika mulai memperkenalkan MPV Honda Mobilio, SUV HR-V dan SUV BR-V.

Baca juga artikel:
Daftar Harga SUV Honda Akhir Tahun Ini
Motor Sport Honda Paling Laris, All New Honda CB150R StreetFire
Yamaha Matic Mio Paling Laku, NMAX Jadi Idola Baru di Kalangan Rider

Artikel Lainnya

Komentar