5 Kamera Digital Terbaik untuk Travel Versi Majalah Nat Geo Travel

Oleh Aris Wibowo updated Senin, 05 Des 2016 | 10:51

Untuk kamu yang gemar berpetualang tentu sering mengabadikan momen menggunakan kamera. Ada yang gemar memotret menggunakan kamera saku, ada pula yang memotret dengan kamera DSLR.

Namun, ternyata ada beberapa pilihan kamera digital terbaik untuk travel yang bisa dijadikan andalan untuk mengabadikan perjalanan kamu. Seorang professional dari National Geographic, Tom O’Brien memberikan ulasan kamera terbaik untuk traveling sehingga menghasilkan foto-foto mengagumkan.

Pemilihan kamera pun berdasarkan desain yang ringkas namun powerful. Tidak hanya itu, pemilihan juga didasarkan pada kemampuan menangkap cahaya. Penasaran apa saja kamera digital terbaik untuk travel? Berikut daftarnya:

1. FujiFilm X-T2

Fujifilm memiliki kamera mirrorless professional yang cocok untuk dibawa traveling. Pasalnya kamera ini mudah dioperasikan dengan hasil yang maksimal. Kamera ini juga dilengkapi viewfinder terbaru yang mampu menentukan objek lebih akurat. Kamera ini menggunakan sensor 24,3 MP yang dapat menangkap objek dengan lebih detail, serta kualitas gambar yang jernih dan tajam. Selain untuk memotret momen pertualangan kamu, kamera digital terbaik Fujifilm ini mampu merekam video dengan kualitas full HD 60 fps.

Untuk fitur autofocus, kamera mirrorless ini dilengkapi dengan teknologi Hybrid AF yang sangat responsife dan akurat. Kamera ini juga bisa membidik banyak bahkan sebanyak 8 kali berturut – turut dengan kecepatan 3 foto per detik. Kamera ini juga mendukung berbagai mode yang cocok untuk memotret objek diam maupun objek bergerak. Kamera ini juga mendukung flash untuk menghasilkan foto terang dalam kondisi minim cahaya. Fujifilm X-T2 ini juga sudah dibekali slot microSD hingga Wifi.

Fujifilm X-T2 Body
Harga termurah

Rp 20,500,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 12800
Frame Rate 14, 8, 5 fps
Lens Mount Fujifilm X Mount

2. Olympus OM-D E-M1 Mark II

Kamera DSLR ini menjadi salah satu kamera digital terbaik yang cocok untuk traveling. Kamera ini mengusung bodi yang cukup besar namun ringkas. Kekuatan kamera digital terbaik ini terletak pada kecepatan fokusnya, bahkan kamera ini mampu menangkap 15 frame per detik dengan mechanical shutter.

Olympus juga menghadirkan peningkatan dinamik dan performa noise sehingga kamera kian maksimal mengabadikan momen. Olympus OM-D E-M1 Mark II menggunakan sensor 20,4 MP Live MOS yang dapat menangkap objek dengan lebih detail, serta kualitas gambar yang jernih dan tajam. Selain untuk memotret momen pertualangan kamu, kamera digital terbaik Fujifilm ini mampu merekam video dengan kualitas full HD 60 fps hingga video 4k.

Olympus OM-D E-M1 Mark II Body
Harga termurah

Rp 27,889,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 6400
Frame Rate 60, 30, 24, 25, 50 fps
Lens Mount Micro Four Thirds Mount

3. Sony A7R II

Kamera digital Sony A7R II ini menggunakan sensor 42,4 MP Exmor R Back Illuminated. Dengan sensor tersebut, kamera bisa menangkap gambar lebih jelas dan detail dalam kondisi cahaya apapun. Meski termasuk kamera mirrorless, namun hasilnya bisa bersaing dengan kamera DSLR. Kamera ini menggunakan desain bodi yang ergonomis berbalut bodi magnesium alloy dengan bagian lapisan kulit sehingga kamera digital ini tampak elegan.

Kamera digital terbaik ini bisa menghasilkan rekaman video 4K dengan 30 fps. Sony pun menambahkan fitur Phase detect dan autofocus berkelas sehingga memotret objek bergerak pun tidak menjadi masalah bagi kamera digital Sony ini. Dibagian belakang, Sony menempatkan layar LCD 3 inci yang dibekali layar sentuh. Kamera ini juga dibekali electronic viewfinder yang membuat membidik objek kian mudah.

Sony A7R II
Harga termurah

Rp 29,999,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 25 fps
Lens Mount Sony E-Mount

4. Panasonic Lumix DMC GX8

Kamera digital terbaik untuk travel milik Panasonic ini hadir dengan teknologi yang baru dan fitur yang lengkap. Kamera ini menggunakan sensor MFT (Micro Four Third) yang mampu mengambil gam bar dengan resolusi 20,3 MP alhasil gambar yang dihasilkan bisa jelas dan jernih. Desain yang dihadirkan cukup besar namun masih nyaman untuk digunakan dalam traveling. Apalagi, Panasonc telah menghadirkan fitur proteksi anti debu dan guncangan yang lebih baik. DIbagian belakang, terdapat monitor LCD dengan panel OLED yang lebih tajam dan hemat baterai sehingga mampu membidik objek dengan baik.

Penggunaan resolusi tinggi dikombinasikan dengan teknologi prosesor venus engine membuat pengambilan gambar yang lebih detail dalam berbagai mode. Panasonic Lumix DMC GX8 ini bisa merekam video 4K dengan cukup baik. Terakhir, kamera ini dilengkapi pula ISO 51200 sehingga mampu memotret di kondisi cahaya apapun.

Panasonic Lumix DMC-GX8 Body
Harga termurah

Rp 11,690,000

Kriteria Spesifikasi
Tipe Sensor MOS
Maximum Shutter Speed 1 / 8000 s
Max. Light Sensitivity ISO 25600
Frame Rate 30, 24, 60 fps
Lens Mount Micro Four Thirds

 

5. Fujifilm X100T

Fujifilm lagi-lagi memasukkan jajaran kameranya sebagai kamera digital terbaik untuk travel. Kamera ini dibekali sensor 16 MP CMOS yang mampu menghasilkan foto cukup jelas dan jelas. Kamera ini dibekali pula prosesor EXR II sehingga hasil foto semakin mengesankan. Kamera ini dibekali pula optical zoom dengan autofocus untuk hasil foto yang semakin jernih dan tajam. Dibagian belakang kamera terpasang layar LCD TFT 3 inci yang cukup jernih untuk melihat hasil bidikan.

Kamera digital Travel ini juga dilengkapi fitur fotografi yang tertanam cukup lengkap sehingga ketika dibawa bepergian kamera ini cukup lengkap. Kamera ini hanya mampu merekam video HD  yang kualitas gambarnya semakin halus dan jernih. Kamera ini dilengkapi pula teknologi wifi.

Fujifilm Finepix X100T
Harga termurah

Rp 12,400,000

Kriteria Spesifikasi
Resolusi Kamera 16.3 MP
Tipe Sensor CMOS
Maximum Shutter Speed 1 / 4000 s
Maximum Light Sensitivity ISO 1600
Resolusi Video 1920 x 1080 Pixel
Optical Zoom x 5
Digital Zoom x 4

Baca juga artikel:
11 Fitur Unggulan Kamera Mirroless Olympus OM-D E-M1 Mark II
10 Kamera DSLR Entry-Level Terbaik 2016
16 Kamera dengan Fitur NFC dan WiFi di Pasar Indonesia Harga Rp2-14 Jutaan

Artikel Lainnya

Komentar