Mengenal Teknologi Kamera Asus ZenFone 3 ZE552KL yang Buat Foto Jadi Bagus

Oleh Nur Abdillah updated Kamis, 15 Des 2016 | 13:41

Saat ini, fitur kamera pada ponsel bukan lagi sebagai fasilitas pelengkap, tapi  sudah menjadi fitur krusial. Itu sebabnya, banyak produsen ponsel berlomba-lomba menghadirkan ponsel dengan fitur kamera berkualitas tinggi pada perangkat mobile mereka. 

Tidak terkecuali dengan ASUS yang telah diakui memiliki kekuatan kamera di lini ASUS Zenfone, mulai dari ASUS Zenfone 2, ASUS Zenfone 2 Laser, ASUS Zenfone Selfie dan kini berlanjut pada ASUS Zenfone 3.  

Tidak sampai disitu, ASUS juga terus memperkuat kemampuan teknologi kamera pada lini ASUS  ZenFone. Peningkatan kemampuan kamera ini dapat dilihat pada ASUS ZenFone 3 ZE552KL yang saat ini sudah masuk pasar Indonesia dengan harga Rp 5.099.000.

Berikut beberapa teknologi yang membuat kamera di ASUS Zenfone 3 ZE552KL menawarkan hasil foto berkualitas tinggi.

Sensor Sony

Sebagai fitur utama, kamera di ASUS Zenfone 3 (model ZE520KL dan ZE552KL) sudah menyematkan sensor Sony IMX 298. Sensor Sony ini dapat meningkatkan kemampuan kamera dalam memgambil foto dan video. Selain Sony IMX 298, ASUS juga menyematkan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) pada smartphone terbarunya tersebut.

OIS merupakan mekanisme dari sisi hardware, yang digunakan untuk menstabilkan gambar yang direkam dengan memvariasikan jalur optik ke sensor. Pada prakteknya, meskipun tanggan bergetar atau bergerak, jika fitur OIS aktif, maka objek yang akan difoto akan tetap fokus di satu titik yang sudah ditentukan sebelumnya.

Adapun EIS sendiri merupakan teknik pengoptimalan gambar menggunakan proses elektronik. EIS berfungsi untuk meminimalisir blur akibat getaran ataupun goyangan perangkat. Misalnya saat kamera bergerak maju, mundur, mendongak ke atas atau menunduk ke bawah, bergeser ke kiri atau kanan, atau sedikit berubah posisi secara vertikal dan horizontal. Fitur ini sangat bermanfaat saat pengguna sedang mengambil video.

Dari sisi perekaman video, kamera pada smartphone ini sudah mampu melakukan pengambilan video dengan resolusi 4K. Tak hanya dengan resolusi Full HD. Selain itu, kamera ASUS ZenFone 3 ZE552KL yang sudah beresolusi 16 megapiksel memiliki bukan atau aperture sebesar f/2.0. Dilengkapi dengan 6 element Largan lens, kombinasi keduanya akan menjadikan kamera pada smartphone ini puna kemampuan yang superior, termasuk saat mengambil foto dalam kondisi pencahayaan kurang (low light).

TriTech auto-focus

Laser auto-focus adalah teknologi laser yang digunakan oleh smartphone untuk mendapatkan bidikan yang cepat terhadap suatu objek. Fitur laser auto-focus ini akan sangat membantu pengguna saat mengabadikan momen berharga yang hanya berlangsung dalam sekejap, sehingga tidak kehilangan momen menarik. Laser auto-focus ini memiliki kecepatan 0.03 detik sehingga tidak akan melewatkan momen sesingkat apapun. Kelebihan lainnya adalah, pada versi ini, jarak obyek yang bisa didapat dengan cepat mencapai 3x lebih jauh.

Tak hanya laser auto-focus, untuk para fotografer, ASUS juga memanjakan mereka dengan fitur phase detection auto-focus dan continuous auto-focus. Ketiga teknologi auto-focus tersebut membentuk teknologi yang disebut sebagai TriTech Auto-focus sehingga membuat ZenFone 3 disebut-sebut sebagai smartphone yang designed for photography.

Pada Phase Detection Auto-focus, kamera menggunakan sensor untuk mendeteksi kontras dari cahaya yang masuk ke lensa. Mendeteksi kontras dilakukan dengan cara membelokkan cahaya dari lensa menggunakan cermin menuju dua buah sensor autofokus (bukan sensor foto).

Adapun Continuous Autofocus menggunakan laser auto-focus untuk tetap secara realtime melakukan focus terhadap objek yang ada di depan. Continuous auto-focus ini akan akan membantu pengguna untuk mengambil gambar obyek yang sedang bergerak.

Sensor pada ZenFone 3 akan mendeteksi perbedaan fase cahaya yang masuk, saat mereka belum berimpit maka lensa akan terus digerakkan. Saat fase cahaya sudah berimpit (yang artinya gambar sudah fokus), maka sensor fokus akan memerintahkan kamera untuk menghentikan gerakan lensa dan mengunci fokus.

PixelMaster 3.0 untuk Mobile Photography

PixelMaster 3.0 adalah aplikasi kamera buatan ASUS khusus untuk perangkat mereka. Aplikasi PixelMaster ini sangat bermanfaat untuk pengguna yang memiliki hobi fotografi. Tanpa harus membeli DSLR yang harganya cukup mahal, pengguna bisa menikmati mode-mode pemotretan yang mirip seperti yang ada pada kamera profesional.

Bagi yang senang dengan setting khusus, pada ASUS PixelMaster Camera 3.0 tersedia fitur manual mode untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai keinginan pengguna. Pada Manual mode, ada opsi untuk mengatur white balance, EV, ISO, Speed Shutter.  

Itulah fitur-fitur serta kemampuan kamera pada ASUS ZenFone 3 yang bisa dikatakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Jadi, tidak salah kalau ASUS ZenFone 3 ZE552KL hadir sebagai ponsel fotografi.

Daftar smartphone ASUS dengan teknologi ASUS PixelMaster 3

Baca juga artikel:
Hari ini Pre Order Asus ZenFone Go ZB690KG dengan Cicilan 0%
Rumor Asus Zenfone 3 Zoom Akan Dibekali Dual Kamera Mirip iPhone 7 Plus
8 Smartphone Selfie dengan Kamera Depan Terbaik di 2016

Artikel Lainnya

Komentar