Olympus PEN E-PL8, Kamera Mirrorless Terbaik Untuk Foto Selfie

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 21 Des 2016 | 08:29

Lama tidak terdengar, kini Olympus kembali merilis penambahan terbaru kamera mirrorless seri Olypmus PEN E-PL8. Kamera mirrorless ini dirancang untuk menemukan kembali definisi fotografi mobile berkualitas tinggi dengan fungsi foto selfie yang sangat baik.

Mengambil foto selfie secara on-the-go belum pernah semudah ini dengan kamera PEN baru yang kompak dan ringan, menampilkan kemampuan memotret dan konektivitas yang ditingkatkan.

Desain

Via dpreview (Kiri E-PL7 kanan E-PL8)

Olympus PEN E-PL8 menawarkan desain premium yang diwarisi dari seri PEN. Seri Olympus PEN sendiri sangat menonjolkan desain premium dengan body yang kompak dan ringan, dan pengoperasian yang sangat baik. Kamera mirrorless PEN E-PL8 juga membawa semua fitur di Olympus PEN series sebagai bagian dari gaya hidup.

Kamera mirrorless ini dirancang ergonomis dengan bentuk bulat yang menonjol, garis-garis modern yang cocok di tangan. Dengan logo timbul Olympus PEN, alumite finish pada bagian atas tubuh, dan logam dial yang ditempatkan secara strategis.

Bagian depan body memakai kulit sintetis dengan pilihan bermotif bermotif untuk setiap opsi warna. Kamera mirrorless Olympus ini tersedia dalam tiga warna pilihan, yaitu putih, hitam, dan coklat. Warna putih menyajikan nuansa stylish dengan kontras dengan warna krem. Lalu hitam memberikan tampilan kamera tradisional dengan perak dan kombinasi hitam. Sedangkan warna coklat menghadirkan nuansa santai dan vintage.

Foto Selfie

Memotret foto selfie kini bisa dinikmati baik sebagai foto dan video dengan operasi full-touch seperti menggunakan hape. Berbagai fungsi pemotretan memberikan foto selfie berkualitas tinggi dengan gaya yang unik dan ekspresif. Didukung panel monitor lebar high definition yang bisa berputar 180 derajat ke bawah memungkinkan pengoperasian sentuh lebih mudah tanpa khawatir jari pengguna akan terlihat saat memotret. Grip pada bagian depan kamera membuat aktivitas foto selfie lebih nyaman.

Kamera mirrorless anyar Olympus ini juga dilengkapi dengan Mode selfie, dimana ketika monitor dibuka ke bawah, Mode selfie diaktifkan dan gambar yang ditampilkan pada monitor secara otomatis berubah menjadi tampilan cermin. Terdapat tombol e-Portrait, shutter release, Custom self-timer, penyesuaian brightness penyesuaian, Klip dan tombol perekaman film.

Tidak hanya itu, sebuah modus selfie baru untuk film juga sudah ditambahkan pada kamera mirrorless PEN E-PL8 ini. Sehingga akan membuat rekaman selfie Film halus dan tombol efek film layar serta tombol perekaman film, tombol penyesuaian kecerahan, dan tombol Klip. Tombol pelepas rana telah dirancang untuk menangkap foto satu detik setelah disentuh. Lalu ftur e-Portrait membuat kulit terlihat lebih halus dalam foto selfie. Ketika sebuah lensa zoom elektronik terpasang ke kamera, secara otomatis beralih zoom untuk pengaturan wide-angle untuk memotret foto selfie cepat di sudut lebar optimal.

Movie Clips

Fitur ini menggabungkan beberapa film pendek, menambahkan musik latar dan efek untuk membuat satu film. Dengan ini, pengguna dapat dengan mudah mengubah adegan sehari-hari menjadi film pendek mengesankan. Pengguna juga dapat mengunduh dan menambahkan musik latar belakang yang sesuai dengan selera. Empat Movie Effects berbeda bisa diaplikasikan ke dalam film. Sebagai contoh, efek Old Film membuat hasil video terlihat seperti film antic, dan efek Art Face memberikan transisi yang smooth dari satu efek ke efek yang lain.

Art Filter

Kamera mirrorless Olympus PEN E-PL8 juga mnyediakan beragam Art Filter yang dapat digunakan dengan foto selfie untuk menambahkan ekspresi. Pengguna dapat memeriksa efek Live View sembari memilih filter untuk hasil yang sempurna. Pilihan Art Filter juga dapat diterapkan untuk setiap frame di Photo Story, sebuah fitur yang memungkinkan untuk menggabungkan beberapa gambar ke dalam satu gambar, untuk ekspresi yang lebih variatif. Termasuk mengubah rasio aspek untuk foto selfie yang terlihat persis seperti yang diinginkan. Art Filters juga tersedia pada video, cara yang sama dengan yang ada di foto. Adegan sehari-hari dan momen berharga dapat ditangkap dengan selesai artistik dalam film sebagai memori abadi.        

Aplikasi Sharing

Kamera mirrorless PEN E-PL8 juga memungkinkan instant sharing dengan integrasi dan control hape melalui aplikasi Olympus Image Share (OI.Share) via wifi. Proses setup sangat mudah dengan sistem berbasis QR kode yang kompatibel dengan semua perangkat iOS dan Android. Aplikasi OI.Share di hape ini memungkinkan untuk akses layar sentuh LiveView kontrol dari kamera mirrorless PEN E-PL8, sehingga hape pengguna menjadi perpanjangan dari kamera, atau sebaliknya. Pengguna bisa melakukan kontrol sempurna dari PEN hingga 10 meter untuk pemotretan jarak jauh. Bahkan dapat mengontrol pengaturan zoom lensa M.Zuiko 14-42mm dari hape, atau melihat gambar pada layar hape saat mengambil eksposur panjang.

Performa

Olympus PEN E-PL8 Kit 14-42mm
Harga termurah

Rp 6,849,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30 fps
Lens Mount Micro Four Thirds

Untuk performanya, kamera mirrorless bagi pecinta foto selfie ini sudah menggunakan sensor 16,05 megapiksel Live MOS yang akan mempertahankan detail saat memotret malam dan ruangan gelap. Dynamic range yang lebar dan ekspresi halus gradasi indah menangkap adegan kontras tinggi dengan baik.

PEN E-PL8 ditenagai prosesor gambar TruePic VII seperti yang digunakan di model flagship Olympus OM-D E-M1. Sehingga menghasilkan kualitas terbaik dari kinerja optik yang sangat baik dan kualitas lensa M.Zuiko Digital untuk resolusi tinggi dan reproduksi warna yang hidup. VCM in-body Image Stabilization yang kuat memungkinkan untuk menangkap kualitas gambar yang tajam dengan meminimalisir getaran pada kamera saat memotret malam dan dalam ruangan gelap. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati latar belakang yang indah efek di potret defocusing.

Kamera mirrorless untuk pecinta foto selfie ini sudah dijual di pasar dengan Indonesia. Olympus PEN E-PL8 dengan lensa 14-42mm EZ  dibandrol seharga Rp 9.599.000, dengan bonus free SDHC 8Gb Class 10. 

Baca juga artikel
11 Fitur Unggulan Kamera Mirroless Olympus OM-D E-M1 Mark II
Ini Dia Rangkaian Aksesoris Kamera Olympus OM-D E-M1 Mark II
Olympus OM-D E-M1 Mark II, Kamera Mirrorless Premium Kualitas Melebihi DSLR

Artikel Lainnya

Komentar